Uniknya Pantai Goa Cemara Bantul, Yogyakarta


Saat hari libur tiba, memilih lokasi dan objek wisata menjadi hal penting yang harus dipikirkan. Salah satu objek wisata umumnya menjadi tujuan favorit ialah pantai. Bantul, Yogyakarta, merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan banyak wisata pantai nan cantik. Salah satu yang terkenal ialah Pantai Goa Cemara. 

Panorama Pantai Goa Cemara, Bantul, Yogyakarta. Sumber: pasirpantai.com

Lokasi
Pantai Goa Cemara secara administratif berada di wilayah Desa Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Pantai Goa Cemara juga terletak di antara dua pantai lainnya yaitu Pantai Kwaru dan Pantai Pandansari.

Sejarah
Pantai Goa Cemara menjadi sangat unik dibanding pantai lainnya. Sesuai namanya, di Pantai Goa Cemara terdapat banyak tanaman cemara udang yang sangat rimbun. Berdasarkan sejarahnya, dulu saat jalur ke pantai ini mulai dibuka beberapa perambah membabat pepohonan cemara dengan meninggalkan jejak lubang yang besar di tengah rerimbunan pohon cemara. Karena lubang tersebut mirip gua, maka pantai ini disebut Pantai Gua Cemara.
Memiliki luas area sekitar 20 ha yang ditumbuhi tanaman cemara udang, Pantai Goa Cemara mulai dibuka sejak tahun 2010 lalu. Dulunya, tanaman cemara udang sengaja ditanam oleh masyarakat sekitar pada tahun 2003 guna melindungi perkebunan warga dari serangan ganasnya ombak, mengingat perkebunan warga berada tidak jauh dari bibir pantai.

Aktivitas
Sebagaimana umumnya pantai di wilayah Bantul Yogyakarta, pantai satu ini memiliki pemandangan berupa hamparan pasir hitam dengan deburan ombak yang menantang. Saat berkunjung ke Pantai Goa Cemara, Anda dapat menikmati udara sejuk di bawah rerimbunan pohon cemara. Selain itu, ombak di Pantai Goa Cemara juga sangat menantang khas laut pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Tidak perlu khawatir tersengat cahaya matahari langsung, Anda dapat duduk bersantai di bawah tanaman cemara udang yang akan membuat Anda enggan untuk pulang.

Dibantu Pemerintah Kabupaten Bantul, sekarang Pantai Goa Cemara dikelola masyarakat setempat yang bergabung dalam POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) Pantai Goa Cemara.
Tidak hanya menikmati panorama laut yang indah, atau sekedar merasakan sejuknya udara di bawah rindangnya tanaman cemara, pengunjung dapat melakukan aktivitas lain di Pantai Goa Cemara.

Pantai Goa Cemara memiliki enam arena outbond dan camping ground. Karena itu, banyak mahasiswa yang melakukan kegiatan kampus seperti malam keakraban di sini. Tidak hanya arena outbond dan area camping ground, Pantai Goa Cemara memiliki fasilitas lain seperti kamar mandi, pendopo untuk beristirahat dan sarana ibadah berupa mushola.

Jika lapar, Anda tidak perlu khawatir. Banyak pedaganag yang membuka warung-warung makan dan menjajakan dagangannya di sekitar area pantai. Selain itu, di kawasan wisata Pantai Goa Cemara juga terdapat pusat konservasi penyu hijau. Bahkan jika hari minggu, di Pantai Goa Cemara terdapat pasar yang menjajakan berbagai hasil bumi dari masyarakat setempat. Biasanya hasil bumi tersebut berupa umbi-umbian, ketela, sayuran dan sebagainya.

Akses
Untuk menuju Pantai Goa Cemara, Anda dapat mengambil start dari Kota Yogyakarta. Dari Yogyakarta Anda cukup menyusuri jalan di Bantul menuju ke arah selatan sampai Anda menemukan jalan Samas. Selanjutnya, Anda dapat meneruskan perjalanan ke arah selatan yang nantinya akan dipandu oleh penunjuk arah ke Pantai Goa Cemara.

Harga Tiket Masuk 2016
Untuk menikmati keindahan pantai yang unik ini, Anda hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3.000/orang. Dan jika Anda membawa kendaraan roda dua, maka Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000.
Tunggu apa lagi? Let’s explore Yogya!