Pantai Cermin, Serunya Berwisata Keluarga di Tepian Selat Malaka




Objek Wisata Pantai Cermin yang berada di Sumatera Utara merupakan perpaduan antara wisata alam berbentuk pantai dengan taman rekreasi buatan yang dikelola secara profesional. Bagi masyarakat Sumatera Utara, Pantai Cermin dikenal sebagai objek wisata yang cukup lengkap.

Panorama Pantai Cermin, Sumatera Utara. Via: balibackpacker.blogspot.com

Lokasi

Secara administratif, Pantai Cermin terletak di Kecamatan Cermin, Kabupaten Serdang Begadai, Provinsi Sumatera Utara.


Panorama Pantai Cermin

Wilayah sekitar Pantai Cermin, menjadi pemukiman bagi warga nelayan Suku Melayu. Mereka dikenal sebagai masyarakat yang lembut, ramah-tamah dan selalu hidup damai. Pada momen-momen liburan, Pantai Cermin senantiasa dibanjiri wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Karena fasilitas permainannya yang begitu lengkap, maka Pantai Cermin sangat cocok untuk menjadi tempat wisata keluarga. Anda dapat mengajak sang buah hati bermain di pasir putihnya yang indah di bibir pantai.

Kawasan wisata Pantai Cermin memang sudah dilekola dengan sangat baik. Kini terdapat lima objek wisata yang dikelola dengan sistem dan daya tarik berbeda satu sama lain. Water Theme Park merupakan wahana wisata yang terkenal di kawasan wisata Pantai Cermin. Menjadi andalan bagi Kabupaten Serdang Begadai, Water Theme Park ini merupakan satu-satunya objek wisata rekreasi buatan terbesar yang berada di luar Pulau Jawa.

Fasilitas

Water Theme Park memiliki berbagai olahraga air dan fasilitas rekreasi antara lain sebagai berikut.

Water Ports
Merupakan wahanana olahraga air yang memungkinkan bagi pengunjung untuk berpetualang menyususri anugerah alam dengan berbagai olahraga. Wahana Water Ports sangat cocok bagi Anda yang berjiwa muda. Di Pantai Cermin terdapat berbagai fasilitas seperti banana boat, fishing boat, jet sky dan spead boat.

Slide and Pools

Di wahana ini, Anda akan ditantang dengan berbagai petualangan yang mengasyikkan. Di wahana ini terdapat kolam renang, lazy pool (kolam berombak) dan seluncuran air.

Horse Riding

Tidak hanya berjalan menyusuri pantai, Anda dapat menyewa kuda untuk ditunggangi berkeliling pantai. Cobalah untuk menikmati panorama pantai dari atas kuda sambil ditemani lembutnya semilir angin. Pengalaman ini akan membantu merefresh pikiran Anda dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Mini Zoo

Jika datang bersama sang buah hati, Anda dapat mengajaknya ke kebun binatang kecil ini untuk belajar tentang berbagai satwa lokal yang eksotis seperti rusa, siamang, walabi, kanguru dan sebagainya.

Bird Park

Selain Mini Zoo, Bird Park juga menjadi tempat favorit untuk belajar lebih dalam tentang berbagai satwa khususnya burung. Di tempat ini, Anda dapat menyaksikan banyak unggas seperti Crown Pegeon, African Grey Parrot, Sulphur-crested Coctatoo, Golden Pheasant dan sebagainya.

Water Castle

Bagi anak-anak, wahana satu ini sangat menarik untuk dikunjungi. Merupakan wahana berupa istana air dimana terdapat banyak sarana permainan seperti luncuran-luncuran air di dalam kolam besar yang lokasinya tepat di tepi pantai. Dari wahana ini, hamparan laut lepas dapat Anda saksikan sambil bermain air.

Pet Shop

Kawasan wisata Pantai Cermin juga memiliki toko hewan yang dapat dikunjungi jika Anda berminat membeli binatang peliharaan yang menarik dan lucu. Beberapa jenis binatang peliharaan seperti hamster, kura-kura, iguana tersedia di tempat ini.
Restoran

Jika rasa lapar mendera Anda, maka datanglah ke Pantai Cermin Food Court, Yummy-Yummy Snack Bar, Andaman Seafood Village dan Papas Cafe. Di tempat-tempat ini Anda dapat menyantap beragam menu makanan mulai dari makanan ringan, makanan western hingga berbagai olahan seafood yang lezat.

Akses

Pantai Cermin terletak di pesisir timur Sumatera dimana berhadapan langsung dengan Selat Malaka. Dari pusat Kota Medan, Pantai Cermin berjarak sekitar 45 km. Untuk menuju Pantai Cermin, akses yang ada sudah sangat baik dengan kondisi jalan yang lebar dan beraspal mulus. Untuk meuju Pantai Cermin, Anda dapat menggunakan baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dari Kota Medan, waktu yang perlukan sekitar 45 menit perjalanan.

Harga Tiket Masuk 2016

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Cermin, Anda hanya dikenakan tiket masuk 2016 sebesar Rp 7.000/orang.

Tunggu apa lagi? Let’s explore Sumatera Utara!