Pantai Jungwok, Surga Tersembunyi di Kawasan Gunungkidul Yogyakarta



Jika ingin menikmati wilayah pesisir Yogyakarta, jangan sungkan untuk datang ke Kabuaten Gunungkidul. Mengapa demikian? Gunungkidul memiliki banyak objek wisata pantai yang menakjubkan di Yogyakarta. Salah satunya yakni Pantai Jungwok. Meskipun belum dibuka secara resmi, Pantai Jungwok menawarkan panorama pantai yang sangat indah. Jika ingin berlibur ke tempat yang tenang, pantai ini sangat tepat menjadi pilihan karena masih sangat alami dan jauh dari keramaian. 

Keindahan Pantai Jungwok, Yogyakarta. Sumber: http://www.wisata.gunungkidulkab.go.id

Lokasi
Secara administratif, Pantai Jungwok berada dalam wilayah Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 1 km dari objek wisata pantai lainnya yaitu Pantai Wediombo.

Keindahan Pantai Jungwok
Keunikan yang dimiliki Pantai Jungwok ialah karena keberadaan tiga aliran sungai air tawar. Tiga aliran sungai air tawar ini, langsung menuju ke pantai sehingga seolah-olah membelah Pantai Jungwok menjadi tiga bagian. Karena belum dibuka secara resmi, belum banyak wisatwan yang mengetahui keberadaan pantai ini. Suasana pun sangat tenang serasa seperti di pantai milik sendiri.

Pantai Jungwok memiliki bentuk pantai cekung yang dikelilingi perbukitan hijau nan indah. Hamparan pasir putihnya yang masih sangat bersih dengan air laut yang jernih kebiruan membuat Anda tidak tahan untuk segera bermain di tepian pantai. Mengingat ombak khas pantai selatan yang terkenal besar, Anda harus tetap berhati-hati dan dilarang bermain air sampai ke bagian yang dalam. Tidak hanya itu, keberadaan sebuah batu karang besar di tengah laut juga menjadi ikon khas Pantai Jungwok. Masyarakat sekitar menyebut batu karang ini dengan Watu Topi atau Batu Topi. Nah, bagi Anda yang hobi memancing, di atas Batu Topi ini Anda dapat memancing sepuasnya dengan sensasi yang berbeda.

Tidak hanya indah, Pantai Jungwok yang masih alami juga kaya akan biota laut. Jika sedang beruntung, Anda dapat menyaksikan lucunya ikan-ikan kecil yang terdampar di sela-sela bebatuan karang. Bintang laut, alga dan bahkan lobster juga banyak tinggal di kawasan Pantai Jungwok. Karena kedekatannya dengan alam, membuat beberapa pengunjung gemar berkemah di kawasan pantai ini.

Fasilitas
Meskipun memiliki panorama pantai yang sangat indah, sayangnya Pantai Jungwok belum dikelola secara resmi. Akibatnya, belum ada fasilitas pendukung apapun di kawasan pantai ini. Lahan parkir, toilet atau pun warung makan, tidak akan Anda jumpai ketika datang ke tempat ini. Bahkan, rumah-rumah penduduk juga tidak ada di kawasan Pantai Jungwok. Untuk itu, demi mengantisipasi segala kemungkinan, sebaiknya Anda mempersiapkan perbekalan lengkap sebelum memutuskan berkunjung.

Akses
Pantai Jungwok berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke sini, Anda dapat menggunakan baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, rute yang akan dilalui ialah sebagai berikut.

Mengambil start dari Terminal Giwangan Yogyakarta, Anda dapat menaiki bus ke arah Terminal Wonosari dengan tarif sekitar Rp 6.000. Dari Terminal Wonosari, perjalanan dapat Anda lanjutkan dengan menyewa ojek ke objek wisata Pantai Wediombo dengan tarif sekitar Rp 20.000 atau sesuai kesepakan. Dari Pantai Wediombo, barulah Anda dapat meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 1 km menuju Pantai Jungwok.

Adapun jika menggunakan kendaraan pribadi, rute yang akan Anda lalui ialah sebagai berikut.
Dari pusat Kota Yogkarta Anda dapat menuju Wonosari, lalu ke Semanu, kemudian ke Desa Jepitu dan ke Pantai Wediombo. Sesampainya di Wediombo, perjalanan dapat Anda lanjutkan dengan berjalan kaki ke Pantai Jungwok.

Meskipun lelah, panorama yang disuguhkan selama berjalan kaki menuju Pantai Jungwok tidak akan membuat Anda menyerah. Segala rasa lelah pun akan terbayar lunas begitu tiba di surga tersembunyi, Pantai Jungwok Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk 2016
Untuk memasuki kawasan pantai Jungwok, Anda tidak dipungut biaya apapun. Namun, sebelumnya Anda akan dikenakan biaya masuk ketika memasuki kawasan Pantai Wediombo yakni dengan tarif Rp 5.000/orang.
Tunggu apa lagi? Let’s explore Yogya!