Pantai Suwuk Kebumen, Arena Seru Wisata Keluarga




Saat berkunjung ke Kabupaten Kebumen, jangan lupa untuk mengnjungi objek wisatanya. Kebumen terkenal dengan wisata pantai, salah satunya yaitu Pantai Suwuk. 

Keunikan Pantai Suwuk

Tidak berbeda jauh dengan wisata pantai di Kebumen lainnya. Pantai Suwuk menawarkan panorama laut dengan ombak besar khas laut selatan. Secara umum, Pantai Suwuk memiliki panorama jajaran perbukitan kapur nan hijau yang memanjang dari arah utara hingga ke selatan. Perbukitan kapur di Pantai Suwuk sendiri, berbatasan langsung dengan wilayah Pantai Karangbolong. Bibir Pantai Suwuk yang tergolong curam dengan kemiringan 35 derajat membuat Anda harus cukup berhati-hati saat bermain di area pantai. Oleh sebab itu, demi keamanan pengunjung dilarang berenang di area pantai.

Eks Boeing 737 di arena bermain, Pantai Suwuk Kebumen. via: http://acityawara.com

Yang membedakan Pantai Suwuk dengan objek wisata lain ialah keberadaan wahana bermain di Pantai ini. Pantai Suwuk memiliki wahana menunggang kuda dimana terdapat kuda sekaligus joki yang siap menemani Anda menyisir garis pantai. Di Pantai Suwuk pula, Anda dapat mengajak sang buah hati untuk berwisata sekaligus edukasi. Di tempat ini terdapat wahana bermain berupa pesawat yang dibuat dari bekas badan pesawat Garuda Boeing 737 produksi tahun 2000. Bukan hanya pesawat, helikopter heli C100 yang diproduksi tahun 1987 juga dapat Anda saksikan disini. Kedua ikon wisata tersebut dapat menjadi latar belakang yang bagus untuk mengabadikan momen berlibur Anda di tempat ini.

Wahana Eks Boeing 737 dan helikopter

Keberadaan bekas pesawat dan helikopter di Pantai Suwuk tidak lepas dari upaya Dinas Pariwisata setempat untuk menarik minat pengunjung. Kedua kendaraan udara tersebut hingga kini memang membuat eksistensi Pantai Suwuk tetap terjaga. Tidak cukup sampai disitu, guna meningkatkan jumlah wisatawan, Dinas Pariwisata setempat berniat mendatangkan kembali kereta apai dan kapal.

Wisata Kuliner

Selain menyuguhkan arena wisata yang menghibur, sambil mengusir rasa lapar Anda dapat berwisata kuliner di sekitar Pantai Suwuk. Ada banyak tempat makan yang menjajakan aneka makanan khas Kebumen. Antara lain pecel, lontong, sate ayam, es degan ijo, kacang goreng, legen, lanting, selai pisang, rempeyek ubu-ubur, rempeyek gesek dan masih banyak lagi.
Selain itu, bagi Anda yang hobi mengoleksi batu akik, di sekitar Pantai Suwuk Anda juga dapat menjumpai beberapa kios yang menyedian beragam aksesoris salah satunya yakni batu akik Kebumen. Hiasan yeng terbuat dari biji Jenitri Kebumen juga ada di sini.

Fasilitas

Sebagai objek wisata yang telah dikelola dengan cukup matang, Pantai Suwuk memang sangat tepat untuk melakukan wisata keluarga. Beragam fasilitas lengkap juga sudah dapat Anda temui di tempat ini. Antara lain masjid, toilet, pusat souvenir, tempat makan dan beragam wahana bermain yang siap memanjakan pengunjung.

Akses

Secara administratif, Pantai Suwuk berada dalam wilayah Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Anda dapat memilih banyak jalan alternatif guna menuju tempat ini. Pertama, Pantai Suwuk berjarak sekitar 22 km di sebelah selatan Gombong. Dari Gombong, Anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit menuju Pantai Suwuk. Kedua, dari Kota Karanganyar, Anda memerlukan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 35 km. Ketiga, dari pusat Kota Kebumen sendiri, Pantai Suwuk dapat diakses selama kurang lebih satu setengah jam. Bagi Anda yang secara kebetulan menlintasi Jalan Daendels dari arah Yogyakarta, Anda dapat langsung lurus menuju lokasi Pantai Suwuk.

Harga Tiket Masuk 2016
Untuk memasuki area Pantai Suwuk, Anda dikenakan biaya masuk sebesar Rp 4.500/orang. Cukup terjangkau bukan?

Tunggu apa lagi? Let’s explore Kebumen!