Pesona 10 Objek Wisata di Penang, Malaysia



Pulau Penang merupakan negara bagian di Malaysia yang terletak di sebelah Barat Semenajung Malaysia. Wisata di Pulau penang banyak dilirik oleh wisatawan Indonesia dan negara tetangga lainya, Berikut ini 10 objek wisata yang ada di Penang; 

Penang Hill
 
Penang Hill merupakan tempat wisata di Malaysia yang menjadi tujuan wisata terfavorit wisatawan asal Indonesia. Tempat wisata yang juga dikenal dengan nama Bukit Bendera ini memiliki sebuah tempat yang menjadi favorit pengunjung yaitu Owl Museum, selain itu udara dan suasana yang nyaman juga membuat tempat ini menjadi populer untuk dikunjungi. Penang Hill merupakan kawasan perbukitan, sehingga untuk sampai di puncak anda harus menaiki kereta Penang Hill Railway. Selain sebagai sarana transportasi menuju puncak, anda juga bisa melihat pemandangan yang menakjubkan selama perjalanan menggunakan kereta tersebut. Untuk menaiki kereta penang Hill Railway anda harus membayar 30 ringgit. Selain menggunakan kereta, anda juga bisa menggunakan jasa taksi untuk mencapai puncak.

Penang Bridge
 
Penang Bridge merupakan satu diantara beberapa jembatan terpanjang yang ada di dunia. Objek wisata Penang Bridge ini memiliki panjang lebih dari 13,5 KM. Penang Bridge merupakan sebuah jalur bebas hambatan yang menghubungkan antara dua tempat yaitu Seberang Prai dan Bayan Lepas, Seberang Prai berada di daratan Malaysia dan Bayan Lepas berada di Pulau Penang. Memiliki desain yang unik dan khas jembatan yang mulai beroperasi pada tahun 1985 ini juga telah menjadi salah satu ikon kebanggaan yang dimiliki oleh negara Malaysia. Selain sebagai jembatan penyebrangan, Penang Bridge juga memiliki kontribusi lainnya dalam proses berkembangnya ekonomi, sosial, dan budaya di Malaysia khususnya Penang.

Sri Mahamariamman Temple
 
Sri Mahamariamman Temple merupakan tempat wisata Penang yang berlokasi di George Town. Objek wisata ini cukup menarik perhatian wisatawan karena keunikannya. Sri Mahariamman Temple merupakan sebuah kuil Hindu yang termasuk tua di Penang, di sini anda bisa melihat dan merasakan kemeriahan ornamen kebudayaan India kuno dengan terdapatnya banyak patung dari dewa-dewi Hindu. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk ke kawasan wisata ini. Di tempat ini anda bisa bebas untuk memfoto seluruh area dari Sri Mahamariamman Temple kecuali area altar utama. Tempat wisata ini buka 2 kali dalam sehari yaitu pada pukul 06.30 – 12.00 dan pukul 17.30 – 21.00. 

Kek Lok Si Temple
Kek Lok Si Temple merupakan salah satu objek wisata yang cukup menarik yang ada di Penang, Objek wisata ini tepatnya berlokasi di Air Itam. Kek Lok Si Temple adalah sebuah kuil dengan usia yang sangat tua, kurang lebih usia kuil ini adalah 1 abad. Kuil ini berada di sebuah bukit sehingga menambah keindahan alam dari tempat wisata Penang ini. Selain itu kuil ini mengadopsi gaya kuil dari Thailand dengan ornament khas negeri tirai bambu China yang rumit dan indah. Jika anda berminat menikmati keindahan tempat wisata ini, anda cukup menaiki bus umum dari George Town untuk bisa sampai di Kek Lok Si Temple. 

Plaza Gurney
 
Plaza Gurney sangat cocok untuk anda yang hobi shopping, tempat wisata ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan favorit wisatawan yang mengunjungi Penang. Plaza Gurney cukup ramai oleh pengunjung setiap harinya. Di tempat ini anda bisa berbelanja sesuai dengan kantong anda, karena di sini tersedia berbagai barang mulai dari barang yang murah hingga barang yang mahal. Selain itu daya tarik lain dari Plaza Gurney adalah letaknya yang berada di tepi pantai, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi setelah beraktifitas di pantai. Plaza Gurney sangat cocok untuk anda yang ingin berburu oleh-oleh karena barang yang tersedia di sini cukup beragam dengan harga yang juga beragam.

Fort Cornwallis
 
Fort Cornwallis merupakan salah satu objek wisata yang paling tua di Penang. Dulunya objek wisata yang mulai dibangun pada tahun 1786 ini merupakan sebuah benteng yang digunakan untuk mempertahankan kekuasaan Inggris, meski sebetulnya lebih difungsikan sebagai pusat administrasi daripada digunakan sebagai pertahanan. Pengunung dari Fort Cornwallis kebanyakan mendatangi tempat ini karena ingin melihat dan mengetahui peninggalan sejarah Penang. Di sini terdapat peninggalan-peninggalan sejarah seperti lampu kuno, kapel, penjara, hingga terdapat meriam. Untuk anda yang menyukai wisata sejarah dan benar-benar penasaran akan sejarah dari Penang, Fort Cornwallis cocok untuk menjadi tujuan wisata anda, di tempat ini anda bisa belajar dan berwisata sekaligus.

Penang Toy Museum
 
Anak-anak akan sangat menyukai  untuk datang ke Penang Toy Museum, karena tempat wisata ini merupakan sebuah museum dengan koleksi mainan dan kartun favorit anak-anak yang  ada di seluruh penjuru dunia. Museum ini terbilang unik, karena memang masih jarang museum yang mengoleksi mainan untuk anak-anak. Penang Toy Museum ini berlokasi di Jalan Bungah, anak anda akan betah jika anda ajak ke sini karena koleksi mainan di sini cukup lengkap. Salah satu koleksi mainan yang ada di Penang Toy museum adalah karakter-karakter yang ada di kartun Doraemon. Untuk masuk ke dalam museum ini anda harus membayar 30 ringgit atau sekitar 110.000 jika dirupiahkan, tiket tersebut adalah untuk Anda yang berasal dari luar Malaysia, jika anda warga Malaysia anda akan mendapatkan harga yang berbeda.

Pinang Peranakan Mansion
Pinang Peranakan Mansion merupakan tempat wisata di Penang yang berlokasi di George Town. Objek wisata ini juga termasuk museum yang memiliki unsur peninggalan sejarah dan budaya yang harus tetap dijaga dan dilestarikan. Pernah diceritakan bahwa dulunya bangunan ini merupakan tempat tinggal dari orang yang kaya keturunan warga Cina, orang kaya tersebut menyukai barang-barang dengan nilai seni yang tinggi misalnya seperti perhiasan, furniture, artifak, dan yang lainnya harus memiliki nilai seni. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang menyukai seni dan juga sejarah budaya. Untuk masuk ke dalam Pinang Peranakan Mansion anda harus mengeluarkan uang sebanyak 20 ringgit atau sekitar 75.000 dalam rupiah.

Queensbay Mall
 
Queensbay Mall merupakan salah satu objek wisata yang bisa anda kunjungi ketika berada di Penang. Tempat ini berada tidak terlalu jauh dengan bandara Penang. Queensbay Mall termasuk ke dalam mall yang paling besar di Penang, sehingga pengunjungnya pun sangat banyak setiap harinya. Di mall ini juga tersedia berbagai barang yang lengkap dengan harga yang beragam, jangan ragu lagi untuk berbelanja di tempat ini jika anda sedang berada di Penang. Tidak hanya berbelanja barang-barang, di mall ini anda juga bisa sekaligus berwisata kuliner. Lokasi Queensbay Mall yang dekat dengan pantai juga menambah daya tarik dari mall ini. Anda bisa pantai dan menikmati pemandangannya setelah lelah berbelanja di Queensbay Mall.

Cheong Fatt Tze Mansion
 
Lokasi Cheong Fatt Tze Mansion juga berada di George Town, tempat wisata di Penang ini merupakan peninggalan imigran dari Cina. Cheong Fatt Tze Mansion dibangun mulai tahun 1880, tempat ini dibangun oleh seorang pedangan yang bernama sama dengan nama tempat wisata ini yaitu Cheong Fatt Tze. Bangunan rumah ini memiliki kamar dengan jumlah 38 ruang, dengan gaya bangunannya yang mengikuti kepercayaan feng shui. Rumah besar dengan warna dominan biru ini kemudin dibeli oleh seorang pengusaha Malaysia, dengan alasan untuk menjaga nilai histori bangunan Cheong Fatt Tze Mansion, karena sebelumnya ada desas-desus bahwa bangunan akan dirobohkan. Selain sebagai objek wisata di Penang, Cheong Fatt Tze Mansion juga digunakan sebagai lokasi syuting sebuah film.