Tips Menuju Puncak Gunung Gede Bogor





Gunung identik dengan pendakian, sama dengan gunung gede di Bogor kurang lebih sekitar 600 pendaki perharinya. Objek wisata ini ramai didatangi oleh pendaki pemula dan juga profesional. Tinggi gunung gede sekitar 2.958 meter dengan rute pendakian yang terjal seperti pada gunung umumnya. Meskipun begitu gunung gede memiliki eksotisme alam yang beragam, pendaki akan disuguhi oleh pemandangan menarik berupa, telaga biru, Air terjun, Air panas, hamparan bunga Edelweiss, dan kawah gunung gede yang mempesona. Selain itu ada pula keanekaragaman ekosistem yang terdiri dari hutan subtropis, Montana, subalpin, danau, rawa, dan savanna. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang gunung gede Bogor akan dijelaskan dalam artikel singkat ini.
salah satu pemandangan yang indah

Pintu gerbang menuju puncak gunung Gede dapat melalui jalur pendakian Cibodas, selama pendakian akan ada pos – pos penjaga sebagai tempat berteduh. Awal pendakian dimulai dengan jalur setapak berbatu, melewati kawasan hutan tropis yang lebat, dan akan bertemu telaga biru setelah mendaki kurang lebih 1.5 km, dilanjutkan dengan menyebrangi jembatan kayu sepanjang 1 km ke pos Rawa Gayang agung, di lokasi ini ada jalur pertigaan, jika ke kanan maka pendaki akan melihat air terjun Cibereum, dengan berjalan sekitar 30 menit menuju air tenjun tersebut untuk sekedar singgah, untuk melanjutkan ke puncak mengambil rute lurus dari jalur tersebut. Perjalanan dilanjutkan hingga bertemu pos pondok pemandangan, disini kita akan menjumpai air panas dengan suhu 700C , berjalan terus akan sampai ke pos kandang batu, disini pendaki diperbolehkan untuk mandi tapi tidak diperkenankan memakai sabun. Perjalanan dilanjutkan dengan melewati sungai berbatu. Berjalan lagi kita sampai ke pos kandang badak, dari sini sekitar 3 km lagi menuju puncak gunung dengan mengambil arah kiri dari persimpangan jalan.  
 
salah satu jalur menuju puncak
Sepanjang pendakian dengan berbagai eksotisme alam dan terjalnya rute, letih perjalanan akan terbayar setelah sampainya di puncak kawah gunung gede, jika kita menengok di bawah lereng  maka akan terlihat hamparan bunga edelweiss yang indah dan mempesona. Selain itu kita  dapat turun ke alun – alun surya kencana disini terdapat mata air yang jernih dan lahan luas untuk mendirikan tenda.


Dari penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa tidak semua pegunungan hanya terdiri dari hutan lebat dan bebatuan, tetapi di Gunung Gede kita dapat menemui keindahan alam pegunungan. Demikian penjelasan mengenai gunung Gede Bogor, semoga bermanfaat.  

By; Syohibah