Pantai Teluk Penyu, Objek Wisata Andalan Kabupaten Cilacap




Pantai Teluk Penyu merupakan objek wisata andalan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Karena dikelilingi Pulau Nusakambangan di bagian selatan, maka pantai ini tidak berhadapan langusng dengan Samudera Hindia. Oleh sebab itu, meskipun berada di jajaran Laut Selatan ombak di Pantai Teluk Penyu tidak sebesar Pantai Selatan lainnya.

Lokasi

Dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Cilacap, Pantai Teluk Penyu berjarak hanya sekitar 2 Km saja. Untuk mencapai pantai ini, Anda dapat menggunakan baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Salah satu spot menarik di Pantai Teluk Penyu, Cilacap. Via: http://epariwisata.com


Sejarah

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, dulunya pantai ini menjadi tempat hidup dan berkembang biak bagi penyu-penyu. Lingkungan yang tidak terlalu panas, dan berbagai faktor pendukung lainnya membuat pantai ini sangat cocok untuk perkembangbiakan penyu-penyu. Selain itu, lokasi pantai ini juga jauh dari keberadaan predator yang akan mengancam kelangsungan hidup para penyu. Itu lah mengapa pantai ini dinamakan Pantai Teluk Penyu.

Panorama Pantai Teluk Penyu

Dengan total luas kurang lebih 14 Ha, Pantai Teluk Penyu menyuguhkan panorama laut yang cukup indah. Dari bibir pantai, Anda dapat melihat langsung Pulau Nusakambangan. Yakni pulau yang menjadi tempat keberadaan Lembaga Pemasyarakatan dengan tingkat keamanan tinggi di Indonesia. Selain itu, di bibir Pantai Teluk Penyu juga terdapat tangki-tangki penimbunan bahan bakar miliki PT Pertamina UP IV sehingga masyarakat setempat menyebut area bibir pantai dengan Areal 70. 


Karena letaknya yang dekat dengan pusat kota, membuat Pantai Teluk Penyu banyak dikunjungi penduduk Kota Cilacap. Sedangkan pada hari libur, pantai ini akan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dari berbagai daerah.

Keindahan Pantai Teluk Penyu yang membujur dari utara ke selatan menjadi kian sempurna dengan pemandangan perahu-perahu tradisional milik nelayan yang berlalu lalang, Pulau Nusakambangan dan ketegaran kilang minyak milik Pertamina.

Jika datang ke pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas mulai dari memancing, bermain bola, bermain pasir, berwisata kuliner atau sekedar menikmati panorama pantai. Di Pantai Teluk Penyu Anda dapat melemparkan kail di tepian pantai. sambil menunggu umpan disambar, Anda dapat menikmati panorama pantai ditemani hembusan lembut angin laut yang menenteramkan.

Jika Anda kuang hobi memancing, Anda dapat langsung membeli ikan segar yang dijual di sekitar pantai. Mereka juga menyediakan ikan asin kering yang dapat Anda beli untuk dibawa pulang.

Nantinya ikan segar yang Anda beli dapat langsung di bakar di pinggir pantai atau dimasak sesuai keinginan Anda. Namun jika rasa lapar sudah tidak tertahankan, Anda dapat langsung membeli makanan siap santap berupa berbagai hidangan seafood.  

Pantai Pasir Putih di Pulau Nusakambangan

Datang ke Pantai Teluk Penyu, rasanya kurang lengkap jika Anda tidak mampir ke pantai pasir putih yang terletak di seberang pantai ini. Iya, pantai pasir putih tersebut ada di Pulau Nusakambangan. Terlebih dahulu Anda harus menyeberang ke Pulau Nusakambangan menggunakan perahu sewaan dengan tarif sekitar Rp 20.000/orang. Harga tersebut tergantung dengan kepiawaian Anda dalam melakukan tawar-menawar.

Sesampainya di Pulau Nusakambangan, Anda harus membeli tiket untuk dapat memasuki kawasan pantai pasir putih. Untuk menuju bibir  pantai, Anda harus menempuh perjalanan dengan melewati hutan-hutan rimbun yang sejuk. Waktu yang Anda butuhkan sekitar 15 menit perjalanan. Setibanya di pantai, Anda akan langsung disambut hamparan pasir putih bersih dengan rindangnya pepohonan yang tentu saja sangat menyejukkan mata. Di pantai ini, Anda dapat sepuasnya bermain pasir atau berenang. 

Kios Souvenir 

Sebelum beranjak pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Pantai Teluk Penyu. Anda dapat menemukan beragam souvenir, kerajinan maupun cinderamata khas daerah ini. Untuk dapat membelinya Anda dapat mengunjungi kios-kios yang terletak tidak jauh dari pantai.