Tiga Wisata Pantai Tuban ini Sangat Sayang untuk Anda Lewatkan


Kabupaten Tuban di Jawa Timur memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi sebagain masyarakat, kabupaten ini memang tersohor dengan wisata religinya. Namun siapa sangka, di Tuban tidak hanya ada Masjid Agung dan Makam Sunan Bonang saja. Kabupaten Tuban juga memliki sejumlah objek wisata pantai yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut penulis uraikan tiga pantai di Tuban yang cukup terkenal.

Panorama Pantai Sowan, Tuban. Via: www.pergiberwisata.com

Pantai Pasir Putih Remen
Secara administratif, pantai ini masuk dalam wilayah Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Daya tarik utama yang dimiliki objek wisata ini ialah hamparan pasir putihnya yang bersih dengan keberadaan kolam cukup besar yang dikelilingi rimbunnya pepohonan. Ada banyak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di pantai, seperti berenang, bermain pasir, memancing atau sekedar jalan-jalan menikmati panorama pantai. Tidak seperti pantai pada umumnya yang banyak ditumbuhi pohon kelapa, Pantai Pasir Putih Remen banyak ditumbuhi oleh pohon cemara di sekitarnya.
Selain aktivitas di atas, Anda juga dapat mencoba berendam di dalam pasir putih pantai ini. Walaupun terik matahari begitu menyengat, rasa panas tidak akan berpengaruh ke pasir pantai. Anda dapat membuat galian dan meminta bantuan kawan untuk menutup sekujur tubuh Anda dengan pasir. Sejenak, nikmatilah sensasi tidur berselimut pasir pantai dengan ditemani angin laut yang sepoi-sepoi. Agar tidak silau, Ada baiknya Anda juga menggunakan kaca mata hitam.
Jika Anda lapar, di sekitar pantai sudah ada sejumlah warung makan yang menyuguhkan beragam menu masakan. Sedangkan jika akan beranjak pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di beberapa kios souvenir sebagai buah tangan ketika berwisata di tempat ini. Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Pasir Putih Remen, Anda dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000/orang. Biaya tersebut sudah termasuk parkir kendaraan. 

Pantai Sowan

Sesuai tulisan yang tertera di gerbang pintu masuk, maka pantai ini lebih dikenal sebagai Wana Wisata Sowan. Daya tarik yang dimiliki Pantai Sowan ialah keberadaan hutan di tepi pantai dengan luas kurang lebih 32 ha. Ada beragam tanaman yang tumbuh di sekitar objek wisata ini, seperti Mahoni, Kelampis dan Trembesi. Pepohonan yang tumbuh subur di sekitar pantai itu lah yang menyebabkan Pantai Sowan dikenal sebagai kawasan Wana Wisata.

Keberadaan pepohonan di sekitar pantai, sekaligus membawa keuntungan tersendiri untuk pantai ini. Tidak seperti pantai lainnya yang kebanyakan sangat terik, Pantai Sowan memiliki pepohonan rindang yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat berteduh yang nyaman. Sambil duduk-duduk bersantai di bawah pohon, Anda dapat menikmati panorama pantai nan indah. 
Dari pusat Kota Tuban, Pantai Sowan berjarak sekitar 35 km ke arah barat. Untuk sampai ke pantai ini, Anda dapat menggunakan baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, perjalanan dapat Anda mulai dari Kota Tuban dengan menaiki kendaraan jurusan objek wisata Pantai Sowan. Setelah turun dari kendaraan umum, Anda harus melanjutkan perjalan sekitar setengah km lagi dengan jalan kaki untuk mencapai lokasi pantai. 

Pantai Boom 

Dibanding pantai lainnya di Tuban, Pantai Boom adalah yang paling mudah aksesnya karena terletak di pusat kota. Pantai Boom tepatnya berada di bagian utara alun-alun Kota Tuban. Pantai Boom berbentuk menjorok ke laut berupa semenanjung buatan sepanjang 1 km. Dulunya, Pantai Boom menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal saudagar dari berbagai wilayah. Mereka melakukan transaski jual beli rempah-rempah dan berbagai kebutuhan lain dengan masyarakat Jawa. Pantai ini juga memiliki nilai sejarah karena menjadi tempat transit para wali saat menyebarkan ajaran Islam di tanah Jawa. Hal tersebut dibuktikan dengan keberadaan makam salah satu sunan yang menjadi bagian dari Wali Songo yaitu Sunan Bonang.

Saat tiba di pantai ini, Anda akan disambut panorama unik berupa jalanan setapak sepanjang ratusan meter yang terbentang hingga ke bibir pantai. Bekas pelabuhan zaman dulu juga masih dapat Anda saksikan di tempat ini. Jika lelah, Anda dapat beristirahat di gazebo-gazebo yang tersedia di ekitar pantai.

Karena lokasinya di pusat kota, Pantai Boom menjadi objek wisata favorit masyarakat sekitar. Di Pantai ini, Anda dapat melakukan olahraga jogging sambil menikmati panorama pantai dan laut lepas yang indah. Baik Sunrise maupun sunset di pantai ini, adalah pemandangan sangat indah yang sayang untuk dilewatkan. Sedangkan untuk memasuki kawasan wisata Pantai Boom, Anda hanya dikenakan biaya tiket masuk 2016 sebesar Rp 2.500/orang.