Harga Tiket Masuk 7 Pantai Populer di Gunungkidul Yogyakarta

Yogyakarta memang jadi tujuan wisata favorit bagi banyak kalangan. Bukan hanya wisata budaya dan sejarah seperti Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta atau Malioboro, ternyata Yogya juga menyimpan keidahan alam pesisir yang luar biasa. Keindahan tersebut bisa Anda jumpai di salah satu wiayahnya yakni Kabupaten Gunungkidul.




Panorama Pantai Indrayanti, Gunungkidul.

Kini, banyak pantai di wilayah Gunungkidul yang sudah dikelola dengan baik. Tidak heran, Gunungkidul kini menjadi salah satu tujuan wisata pantai yang terkenal. Bahkan, salah satu Pantai di Gunungkidul pernah menjadi lokasi syutin reality show Korea. Penasaran seperti apa? Simak terus uraian berikut.



Kereta gantung di Pantai Timang, Gunungkidul.

Pantai Siung

Pantai yang berjarak sekitar 70 km dari pusat Kota Yogya ini, menawarkan pemandangan yang sangat indah. Tebing-tebing yang menjulang tinggi di pantai ini telah menjadi arena panjat tebing yang terkenal. Bukan hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara pun banyak yang berkunjung ke pantai ini. Di Pantai Siung, ada lebih dari 250 jalur panjat tebing yag telah dibuka. Secara administratif, Pantai Siung berada dalam wilayah Desa Purwodado, Tepus, Gunungkidul. Harga tiket masuk 2016 yang berlaku untuk Pantai Siung adalah Rp 5.000/orang.

Pantai Indrayanti

Belum banyak yang tahu, bahwa nama asli pantai cantik ini adalah Pantai Pulang Syawal. Indrayanti sendiri adalah nama seorang pemilik cafe di sekitar pantai. Entah bagaimana ceritanya, masyarakat sudah kadung mengenal pantai ini dengan nama Indrayanti. Pantai Indrayani memiliki hamparan pasir putih bersih dan air laut yang jernih kebiruan. Bebatuan karang besar mengelilingi pantai satu ini. Sebagai pantai yang sudah modern, di sini Anda dengan mudah dapat menemukan fasilitas seperti penginapan, cafe dan berbagai restoran. Jika ingin bersantai menikmati panorama laut lepas, Anda dapat duduk di gazebo-gazebo yang sudah disediakan. Harga tiket masuk Pantai Indrayanti 2016 ialah Rp 10.000/orang.

Pantai Sundak

Nama pantai ini merupakan singakatan dari kata Asu (anjing) dan landak. Pemilihan nama tersebut tidak lepas dari sejarah penemuan mata air di sekitar pantai. Suatu hari ketika seekor anjing berkelahi dengan seekor landak laut, ia berhasil memakan sebagain tubuh landak. Sang pemilik anjing pun terheran melihat piaraannya basah kuyup setelah keluar dari dalam gua dengan seekor landak masih ada dalam mulutnya. Karena penasaran, bersama beberapa warga, pemilik anjing memeriksa ke dalam gua tempat sang anjing berkelahi dengan landak. Tanpa disengaja ia menemukan adanya sumber mata air yang hingga kini menjadi tumpuan hidup masyarakat untuk memasok kebutuhan air sehari-hari. Harga tiket masuk Pantai Sundah 2016 adalah Rp 9.500/orang.
Pantai Krakal

Pantai yang berada di kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul ini, adalah surga pecinta olahraga selancar. Dengan hamparan pasir putih yang bersih, Pantai Krakal memiliki ombak yang cukup ramah dan sangat sesuai untuk tempat bagi Anda yang ingin melakukan surfing. Selain itu, banyak bebatuan karang yang terhampar di bagian bibir pantai. Bebatuan karang tersebut juga menjadi habitat bagi ikan-ikan kecil nan cantik. Pantai Krakal sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Beberapa hotel dan restoran dapat Anda temukan di tempat ini. Harga tiket masuk Pantai Krakal 2016 ialah Rp 4.000/orang.

Pantai Baron

Merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Gunungkidul. Pantai Baron terletak di Desa Kemandang, Tanjungsari, Gunungkidul. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Krakal. Keunikan Pantai Baron ialah keberadaan sungai air tawar bawah tanah dimana air sungai tersebut mengalir langsung ke arah laut. Seperti halnya pantai-pantai lain, Pantai Baron juga memiliki hampaan pasir putih dengan air laut jernih yang berwarna kebiruan. Anda dapat berbelanja ikan segar di Pantai ini karena terdapat sebuah tempat pelelangan ikan. Tidak hanya itu, Pantai Baron juga memiiki wahana bermain untuk anak-anak dan fasilitas lain seperti perahu mesin. Harga tiket masuk Pantai Baron 2016 ialah Rp 10.000/orang.

Pantai Drini

Keberadaan pulau kecil di dekat pantai telah memisahkan Pantai Drini menjadi dua bagian. Fenomena tersebut membuat Pantai Drini seolah memiliki kepribadian ganda. Di satu bagian, Pantai Drini memiliki kesan yang lembut dengan suasan yang tenang. Namun pada sisi yang lain, pantai Drini terkesan keras dengan suasana yang lebih riuh. Bila bagian timur pantai adalah tempat untuk bersantai, maka bagian barat pantai adalah tempat berlangsungnya kegiatan nelayan-nelayan sekitar dalam memburu beragam hasil laut. Harga tiket masuk ke Pantai Drini 2016 ialah Rp 4.000/orang.

Pantai Timang
Pantai yang terletak di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul ini, pernah menjadi lokasi syuting salah satu reality show Korea. Pantai Timang merupakan pantai dengan kondisi alam yang masih sangat asri. Air lautnya yang sangat biru dengan ganasnya ombak khas pantai selatan secara harmonis berpadu dengan tebing-tebing karang yang gagah menjulang. Keunikan di pantai ini adalah Anda dapat mencoba wahana kereta gantung yang menghubungkan dari satu tebing di pinggir pantai dengan tebing lainnya di tengah laut. Dengan kereta gantung tradisional yang tidak dilengkapi perlengkapan kemanan, Anda akan diajak bergelantungan di atas ganasnya ombak. Terbayang bukan bagaimana sensasinya? Tidak ada harga tiket masuk yang berlaku di pantai ini. Namun jika ingin menaiki wahana kereta gantung, Anda harus membayar sejumlah uang kepada pemiliknya.

Apakah Anda tertarik berkunjung ke Gunungkidul? Tunggu apa lagi? Let’s explore Yogya!

*Diambil dari berbagai sumber.