5 Aktivitas di Pantai Sanur yang “Wajib” Anda Cicipi




Jika Kuta dikenal dengan keindahan matahari tenggelam, maka Sanur dikenal dengan keindahan matahari terbit. Di tempat ini, Anda dapat menyongsong datangnya pagi ditemani pemandangan langit yang sungguh memesona.

Berada di sebelah timur Kota Denpasar, Pantai Sanur sebenarnya lebih dulu dikenal wisatawan dibandingkan Pantai Kuta. Karakteristik yang dimiliki Pantai Sanur ialah ombaknya yang tenang dengan hamparan bebatuan. Sanur sendiri adalah kawasan resort kelas atas paling tua di Pulau Bali. Apa saja aktivitas seru yang dapat Anda lakukan di pantai ini? berikut uraiannya.

Menyongsong Datangnya Sang Mentari

Indahnya Sunrise di Pantai Sanur.

Pantai Sanur akan ramai pada pagi hari. Banyak pengunjung yang sengaja datang demi menyaksikan keindahan matahari terbit di pantai ini. Biasanya, matahari terbit dapat Anda saksikan setiap pagi pukul 06.20 WITA. Selain menyaksikan pemandagan ini, Anda juga dapat melihat kegiatan spiritual yang dilakukan masyarakat sekitar dan beberapa nelayan yang sedang melakukan aktivitasnya.
Lantas dimana spot paling pas untuk mengabadikan momen matahari terbit? Untuk mengambil foto yang keren, sebaiknya Anda pergi ke Bale Bengong pada bagian dua titik, Mertasari di bagian selatan atau Sanur Pusat di bagian utara. Momen matahari terbit di Pantai Sanur sangat cantik dilihat saat siluet Bale Bengong memasuki bingkainya.
Selanjutnya, jika tujuan Anda ke Sanur memang menyaksikan keindahan matahari terbit, maka jangan datang ketika musim hujan. Waktu terbaik datang ke tempat ini biasanya di antara bulan Juni hingga Agustus. 

Berenang, Bermain Pasir dan Berendam di Air

Berenang di Pantai Sanur.

Ombak Pantai Sanur yang cukup bersahabat dengan kontur pantainya yang relatif dangkal membuat pengunjung diperbolehkan berenang di pantai ini. Bahkan saat pasang, ketinggian air Pantai Sanur hanya mencapai dada orang dewasa. Jika Anda tidak bisa berenang, Anda dapat menikmati sensasi berendam di air laut yang dangkal. Hal ini akan sangat menyenangkan karena pasir di Pantai Sanur cenderung bersih dan tidak memiliki karang atau bebatuan tajam. 

Jika malas basah terkena air, Anda dapat menikmati serunya bermain pasir putih yang lembut di tepi pantai. Membuat istana pasir atau mengubur diri di pasir pantai akan sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Mendayung Perahu Kano

Serunya bermain kano di Pantai Sanur.

Hanya dengan Rp 20.000, Anda sudah dapat menyewa kano dan mendayung sepuasnya dengan aman. Karena ombaknya yang kecil, tentu saja aktivitas ini aman untuk Anda lakukan. Sambil mendayung kano, Anda dapat menikmati keindahan dasar laut lewat airnya yang jernih. 

Bersepeda di Pinggir Pantai

Bersepeda di tepi Pantai Sanur.

Pantai Sanur memiliki trotoar yang membentang di sepanjang pantai dari arah utara ke selatan. Meskipun jalur ini bukan jalan khusus untuk pengendara sepeda, Anda tetap dapat menggunakannya sebagai lintasan yang nyaman. Serunya dari aktivitas ini ialah sambil berepeda santai Anda ditemani penorama pantai yang indah. Dari kejauahn pemandangan perahu nelayan dapat Anda lihat. Biasanya momen paling tepat untuk bersepeda ialah pagi atau sore hari, karena matahari tidak akan terlalu terik pada waktu tersebut. Untuk mendapatkan sepeda caranya cukup mudah. Anda tinggal menyewa ke warga sekitar dengan tarif antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000/jam. 

Wisata Kuliner

Sedapnya sup ikan dan ikan goreng Warung Mak Beng, Sanur.

Di Pantai Sanur, ada dua tempat yang sangat tersohor dengan hidangannya. Dua tempat tersebut ialah Warung Made Weti dan Warung Mak Beng.
Warung Made Wati menyajikan menu tunggal berupa nasi campur ayam khas Bali. Menu ini terdiri dari nasi, suwiran ayam, aneka sayuran dan tentunya sambal matah juga tidak ketinggalan. Warung yang terletak di Jl. Pantai Segara ini mulai buka sejak pukul 07.00 hingga 11.00 WITA.
Sedangkan di Warung Mak Beng, Anda dapat menyantap dua menu andalan yakni ikan goreng dan sup ikan. Kelezatan makanannya membuat Warung Mak Beng selalu dipadati pengunjung. Bahkan, artis dan pejabat juga banyak yang menyantap makanan di tempat ini. Beralamat di Sanur Pusat, warung ini mulai buka sejak pukul 09.00 hingga 17.00 WITA.
Selain dua tempat yang menyajikan menu spesial di atas, Anda juga dapat mencicipi olahan khas Sanur berupa lumpia yang banyak dijumpai di sepanjang jalan. Cukup membayar Rp 5.000, Anda sudah dapat menikmati satu porsi lumpia dan tempa goreng. Tentunya di tambah pemandangan pantai yang indah, menu ini akan semakin lezat untuk disantap.