5 Pantai di Tulungagung yang Membuat Anda Rindu Ingin Kembali




Kabupaten Tulungagung yang terletak di Jawa Timur, merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak wisata pantai nan indah. Tidak heran kabupaten ini menjadi tujuan banyak wisatawan untuk melakukan liburan di pantai. Tidak hanya pantai-pantai berpasir putih, Kabupaten Tulungagung juga memiliki pantai dengan panorama pasir hitam nan eksotis.  Apa saja pantai di Tulungagung yang menjadi primadona di kalangan wisatawan? Berikut ulasannya.
  
Kolam alami di Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung. via: yukpiknik.com
Pantai Molang

Secara administratif, Pantai Molang berada dalam wilayah Kecamatan Pucanglabang, Kabupaten Tulungagung. Lokasi Pantai Molang juga menjadi perbatasan antara Tulungagung dan Blitar. Pantai Molang menyajikan pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putih dan ombak air lautnya yang cukup besar. Keberadaan muara sungai di Pantai Molang juga turut mempercatik panorama di pantai ini. akibat muara sungai tersebut, Pantai Molang pun terpisah menjadi dua bagian. Untuk menyeberanginya, terdapat bebatuan karang yang secara alami berfungsi sebagai jembatan. Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat menuju ke Ngunut terlebih dahulu. Dari Ngunut Anda dapat meneruskan perjalanan ke Pasar Puser dan Kecamatan Pucanglabang. Dari sini, ada penunjuk jalan yang akan mengarahkan Anda ke pantai Molang. Apabila masih bingung, sebaiknya Anda bertanya langsung ke warga sekitar.

Pantai Coro

Nama Pantai ini mungkin sedikit aneh. Coro yang dalam Bahasa Indonesia berarti kecoa, tidak akan Anda temui ketika berlibur ke tempat ini. Nyatanya, pemandangan di Pantai Coro sangat kontras dengan kesan nama yang disandangnya. Hamparan pasir putih yang terbentang di sepanjang garis pantai, dipadu dengan birunya air laut membuat Pantai Coro menjadi favorit banyak wisatawan. Apalagi keberadaan tebing-tebing tinggi yang menjadi pemisah pantai, seolah menyempurnakan keindahan yang dimiliki Pantai Coro. Secara administratif, Pantai Coro terletak di Kecamatan Besuki, Tulungagung. Dibandingkan Pantai Molang, lokasi Pantai Coro lebih dekat dengan pusat Kota Tulungagung. Untuk menuju kemari, Anda dapat menempuh perjalanan menuju Pantai Popoh terlebih dahulu. Kemudai perjalanan dapat Anda lanjutkan ke Reco Sewu. Jika membawa kendaraan, maka Anda harus parkir di Reco Sewu, sedangkan perjalanan menuju Pantai Coro akan ditempuh dengan berjalan kaki. Harga tiket masuk ke Pantai Coro ialah Rp 5.000/orang.

Pantai Lumbung

Objek wisata selanjutnya yang tidak kalah menarik ialah Pantai Lumbung. Secara administratif Pantai Lumbung berada dalam wilayah Desa Pucanglabang, Kecamatan Pucanglabang, Tulungagung. Iya, letak pantai ini memang tidak jauh dari objek wisata lainnya yakni Pantai Molang. Pantai Lumbung menawarkan panorama yang sangat cantik berupa hamparan pasir putih di sepanjang garis pantai dipadu dengan birunya air laut. Ombak di pantai Lumbung tergolong cukup besar, maka Anda harus berhati-hati jika ingin bermain air. Keberadaan sebuah batu karang yang tinggi menjulang tidak jauh dari bibir pantai, menjadi keunikan khas pantai ini. Batu karang tersebut seolah berdiri gagah tanpa gentar meski diterjang ganasnya ombak lautan. Untuk menuju Pantai Lumbung, Anda cukup mengikuti rute ke arah Pantai Molang. Jika sudah sampai di kawasan pabrik dan tambak udang, Anda dapat bertanya ke warga jalan menuju Pantai Lumbung. Karena baru saja dibuka, Pantai Lumbung masih tergolong asri dan sepi dari pengunjung. Cocok sekali bagi Anda yang ingin menepi dari hiruk-pikuk daerah perkotaan. Tidak ada biaya tiket masuk ke Pantai Limbung, Anda hanya akan diminta membayar parkir kendaraan saja.  

Pantai Kedung Tumpang

Salah satu pantai yang sedang naik daun di Tulungagung ialah Pantai Kedung Tumpang. Pantai ini menjadi bahan perbincangan seru di media sosial seperti instagram. Apa gerangan yang membuatnya tenar? Pantai Kedung Tupang pada dasarnya kurang tepat jika disebut pantai. Di tempat ini Anda tidak akan melihat hamparan pasir pantai yang luas. Secara umum bebatuan karang adalah panorama yang akan Anda temui. Kunikan Pantai Kedung Tumpang adalah keberadaan gugusan batu karang dengan beberapa kolam yang terjadi secara alami. Hempasan ombak dahsyat yang terus menghantam karang, kelamaan membuatnya berlubang.  Dari lubang tersebut, terbentuklah kolam atau laguna alami. Secara administratif, Pantai Kedung Tumpang berada di wilayah Desa Pucanglabang, Kecamatan Pucanglabang Kabupaten Tulungagung. Untuk memasuki area pantai, Anda tidak dipungut biaya apapun.

Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang adalah destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik di Tulungagung. Untuk menuju pantai ini, Anda harus berjuang terlebih dahulu. Setidaknya 30-40 menit waktu perjalanan yang Anda butuhkan untuk menaiki bukit dan menyusuri rimbunnya hutan yang masih alami. Namun, segala rasa lelah akan terbayar ketika Anda sampai di tempat ini. Pantai Pathok Gebang memiliki panorama yang unik. Perpaduan antara bebatuan karang besar di bibir pantai menjadi ikon khas pantai ini. Ketika diterjang ombak laut selatan yang dahsyat, perpaduan antara batu karang dan ombak akan menghasilkan muncratan air yang cukup tinggi. Fenomena tersebut tentu sangat menarik untuk dinikmati. Tidak hanya itu, hamparan pasir putih bersih dipadu air laut yang sangat jernih menyajikan pemandangan bak surga tersembunyi. Untuk memasuki area pantai, Anda tidak dipungut biaya apapun.