Pantai Ngrenehan, Cantiknya Pesisir Selatan Gunungkidul Selatan




Jika berkunjung ke Yogyakarta, bisa jadi hanya Parangtritis yang terbesit dalam pikiran Anda ketika menyebut wisata pantai. Padahal, Yogyakarta memiliki daerah pesisir lain yang sangat indah. Tepatnya di Kabupaten Gunungkidul, surga-surga tersembunyi itu berada. Gunungkidul terkenal memiliki banyak pantai menawan dari  yang sudah dikelola hingga yang masih perawan. Salah satunya yakni Pantai Ngrenehan. Apa keistimewaan pantai ini? berikut ulasannya. 

Pantai Ngrenehan Gunungkidul. Via: http://www.hirukpikuk.co.id

Lokasi

Secara administratif Pantai Ngrenehan berada dalam wilayah Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Dibanding pantai lainnya di Gunungkidul, Pantai Ngrenehan tergolong yang sulit untuk ditempuh. Namun jangan khawatir karena semua rasa lelah akan terbayar ketika Anda sampai di pantai nan cantik ini.

Pesona Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan lebih terlihat sebagai pantai pribadi dibanding pantai umum. Ketika datang kemari, Anda masih dapat merasakan suasana tenang tanpa hiruk-pikuk pengunjung yang datang. Oleh sebab itu, Pantai Ngrenehan memiliki kondisi alam yang juga masih cukup asri.

Pasir putih lembut yang terhampar di sepanjang garis pantai dipadu dengan air laut yang berwarna biru secara alami menghasilkan harmoni keindahan alam yang sungguh luar biasa. Apalagi keberadaan dua tebing karang tinggi yang mengapit bagian sisi kanan dan kiri pantai, turut membingkai panorama Pantai Ngrenehan dalam sebuah maha karya ciptaan Tuhan.

Meskipun masih dalam jajaran Laut Selatan, ombak Pantai Ngrenehan tidak seganas pantai lainnya di Gunungkidul. Sehingga pantai ini cukup aman untuk berenang dan kegiatan menangkap ikan. Tidak jauh dari area pantai, ada sebuah tempat pelelangan ikan (TPI) yang menjadi pusat kegiatan nelayan sekitar. Jika ingin belanja, sangat disarankan Anda datang pagi-pagi. Karena apa? Ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan diperjualbelikan  pada pagi hari.  Selain belanja ikan, Anda juga dapat menikmati aneka sajian seafood yang disediakan warung makan di sekitar pantai. Uniknya, Anda dapat memilih sendiri ikan apa yang ingin disantap. Harganya pun cukup terjangkau karena ikan sebagai bahan baku dibeli langsung dari nelayan yang melaut. Biasanya menu yang menjadi favorit ialah ikan goreng yang disajikan dengan sambal.

Menurut wikipedia, di bagian utara Pantai Ngrenehan, Anda dapat menmukan bukit karang yang unik. Keunikan tersebut karena bukit karang ini memiliki wujud yang mirip dengan koral di dalam laut. Bahkan, Anda dapat menemukan cangkang-cangkan kerang yang berserakan di bukit ini.

Fasilitas

Fasilitas seperti Mushola, lahan parkir dan kamar mandi umum sudah dapat Anda temukan di Pantai Ngrenehan. Keberadaan warung-warung makan di sekitar pantai dapat Anda manfaatkan sebagai ajang wisata kuliner. Belanja ikan segar hasil tangkapan nelayan dengan harga yang murah juga dapat Anda lakukan dengan mengunjungi TPI. Sayangnya, fasilitas penginapan belum ada di Pantai Ngrenehan. Jika ingin bermalam, mungkin solusi yang tepat adalah dengan mendirikan tenda di sekitar pantai.  

Akses

Pantai Ngrenehan hanya dapat dicapai menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan umum belum tersedia untuk menuju tempat ini. Adapaun rute yang dapat Anda tempuh ialah mengambil start dari pusat kota Yogyakarta, Anda dapat memilih jalan ke arah Wonosari. Ikuti jalur tersebut sampai Anda bertemu dengan Pasar Trowono. Jika sudah sampai di pasar, Anda dapat memilih jalan ke arah selatan sampai Anda tiba di Kelurahan Kanigoro Saptosari. Dari sini, jika Anda menemukan jalur pertigaan Wonosari-Imogiri, maka pilihlah jalur ke arah kiri. Dari situ lokasi pantai sudah dapat Anda lihat.
 
Harga Tiket Masuk 2016

Untuk menikmati keindahan Pantai Ngrenehan, Anda cukup membayar biaya tiket sebesar Rp 5.000/orang. Adapun jika Anda membawa kendaraan, maka Anda juga akan dikenakan sejumlah biaya untuk parkir.