Keanekaragaman Tanaman Kebun Raya Bogor





Kota Bogor terkenal dengan keindahan panorama dan sejarah terbentuknya tempat wisata tersebut, kita ketahui bahwa kebun raya Bogor termasuk dalam salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi masyarakat lokal, dan juga luar negeri. Menurut sejarahnya kebun raya Bogor dulu dikenal dengan nama “kebun botani”, sudah ada sejak tahun 1816 yang dirintis oleh Prof. Caspar George Carl Reinwardt berkebangsaan Belanda juga sebagai direktur pertanian di pulau Jawa saat itu. Mulai sejak itu Reinwardt mengembangkan riset dalam bidang ilmu tumbuh – tumbuhan, terutama yang digunakan sebagai pengobatan, kemudian mengumpulkan semua tanaman tersebut di kebun botani sekitar halaman Istana Bogor dan berkembang hingga saat ini. Untuk mengetahui keanekaragaman kebun raya Bogor akan dijelaskan dalam artikel singkat ini.
Tanaman Kebun Raya Bogor



Luas tanah sekitar 47 hektar di sekitar Istana Bogor dijadikan lahan pertama untuk kebun botani. Pada tanggal 15 april 1817, Reinwardt mencetuskan gagasan untuk mendirikan sebuah Kebun Raya di Kota Bogor dan diresmikan oleh Gubernur saat itu. Pada tahun 1822 tercatat bahwa sudah mencapai 912 jenis tanaman, diantaranya koleksi tumbuh – tumbuhan dari genus Cryptogamae, Gymnospermae, Monocotyledonae, Dicotyledonae, selain itu ada tanaman – taman berguna seperti Vanili, kina, perca, tebu, ubi kayu, jagung dan kayu besi. Sekarang ini sudah mencapai 15.000 spesies koleksi pohon serta tumbuhannya. Mengunjungi kebun raya Bogor tidak lengkap jika melewatkan Amorphophalus titanium yaitu salah satu jenis bunga bangkai yang dapat mencapai tinggi 2 m juga  merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan, dan pohon kelapa sawit tertua di Asia tenggara yang masih hidup sampai sekarang. 
Tanaman Kebun Raya Bogor

Luas lahan kebun raya dari tahun ke tahun mengalami perluasan hingga 87 hektar dengan keanegaraman tumbuhan yang selalu berkembang.  Terdiri dari berbagai jenis pohon palem pohon dari seluruh negara tropis, dan rumah anggrek , kebun Raya Bogor bernuansa Eropa ini menonjolkan alaminya alam sekitar dengan berbagai pohon – pohon yang rimbun, dan juga monument berupa bangunan melingkar bersejarah yaitu tugu Lady Raffles.
Tanaman Kebun Raya Bogor

Mengunjungi kebun raya Bogor akan merasakan history dan kesejukan alamnya, selain itu pengunujung tidak akan puas apabila hanya sebentar berkeliling tanpa mengunjungi tempat – tempat bersejarah disekitar kebun raya seperti museum zoologi, ada juga cafe de’daunan yang dapat dinikmati. Demikianlah penjelasan tentang keanekaragaman kebun raya Bogor, semoga berguna.

By; Syohibah