Serunya Berwisata ke Pantai Balekambang Malang



Kabupaten Malang tentu sudah tidak asing bagi para pecinta wisata. Salah satu kabupaten di Jawa Timur ini, memiliki segudang objek wisata yang menanti untuk dikunjungi. Salah satunya ialah objek wisata pantai. di Malang, ada banyak sekali pantai yang cukup populer. Seperti Pantai Pulau Sempu, Pantai Ngliyep, Pantai Kondang Merak, dan Pantai Balekambang. Adapun pada ulasan kali ini, penulis akan membahas tentang objek wisata pantai Balekambang. Apa yang menarik darai pantai ini? simak terus uraian berikut.

Pura di Pulau Ismoyo Pantai Balekambang, Malang. Sumber: www.asliindonesia.net

Lokasi
Secara administratif, Pantai Balekambang berada dalam wilayah Desa Srigonco, Batur, Malang. Pantai yang memiliki panorama indah ini berjarak sekitar 65 km di sebelah selatan Kota Malang. Cukup jauh memang jarak yang harus di tempuh, dengan waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 3 jam.

Panorama Pantai Balekambang
Keunikan Pantai Balekambang ialah keberadaan pura di pulau karang yang akan mengingatkan Anda pada objek wisata Tanah Lot di Bali. Pura tersebut hingga kini masih aktif digunakan dan akan sangat ramai dikunjungi para penganut agama hindu saat hari raya Hindu tiba. Antara daratan dan Pura, dihubungkan dengan sebuah jembatan yang memiliki lebar 1,5 meter.

Tentu saja bukan hanya keberadaan pura yang menjadi ikon khas pantai ini. Pantai Balekambang menawarkan panorama yang tidak kalah indah dibanding pantai lainnya di Jawa Timur. Dengan bentuk pantai yang landai serta dipenuhi hamparan bebatuan karang yang membentang hingga 2 km dan lebar 200 menjorok ke arah laut, Pantai Balekambang menjadi habitat bagi biota laut-biota laut nan cantik. Jika sedang beruntung, saat air laut surut Anda dapat menyaksikan gerombola ikan-ikan hias kecil yang menampakkan diri di sela-sela bebatuan karang. Memiliki hamparan pasir putih yang luas membuat aktivitas bermain di bibir Pantai Balekambag juga sangat menyenangkan. Pemandangan Pantai Balekambang pun di sempurnakan dengan keberadaan tiga pulau yang berjajar di tengah laut. Adapun pulau-pulau tersebut ialah Pulau Ismoyo yakni tempat dibangunnya pura, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni.

Bagi umat agama Hindu, Pantai Balekambang menjadi tempat yang spesial. Bagaimana tidak, setiap tahunnya, di gelar upacara Jalanidhipapuja di pantai ini. Bahkan, masyarakat Jawa pun menggelar upacara Tahun Baru Jawa di Pantai Balekambang.

Fasilitas
Saat berwisata, keberadaan fasilitas penunjang menjadi hal yang sangat penting. Begitu pula dengan yang ada di Pantai Balekambang. Sebagai objek wisata yang sudah cukup dikembangkan, pantai ini telah didukung berbagai fasilitas yang memadai. Seperti toilet, mushola, warung makan, pusat informasi, kios-kios souvenir dan penginapan.
Selain bermalam di penginapan yang sudah ada di sekitar pantai, jika ingin menikmati sensasi bermalam yang berbeda, Anda dapat berkemah di arena camping ground yang disediakan di Pantai Balekambang. Jadi, selain dapat menikmati keindahan pantai di pagi atau siang hari, keeksotisan pantai yang muncul pada malam hari pun dapat Anda jumpai.

Akses
Meskipun berada cukup jauh dari pusat Kota Malang, Pantai Balekambang cukup mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Sayangnya, yang menjadi persoalan ialah kondisi jalan yang sebagian rusak dan berlubang. Tidak heran, perjalanan pun memakan waktu lebih lama. Selain berlubang, bahu jalan menuju pantai juga tergolong sempit yakni hanya mampu dilalui dua mobil saja.

Untuk menuju Pantai Balekambang, Anda dapat memilih salah satu dari dua rute yang ada. Rute pertama yakni dengan melalui Kecamatan Gondanglegi. Dari Gondanglegi Anda akan menuju ke Kecamatan Batur dan kemudian Desa Srigonco tempat Pantai balekambang berada. Rute kedua, Anda dapat melalui Kecamatan Kepanjen. Dari kecamatan Kepanjen Anda dapat meneruskan perjalanan menuju Kecamatan Pagak. Dari Kecamatan Pagak, Anda harus berbelok ke kiri menuju Kecamatan Batur dan kemudian ke Desa Srigonco.

Harga Tiket Masuk 2016
Untuk menikmasti berwisata di Pantai Balekambang, Anda cukup membayar tiket masuk 2016 sebesar Rp 6000/orang. Cukup terjangkau bukan?
Tunggu apa lagi? Let’s explore Malang!