Pesona 10 Tempat Wisata di Makassar Wajib Anda Kunjungi



Makassar adalah sebuah provinsi terbesar di Pulau Sulawesi dan juga menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia. Maka dari itu, Makassar menjadi salah satu provinsi yang paling padat di Sulawesi. Disisi lain, Sulawesi juga menawarkan berbagai tempat wisata menarik untuk di Kunjungi. berikut ini ulasan 10 tempat wisata yang ada di Makassar; 

Pantai Losari

Pantai Losari
Pantai Losari merupakan tempat wisata daerah Makassar yang wajib untuk anda datangi. Pantai ini berbeda dari pantai lain, jika kebanyakan pantai memiliki pasir yang putih pantai ini malah tidak memiliki pasir sama sekali. Meskipun di pantai ini anda tidak bisa bermain pasir, tapi masih banyak permainan lain yang bisa anda lakukan diantaranya seperti memancing, niak sepeda atau banana boat, berlayar menikmati pantai dengan perahu. Jika anda kelaparan anda bisa menikmati kuliner yang dijajakan di sekitar pantai. Di pinggiran pantai anda akan menemukan beton-beton yang ditumpuk. Pantai ini banyak dikunjungi di pagi hari dan sore hari. Pemandangan matahari tenggelam di pantai ini sangat indah untuk dinikmati.

Benteng Rotterdam
Benteng Roterdam, Makassar
Benteng Roterdam juga dikenal dengan nama Fort Rotterdam, merupakan tempat wisata daerah Makassar peninggalan sejarah dari Kerajaan Gowa-Tallo. Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh raja Kerajaan Gowa-Tallo yang ke sembilan. Di dalam kompleks benteng ada tiga belas bangunan serta lima menara yang berdiri dengan kokoh dan tegak. Di kawasan benteng ini juga terdapat sebuah museum yang menyimpan berbagai barang-barang peninggalan kerajaan. Musem tersebut diberi nama Museum La Galigo, di dalam museum terdapat sebuah ruangan yang diyakini sebagai tempat pengasingan pangeran di Ponegoro. Tempat wisata daerah Makassar ini dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan hasil rampasan dari Indonesia Timur yang berupa rempah-rempah.

Trans Studio Makassar
Trans Studio Makassar
Trans Studio Makassar merupakan salah satu tempat wisata daerah Makassar yang bergaya modern. Tempat wisata ini dibuka di Makassar pada tahun 2009 dengan luas area 2,7 hektar. Terdapat setidaknya 21 wahana permainan dan 4 zona di Trans Studio Makassar diantaranya yaitu  Studio Central, Cartoon City, Lost City, dan Magic Corner. Untuk menikmati wahana-wahana tersebut anda harus merogoh kocek yang cukup dalam yaitu 100.000 rupiah pada hari aktif, 175.000 di akhir pekan dan 200.000 jika di area tempat wisata terdapat sebuah acara tertentu. Namun anda tidak akan pernah rugi untuk mengunjungi Trans Studio Makassar karena wahana yang tersedia sangat lengkap.

Taman Nasional Bantimurung
Taman Nasional Bantimurng
Taman Nasional Bantimurng merupakan tempat wisata daerah Makassar yang terletak di Kabupaten Maros, anda harus menempuh perjalanan sekitar 45 KM dari pusat kota Makassar. Tempat wisata ini sangat luas terdiri dari bukit, air terjun, dan gua dengan total luasnya 43.750 hektar. Taman Nasional Bantimurung terkenal akan kupu-kupunya, di sini setidaknya terdapat 250 jenis kupu-kupu yang hidup. Kupu-kupu memang sudah menjadi maskot dari taman ini contohnya di depan pintu masuk terdapat patung kupu-kupu. Selain kupu-kupu yang masih hidup, di taman ini juga terdapat kupu-kupu yang diawetkan dan dipamerkan. Tidak hanya melihat kupu-kupu di taman ini anda juga bisa bermain flying fox, berenag, bermain air di air terjun, atau menjelajahi gua di kawasan taman. 

Taman Laut Taka Bonerate
Taman Laut Taka Bonerate
Taman Laut Taka Bonerate merupakan tempat wisata daerah Makassar yang terletak di kota Benteng, Kepulauan Selayar. Tempat ini cocok untuk anda yang hobi menyelam, karena pemandangan bawah laut di sini sungguh indah. Waktu yang tepat untuk menyelam di taman ini adalah diantara bulan April sampai Mei. Di bulan-bulan tersebut arus dan suhu air serta faktor-faktor pendukung lain dalam keadaan yang baik, sehingga pemandangan laut yang terlihat akan sangat jelas.Untuk menyelam di tempat ini anda harus terlebih dulu meminta izin dari Balai Taman Nasional dengan menunjukkan kartu identitas. Dengan membayar 25.000 untuk warga negara Indonesia dan 60.000 untuk wisatawan mancanegara sudah bisa menikmati wisata ini.

Malino, Makassar
Malino
Malino merupakan tempat wisata daerah Makassar yang menyajikan pemandangan alam dari ketinggian. Terletak sekitar 90 KM dari pusat kota Makassar anda akan disuguhi pemandangan lam yang tak kalah indah selama perjalanan menuju lokasi. Jangan lupa membawa penghangat badan jika anda datang ke tempat ini, karena suhu udara di sini sangat dingin yaitu diantara 10 – 26 derajat celcius. Tak hanya pemandangan alam, di tempat ini juga terdapat air terjun yang bisa anda singgahi, diantaranya adalah air terjun seribu tangga dan air terjun takapala. Tempat wisata daerah Makassar ini juga menyediakan oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang diantaranya dodol ketan, buah markisa dan buah apel.

Tanjung Bira
Tanjung Bira
Tanjung Bira merupakan tempat wisata daerah Makassar yang berada jauh dari pusat kota Makassar, untuk sampai ke Tanjung Bira anda harus menempuh perjalanan sekitar 200 KM. Meski perjalanan untuk sampai ke tanjung ini jauh, anda tidak akan menyesal jika sampai di tempat ini karena di sini anda bisa melihat pasir yang lembut dan putih serta air yang jernih kebiruan. Tempat wisata daerah Makassar ini tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal tapi juga dikenal oleh wisatawan mancanegara. Pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap diantaranya adalah penginapan, restoran, dan kamar mandi. Anda bisa menikmati keindahan Tanjung Bina hanya dengan membayar 5.000 rupiah per orang.

Danau Tempe
Danau Tempe
Danau Tempe merupakan tempat wisata daerah Makassar yang terletak di bagian barat Kabupaten Wajo. Danau ini merupakan danau penghasil ikan air tawar terbesar di dunia. Di danau ini terdapat rumah apung milik nelayan, disekitar rumah juga dipasang jala untuk menangkap ikan. Di tempat wisata daerah Makassar ini anda bisa memancing atau menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Jika anda sudah bosa anda juga bisa berjalan-jalan untuk membeli ikan atau sayuran segar. Di danau ini terdapat ritual yang dilakukan warga setempat untuk menyucikan danau, ritual tersebut dikenal dengan nama Maccera Tappareng. Maccera Tapareng dilakukan setiap 23 Agustus dengan menyembelih seekor sapi dan kemudian dilanjutkan dengan pentas seni dan budaya serta berbagai lomba. 

Pemandian Air Panas Lejja
Pemandian Air Panas Lejja
Pemandian Air Panas Lejja merupakan tempat wisata daerah Makassar yang terletak di Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Pemandangan yang disajikan di tempat ini cukup indah ditambah dengan udaranya yang sejuk. Pemandian ini memiliki lima kolam dengan kedalaman dan suhu yang bervariasi. Kolam yang memiliki suhu terpanas yaitu kolam dengan suhu 60 derajat celcius, kolam ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit dan rematik karena kandungan belerang yang ada di dalamnya. Yang istimewa lagi dari tempat wisata daerah Makassar ini adalah mitos tentang menggantungkan botol dan plastik. Jika anda menggantungkan botol atau plastik di kawasan pemandian ini maka hal yang  anda inginkan akan segera terkabul.

Jalan Somba Opu
Jalan Somba Opu
Jalan Somba Opu merupakan tempat wisata daerah Makassar yang menyediakan berbagai oleh-oleh khas Makassar. Jalan ini berada tidak jauh dari Benteng Rotterdam dan Pantai Losari. Berbagai jenis oleh-oleh khas Makassar bida anda dapatkan di sini diantaranya adalah hasil kerajinan, makanan hingga minyak gosok cap tawon khas Makassar. Minyak Gosok merupakan oleh-oleh yang paling banyak dicari oleh pengunjung. Untuk anda yang juga ingin membeli minyak gosok, minyak gosok yang bertutup putih memiliki efek panas yang lebih terasa daripada minyak gosok yang bertutup merah. Tentu saja minyak gosok yang bertutup putih memiliki harga yang lebih tinggi dari minyak gosok yang bertutup merah. Selain minyak gosok oleh-oleh favorit lain adalah miniature kapal phinisi dalam botol dengan harga kisaran 75.000 – 100.000 rupiah.