Tips Liburan di Gunung Kawah Tangkuban Perahu



Berlibur merupakan kegiatan yang paling menyenangkan karena kita bisa menghabiskan waktu yang kita miliki di salah satu tempat wisata yang kita suka, bersama dengan keluarga atau orang-orang yang kita sayangi. Namun, berlibur dapat menjadi hal yang membosankan bila kita tidak mengetahui beberapa tips ketika berlibur. Bagi anda yang ingin berlibur di Bandung, seperti di ikon Bandung yang paling terkenal yaitu gunung tangkuban perahu, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan dan sesuai dengan yang anda harapkan. Beberapa tips tersebut adalah :
Kawah Tangkuban Perahu


Pertama, bila anda berjalan-jalan di gunung tangkuban perahu, maka lebih baik anda menyewa pemandu wisata. Karena selain anda akan mendapatkan penjelasan-penjelasan di setiap tempat, anda juga dapat menghemat waktu. Rute yang cukup jauh akan banyak menyita waktu anda, sehingga bila anda menyewa seorang pemandu wisata, anda dapat menggunakan waktu anda yang tersisa untuk beristirahat. Bila anda wisatawan lokal, anda hanya perlu merogoh kocek untuk setiap tour nya sebesar Rp 250.000. Namun, bila anda adalah wisatawan manca Negara, maka pemandu wisata akan menarik biaya sebesar Rp250.000 untuk setiap jam nya. 

Kedua, Pilih lah waktu yang tepat saat anda ingin berlibur di gunung tangkuban perahu. Karena waktu yang anda pilih, akan menentukan seberapa nyaman anda berlibur disana. Pilihlah waktu berlibur sekitar bulan Mei hingga November. Karena bulan tersebut merupakan bulan kemarau, sehingga medan yang di lalui akan lebih mudah dan tidak licin. Selain itu, hindari berkunjung pada bulan Desember, karena pada bulan tersebut curah hujan cukup tinggi dan banyak nya kabut akan membuat mata sulit untuk melihat. Waktu yang sangat disarankan untuk berkunjung adalah pagi hari, karena pada jam-jam pagi, lalu lintas belum terlalu sibuk dan pengunjung pun masih relative sepi. Sehingga anda bisa ber jalan-jalan dengan nyaman.

Ketiga, bila anda berlibur maka jangan lupa membawa minuman dan makanan ringan yang dapat mengganjal rasa lapar anda. Karena perjalanan untuk sampai ke atas memerlukan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 2,5 hingga 3 jam. Apabila anda lupa atau enggan membawa makanan dan minuman, anda tidak perlu khawatir karena ada juga penjual makanan dan minuman yang menjajakan barang dagangan nya, namun dengan harga yang relative mahal dari biasanya. Jadi silahkan memilih antara membawa sendiri makanan dan minuman ataupun membeli makanan dengan harga yang relative mahal.

Selamat Berlibur !

By : Yona