7 Wisata Masjid yang Eksotik di Turki

Turki merupakan sebuah negara yang berada di dua benua antara benua eropa dan asia. negara ini memiliki  dua kebudayaan besar pada masa lampau yaitu Romawi dan Turki Ustmani. Sehingga peninggalan kedua kebudayaan masih kental terasa di negara ini, arsitektur bangunan memiliki ciri yang khas yaitu adanya perpaduan arsitektur romawi dan Timur Tengah. Jika anda datang ke negara ini anda bisa melihat istana sultan yang memiliki bangunan khas eropa seperti istana Dolmabahçe Palace, masjid Hagia Sophia  yang kini menjadi museum,  serta rumah-rumah masyarakat Turki. Arsitek terkanal dan sangat berperan dalam peradaban turki ialah Mimar sinan.  Yang menginspirasi Sedefkâr Mehmed Ağa untuk membuat Blue Mosque yang kini menjadi maskot Peradaban Negara Turki.
Masjid-masjid di Turki memang terkenal akan keindahan bangunannya serta kerumitan bentuk arsitektur. Masjid di turki kini menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk melihat bagaimana peradaban konstantinopel yang telah direbut oleh Muhammad Al-fatih. Beberapa masjid merupakan bekas gereja romawi. Berikut ini beberapa masjid yang bersejarah dan indah yang harus anda kunjungi:

Blue Mosque


Blue Mosque merupakan masjid yang sangat terkenal di Turki bahkan di dunia. Masjid ini terletak di tepian laut marmara, jika anda berada didalam masjid anda akan melihat pemandangan yang ciamik ke arah pantai marmara apalagi di saat hari mulai senja. Sangking bagusnya ini masjid Blue Mosque menjadi maskot atau Landmark atau ciri khas dari kota Istanbul, Blue Mosque saat ini merupakan masjid terbesar di Turki yang di bangun pada era sultan Ahmet. Sang sultan ingin membangun masjid terbesar di turki dengan mewujudkan Blue Mosque. Dari beberapa sumber menyatakan bahwa Blue Mosque di bangun atas dasar ke inginan sultan untuk menandingi bangunan megah dari Hagia Sophia yang merupakan maskot dari konstantinopel, walaupun pada saat zaman Sultan Ahmed sendiri Hagia Sophia sudah menjadi masjid atau peribadatan umat muslim. Dasar lain dari pembangunan masjid ini ialah di dasari atas tekanan batin dan rasa bersalah Sultan Ahmet karena gagal menaklukan suatu wilayah yang berakhir dengan perjanjian damai.

Masjid ini apabila di pandang sangat indah terutama arsitektur bangunanya, kita bisa lihat kubah yang bertumpuk dengan rapat dan enam jumlah menara yang menjulang ke langit saling melengkapi bangunan.

Pembangunan Blue Mosque di bangun oleh seorang arsitek yang bernama Sedefkar Mehmed Aga. Sedefkar merupakan murid dari Mimar Sinan yang banyak mempengaruhi kebudayaan arsitektur turki bahkan bisa dibilang sebagai bapak arsitektur turki, oleh karena itu gaya bangunan masjid Blue Mosque merupakan inspirasi Sedefkar dari gurunya.  Jika anda melihatnya dari dalam maka akan terkesan dengan kerumitan dan gaya futuristik bangunan. Mulai dari kubah mimbar dan ruangan-ruangan sudut masjid. Jika anda penasaran tentang bangunan masjid ini silahkan datang ke Turki secara langsung.

Hagia Sophia


Hagia Sophia adalah bangunan yang didirikan pada era imperium romawi Byzantium yang kini menjadi museum di Turki. Sejarah menyatakan bahwa Hagia Sophia merupakan mascot dari konstantinopel yang di gunakan sebagai tempat peribadatan kaum nasrani. Setelah terjadi pertempuran sengit antara tentara konstantinopel dengan Pasukan di bawah komando Muhammad Al-fatih dan peperangan tersebut di menangkan oleh Al-Fatih maka bangunan yang menjadi kebanggaan konstantinopel di alihkan sebagai masjid. Gambar-gambar yang menempel di dinding seperti Bunda Maria di buang dan dig anti dengan kaligrafi-kaligrafi Arab, begitu juga dengan hiasan-hiasan khas gereja semua di singkirkan agar terlihat seperti peribadatan umat muslim.
Saat Hagia Sophia masih dimiliki oleh konstantinopel bangunan tersebut tidak memiliki menara tetapi sejak di takhlukan menara di bangun untuk memberikan ciri khas seperti masjid. Setelah masa ke khilafahan tumbang dan menjadi Negara Republik dengan Pemimpin pertama adalah Mustafa Kemal Pasha Ataturk masjid ini di alingfungsikan sebagai museum dan hampir beberapa hiasan masjid di hilangkan dan muncul kembali ciri khas gereja jaman imperium romawi seperti Gambar Bunda Maria dan bersanding dengan kaligrafi-kaligrafi arab pada jaman kesultanan Ottoman. Hagia Sophia menjadi bangunan yang sudah di alihfungsikan sebanyak 3 kali dari Gereja, masjid kemudian museum dan hingga sekarang.

Sokullu Mehmet Paşa Mosque

Masjid ini tidak terlalu terkenal dari masjid lainya akan tetapi anda bisa berkunjung di tempat ini untuk sholat atau istirahat. Akan tetapi masjid ini sangat ramai bahkan berdesakan pada hari jum’at jam 12 waktu setempat. Masjid ini berdekatan dengan Blue Mosque oleh karena itu tidak ada salahnya jika anda mampir ke masjid ini untuk mencermati bangunan masjid yang bersejarah ini. Masjid ini hasil karya dari Arsitektur terkenal di turki pada waktu itu yakni Mimar Sinan.

Bayezid II Mosque

Bayezin II Mosque merupakan bangunan masjid yang di bangun pada masa Sultan Bayezid II sehingga nama yang di gunakan menggunakan nama sultan tersebut. Masjid ini terletak sangat strategis, terletak di antara Beyazit Square, universitas Istambul dan Grand Bazaar. Silahkan anda berkunjung ke masjid ini untuk melihat ornament sejarah para sultan yang berkuasa pada masa lampau. Tentunya bangunan Bayezid II menarik untuk di kunjunngi walaupun masjid ini kacil.

Süleymaniye Mosque

Süleymaniye Mosque merupakan masjid yang terbesar kedua dari Blue Mosgue yang masih digunakan sebagai peribadatan. Masjid ini merupakan hasil dari karya Mimar Sinan yang dibanguna pada masa Sultan Sulaiman kemudia setelah sultan meninggal dunia jazadnya dimakamkan di area Sulayman Mosque. Masjid ini tidak jauh dari universitas Istambul. jika anda berkunjung ke turki maka Pemandangan Süleymaniye Mosque sangat cantik megah dan indah jika dilihat dari Selat tanduk mas / Golden Horn.  Arsitektur yang ada didalamnya pun mempesona dengan ciri arsitektur seorang Mimar Sinan.

Yeni Valide Camii

Masjid Yeni Valide Camii merupakan masjid yang berada di dekat tepi pantai Golden Born dan Jembatan Galata  Bridg. Masjid ini di bangun oleh Davut Agha, dalam pembangunannya Davud Agha menggunakan material bebatuan yang diperoleh dari pulau Rhodes.  Pembangunan masjid ini di gagas oleh istri sultan Murad III yang kemudia sempat berhenti oleh beberapa kendala. Setelah berhenti beberapa waktu lalu pembangunan masjid tersebut di teruskan oleh Dalgıç Ahmed Agha dan diselesaikan oleh Mustafa Agha. banyak wisatawan yang datang ke masjid ini karena letaknya yang dekat dengan jembatan Galata.

Ortaköy Mosque


Masjid yang sangat mempesona ini terletak di tepi sungai Borphorus yang tenang, anda bisa menikmati senja sambil minum segelas teh hangat bersama teman-teman anda, Suasana alam yang ramah menambah kenikmatan ketika minum teh. Masjid ini di bangun pada masa sultan Abdul Majid. tempat ini dekat dengan Bosphorus Bridge yang menghubungkan Istanbul bagian Eropa dengan Istanbul bagian Asia yang menjadi penambah pemandangan suasana kota Turki.