Pantai Bajulmati Malang, Serunya Berwisata ke Pantai yang Masih Sepi



Kabupaten Malang memiliki banyak objek wisata Pantai yang memukau dengan keindahannya. Salah satu yang terkenal ialah Pantai Bajulmati. Seperti apa pengalaman berwisata ke pantai ini? simak uraian berikut.

Panorama Pantai Bajulmati, Malang. Via: indoturs.com

Lokasi

Secara administratif, Pantai Bajul Mati masuk dalam wilayah Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Sejarah

Menurut cerita yang diyakini masyarakat sekitar, Pantai Bajul Mati ditemukan pada tahun 1890-an. Konon saat ditemukan, tidak jauh dari area pantai ada seekor buaya yang mati. Itu lah kenapa pantai ini dinamankan Bajulmati (bahasa Jawa, Bajul=buaya). Sedangkan menurut cerita versi lain, dinamakan Bajul mati karena sebuah batu karang panjang yang bentuknya mirip dengan seekor buaya. Dan saat malam tiba ketika disapu ombak batu karang ini terlihat seolah seperti buaya hidup.

Panorama Pantai Bajulmati

Sebelum memasuki wilayah pantai, ada sebuah jembatan dengan panjang 90 m yang berbentuk setengah lingakaran. Pjembatan ini merupakan salah satu spot favorit para wisatawan untuk mengabadikan momen saat berkunjug ke Pantai Bajulmati. Jembatan ini memili desain yang sangat artistik dengan ukuran cukup besar yang melintang di atas sungai yang lebar. Aalagi di tambah pemandangan perbukitan karang dan lautan yang luas membuat peadangan darai atas jembatan ini terlihat sangat menawan. Jembatan Bajulmati sendiri terletak di ruas jalan Lintas Selatan Pulau Jawa.

Dari jembatan, hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke pantai. hamparan pasir putih yang luas dengan bebatuan karang yang tersebar di sekitar pantai akan menyambut hangat ke datangan Anda ke pantai ini. selain itu, Pantai Bajulmati memiliki teluk-teluk yang indah. Karena pantainya cukup curam dan dalam, kaka Anda dilarang berenang di pantai ini. jangan sedih, Anda masih tetap bisa berain air di muara sungai yang terdapat di beberapa bagin dekat bibir pantai.

Tidak seramain pantai lainnya di Malang, Pantai Bajulmati biasanya dipadati pengunjung saat liburan tiba. Itulah mengapa pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati liburan dengan suasana yang tenang dan santai, tentunya di luar hari libur ya. Sama seperti tradisi di beberapa masyarakat Indonesia yang berad di pesisir pantai. penduduk sekitar Pantai Bajul Mati juga erap mnengadakan upacara Larung Laut.

Tidak hanya menawarkan  keindahan pantai, objake wisata Pantai Bajul Mati juga memiliki goa bernama Goa Wil. Goa ini terletak di bagian timur Pantai Bajulmati. Anda hanya perlu berjalan kaki untuk sampai ke Goa Wil dengan jarak sekitar 300 M dari pintu masuk Pantai Bajulmati. Goa Wil tepat berada di bawah sebuah bukit karang. Di sekeliling bukit, Anda dapat melihat hamparan ladang kelapa dan singkong yang ditaman oleh masyarakat sekita pantai. Penampakan Goa Wil tidak seperti goa pada umumnya. Ia hanya memiliki sebuah lubang menjorok ke dalam. Oleh sebab  itu, GoaWil sebenatnya lebih tepat jika disebut sebagai batu karang yang terabrasi pada bagian dasarnya. Berbagai mitos pun beredar tentang Goa Wil, masyarakat sekitar percaya bahwa lokasi Goa Wl merupakan tempat yang angker.

Akses

Dari pusat Kota Malang, Pantai Bajul Mati berjarak sekitar 58 Km. Untuk menuju pantai ini, dari Malang Anda dapat menuju ke arah Turen dan berbelok ke selatan menuju Sumbermanjing Wetan. Dari Sumbermanjing Wetan, luruslah menuju ke arah Pantai Sendang Biru. Anda akan bertemu pertigaan dengan plang penunjuk arah, pilihlah ke arah kanan menuju Pantai Bajulmati. Medan yang Anda hadapi cukup menantang karena jalanan berkelok-kelok di daerah pegunungan. Namun Anda tidak perlu khawatir karen akases jalan sudah diaspal dengan bagus.