Pesona 19 Objek Wisata di Medan atau Sumatera Utara



Berikut ini 19 Tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Sumatera Utara dan Medan;
Air Terjun Sipiso – piso

Air Terjun Sipiso – piso merupakan tempat wisata daerah Sumatera Utara yang berada di dekat Desa Tongging, Sumatera Utara. Air terjun ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Karo dan dijadikan sebagai salah satu tempat wisata kebanggan masyarakat Tongging. Nama Piso yang dimiliki ole air terjun ini mempunyai makna dalam bahasa indonesia yaitu Pisau, dinamakan pisau karena derasnya air yang turun begitu tajam seperti tajamnya pisau. Selain airnya yang deras, Air Terjun Sipiso-piso juga masuk ke dalam salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Berbagai kegiatan dapat anda lakukan di tempat wisata ini, salah satunya adalah bermain air di danau tampungan bawah Air Terjun. Suasana yang asri dan sejuk akan menambah kenyamanan anda berwisata di tempat ini.

Danau Toba

Siapa sih yang tak kenal dengan Danau Toba, tempat wisata ini terkenal dengan legendanya yang sudah menyebar di seluruh Indonesia. Danau Toba sendiri merupakan danau yang berukuran cukup besar dengan sebuah pulau yang terletak di tengah-tengah danau, pulau tersebut dikenal dengan nama Pulau Samosir. Danau yang memiliki panjang 100 KM dan lebar kurang lebih 30 KM ini termasuk ke dalam danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara. Danau ini merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang paling terkenal, jika anda datang ke tempat ini jangan kuatir tidak memiliki tempat persinggahan, karena di sekitar tepian danau terdapat banyak penginapan.

Danau Linting
  

Selain Danau Toba, Sumatera Utara juga memiliki danau wisata lain yaitu Danau Linting. Danau Linting memang tidak seterkenal Danau Toba, akan tetapi danau ini memiliki daya pikat lain yang sayang untuk anda lewatkan. Danau Linting juga merupakan sebuah danau vulkanik, luasnya kurang lebih sekitar 1 hektar. Tempat wisata daerah Sumatera Utara ini mengandung belerang sehingga warna air yang dimiliki Danau Linting yaitu kehijauan. Danau ini memiliki kedalaman lebih dari 100 meter, untuk anda yang berniat berenang di danau ini anda harus berhati-hati, takut-takut jika anda tenggelam karena kedalamannya. Untuk masuk kawasan tempat wisata daerah Sumatera Utara yang terletak di kabupaten Deli Sedang ini anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 5.000 rupiah. 

Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Salju Panas Dolok Tinggi merupakan tempat wisata daerah Sumatera Utara yang berada di Desa Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara. Tempat wisata ini merupakan kawasan dengan bukit kapur yang memiliki warna yang khas. Hapir sama dengan sebuah danau, tempat wisata ini memiliki warna tanah yang dibilang cukup unik, tanah disini berwarna putih sehingga terlihat seperti salju. Istimewanya lagi ditengah-tengah area wisata ini terdapat danau air panas dengan air yang berwarna biru kehijauan. Meskipun kurang terkenal, namun tempat wisata daerah Sumatera Utara ini cukup unik dan menarik untuk anda kunjungi.  Sebelumnya anda harus mengingat bahwa kualitas jalan menuju tempat wisata ini tidak cukup bagus, bahkan banyak warga sekitar yang meminta uang.

Aek Sijornih

Aek Sijornih merupakan salah satu tempat wisata daerah Sumatera Utara yang sedikit kurang diperhatikan oleh pemerintah, sehingga memang banyak dari kita yang masih asing dengan nama tempat wisata ini. Sebenarnya Aek Sijornih merupakan tempat wisata daerah Sumatera Utara berupa air terjun yang cukup menarik untuk anda kunjungi. Aek Sijornih sendiri merupakan bahasa Batak yang berarti air jernih. Air yang ada di tempat ini memang terbilang jernih, sehingga dinamakan Aer Sijornih. Tempat wisata darah Sumatera Utara ini berada di Desa Aek Libung. Tempat ini memiliki dua buah air terjun dengan ukuran yang tidak terlalu besar, air terjun- air terjun tersebut melewati tebing miring dengan kandungan kapur.

Tangkahan 

Tangkahan merupakan salah satu tempat wisata daerah Sumatera Utara yang masuk ke dalam Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara. Tanah yang ada di kawasan Tangkahan ini berbentuk bukit, di sini terdapat juga hutan tropis yang rindang dan sejuk. Untuk anda yang menyukai wisata alam, Tangakahan wajib untuk anda masukan ke dalam list tujuan wisata anda. Di tempat wisata daerah Sumatera Uatara ini anda bisa melakukan berbagai kegatan diantaranya adalah berenang, trekking, menaiki gajah, masuk goa kelelawar, bermain di air terjun, dan lain-lain. Kegiatan di Tangkahan ini benar-benar akan menguji kecintaan anda terhadap alam, anda bisa menyatu dan menikmati alam di tempat wisata ini.

Taman Nasional Gunung Leuser


Taman Nasional Gunung Leuser sebenarnya merupakan sebuah kawasan yang dijadikan tempat pelestarian alam. Tempat wisata daerah Sumatera Utara ini terletak di dua Provinsi, yaitu provinsi Sumatera Utara dan juga provinsi Aceh. Selain dijadikan tempat pelestarian alam, Taman Nasional Gunung Leuser juga menjadi tempat wisata menarik yang sayang anda lewatkan. Di tempat ini anda bisa melihat berbagai jenis flora dan juga fauna yang dilestarikan. Selain menghilangkan ketegangan setelah bekerja dan belajar di sekolah, anda juga bisa mengenal dan bermain dengan fauna dan flora di tempat ini. Taman Nasional Gunung Leuser sangat cocok untuk anda yang menginginkan ketenangan setelah lelah beraktifitas di kota yang padat.

Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar merupakan tempat wisata daerah Sumatera Utara yang berada di kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Keunikan yang dimiliki tempat wisata ini adalah airnya yang berwarna hijau. Tidak sebesar Danau Toba, luas yang dimiliki Danau Lau Kawar hanya sekitar 200 hektar. Seperti danau-danau lain, danau ini juga memiliki suasana yang nyaman dan sejuk karena pepohonan rindang cukup banyak terdapat di kawasan kaki gunung ini. Terkadang jika anda datang ke tempat wisata ini pada waktu tertentu, anda bisa menemukan grup yang sedang melakukan perkemahan, mereka berstirahat sebelum melanjutkan perjalanan untuk mendaki Gunung Sinabung. Selain itu anda juga bisa mendapatkan pemandangan orang-orang memancing di tengah danau dengan menumpang perahu kecil.

Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit merupakan tempat wisata daerah Sumatera Utara yang memiliki luas kurang lebih 24 hektar. Tempat wisata yang berada di Kabupaten Deli Serang ini memiliki bentuk tanah yang berbukit-bukit. Cagar Alam Sibolangit berada di ketinggian 500 meter dari atas permukaan laut, sehingga di sini anda dapat menikmati pemandangan yang indah dan suasananya yang nyaman nan sejuk. Selain menjadi tujuan wisata yang cukup mengasyikkan, Cagar Alam Sibolangit ini juga menjadi lokasi favorit diadakannya kegiatan perkemahan pramuka. Cukup banyak kegiatan pramuka yang dapat dilakukan di cagar alam ini. Tanahnya yang berbukit dan suasana alamnya yang cocok untuk berkemah, membuat banyak grup pramuka menjadikan Cagar Alam Sibolangit sebagai tujuan tetap perkemahan mereka.

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak merupakan salah satu tempat wisata daerah Sumatera Utara yang sangat cocok untuk anda jadikan tempat berpetualang. Untuk anda yang begitu menyukai gunung, anda wajib mencoba untuk mendaki Gunung yang pernah meletus pada tahun 1600 ini. Gunung ini cukup terkenal dikalangan pendaki karena keindahan dan tantangan yang didapat ketika mendaki gunung Sibayak. Mayoritas dari pendaki gunung ini, mereka akan berangkat pukul 2 pagi sehingga ketika matahari terbit mereka sudah di puncak dan bisa menikmati pemandangan indah matahari terbit. Jangan kuatir, untuk anda yang melewatkan pemandangan matahari terbit, anda masih bisa menikmati pemandangan kota medan dari ketinggian yang juga cukup indah untuk anda lihat.

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery merupakan tempat wisata daerah Sumatera Utara yang berupa sebuah museum dengan berbagai koleksi binatang yang sudah diawetkan. Tempat wisata ini berada di kota Medan, dan menjadi satu-satunya museum dengan koleksi hewan yang  diawetkan paling lengkap di Asia. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery ini tepatnya berada di Jalan S. Parman, kota Medan. Untuk anda yang tertarik mengunjungi tempat wisata daerah Sumatera Utara ini anda cukup mengeluarkan uang sebesar 25.000 rupiah, jika anda berkunjung ketika safari malam anda akan membayar 10.000 rupiah, dan jika anda ingin mengabadikan momen dalam jepretan anda juga harus membayar 20.000 rupiah.

Kampung Madras Medan/ Kampung Keling

Kampung Madras Medan atau yang juga dikenal dengan nama Kampung Keling merupakan sebuah kawasan yang penduduknya kebanyak merupakan orang Keling atau India. Jika anda datang ke kawasan Kampung Keling, anda akan melihat adat istiadat yang ada di kampung ini benar-benar kental akan Indianya yang mayoritas beragama Hindu. Selain menjadi tempat wisata budaya, Kampung Keling juga bisa anda jadikan sebagai tujuan wisata sejarah, karena di kampung ini terdapat cukup banyak bangunan khas Belanda. Di tempat wisata daerah Sumatera Utara ini anda juga bisa sekalian mencicipi kuliner khas Indianya. Untuk anda yang ingin membawa oleh-oleh, anda bisa berbelanja pernak pernik khas India atau dengan menjahit dengan kuliatas yang bagus di tempat ini.

Air terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit merupakan tempat wisata daerah Sumatera Utara yang memiliki ciri khas unik tersendiri jika dibandingkan dengan air terjun lainnya. Sesuai dengan namanya dwi yang berarti dua, air terjun ini memiliki dua warna yaitu putih keabuan dan biru muda, hal tersebut bisa terjadi karena kandungan fosfor dan belerang yang ada di kawasan ini. Untuk bisa sampai ke Air terjun yang memiliki ketinggian 100 meter ini anda harus melewati hutan terlebih dahulu, jadi sebelum berangkat untuk mengunjungi Air Terjun Dwi Warna Sibolangit anda harus mempersiapkan perbekalan dan mempersiapkan diri terlebih dahulu. Jika anda takut tersesat ketika melewati hutan, anda bisa menyewa jasa pemandu jalan untuk bisa mengantarkan anda dengan selamat sampai tujuan. 

Bukit Lawang


Bukit Lawang merupakan tempat wisata daerah Sumatera Utara yang berada kurang lebih 80 KM dari pusat kota Medan, tempat wisata ini juga masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Lauser. Karena lokasinya yang berada di kawasan pegunungan dengan pepohonan rindang di sekitarnya, membuat suasana di bukit ini sejuk dan nyaman, udaranya yang segar bebas polusi jauh seperti di kota menjadikan tempat ini cocok untuk anda kunjungi. Kegiatan yang bisa anda lakukan di tempat wisata ini diantaranya adalah trekking, melihat orang utan, tubing, dan masih banyak yang lainnya. Jika anda masih belum puas menikmati keindahan Bukit Lawang, anda bisa menginap di penginapan yang ada di sekitar kawasan wisata ini.

Rumah Tjong A Fei

Rumah Tjong A Fei adalah sebuah tempat wisata daerah Sumatera Utara yang awalnya merupakan rumah milik orang terkaya di Medan pada jaman dulu, orang tersebut bernama Tjong A Fei. Ketika Tjong A Fei meninggal pada tahun 1926, dia meninggalkan sebuah warisan berupa rumah yang memiliki nilai sejarah tinggi dan juga museum yang memiliki benda-benda bersejarah lain. Tjong A Fei dikenal sebagai orang yang dermawan semasa hidupnya, terbukti dengan sebelum dia meninggal dia membagikan harta warisannya kepada masyarakat yang membutuhkan. Kini rumah peninggalannya tersebut juga menjadi salah satu tempat wisata daerah Sumatera Utara yang cukup menarik untuk dikunjungi, terutama untuk anda yang menyukai sejarah.

Pulau Samosir

Pulau Samosir merupakan tempat wisata daerah Sumatera Utara yang berada tepat ditengah-tengah danau paling terkenal di Sumatera yaitu Danau Toba. Pulau ini berada di ketinggian 1000 meter dari atas permukaan laut. Wisatawan yang mengunjungi Danau Toba pasti menyempatkan diri untuk berkunjung juga ke Pulau Samosir. Untuk menyebrang ke Pulau Samosir anda harus menaiki kapal ferry terlebih dahulu, atau bisa juga dengan menggunakan jalur darat. Pulau Samosir memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan mata, selain menikmati pemandangan anda juga bisa berwisata sejarah, wisata budaya, dan tak ketinggalan anda juga menikmati wisata kuliner Batak di pulau ini. Jika anda hobi berendam, di tempat wisata daerah Sumatera ini juga tersedia pemandian air panas yang bisa anda nikmati.

Bukit Gundaling


Bukit Gundaling merupakan salah satu tempat wisata daerah Sumatera Utara yang berada di pinggir kota Berastagi. Untuk sampai ke tempat wisata ini anda harus melakukan perjalanan kurang lebih 60 KM dari pusat kota Medan. Bukit Gundaling berada pada ketinggian di atas 1.500 meter dari permukaan laut. Jika anda sudah sering berliburan di puncak, anda akan mudah beradaptasi dengan suasana yang ada di bukit ini, karena suasananya mirip dengan puncak. Keistimewaan yang dimiliki dari bukit ini adalah anda dapat melihat keindahan pemandangan dari dua gunung berapi yang terletak di atas puncak bukit ini. Suasana dan pemandangan yang disuguhkan oleh tempat wisata daerah Sumatera Utara ini sangat sayang untuk anda lewatkan terutama bagi anda yang menyukai alam dan keasrian.

Air Terjun Sigura-gura

Air Terjun Sigura-gura merupakan tempat wisata daerah Sumatera Utara yang terletak di Kabupaten Toba Samosir. Air Terjun Sigura-gura disebut-sebut sebagai air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggiannya yang mencapai 250 meter. Letaknya memang tidak jauh dari Danau Toba, sehingga untuk anda yang ingin berkunjung ke Danau Toba, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Air Terjun Sigura-gura. Suasana yang disuguhkan air terjun ini sangat menyegarkan dan masih asri, anda akan betah berlama-lama di sini karena memang udaranya yang sangat sejuk. Tidak hanya wisatawan dalam negeri saja yang tertarik mengunjungi tempat wisata daerah Sumatera Utara ini, namun juga banyak wisatawan luar negeri yang datang berkunjung karena penasaran dengan Air Terjun Sigura-gura.

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake

Pantai Lagundri dan Panati Sorake merupakan pantai-pantai yang masih masuk ke dalam satu garis pantai di Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara. Pantai-pantai ini cukup terkenal dikalangan pecinta selancar dalam maupun manca. Ombak yang ada di Pantai Lagundri dan Pantai Sorake cukup besar dan sangat disukai oleh peselancar, sehingga banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia datang ke pantai-pantai ini untuk menyalurkan hobi mereka. Jika anda tidak bisa berselancar dan ingin belajar berselancar, anda bisa menyewa pelatih selancar di sini. Untuk anda yang belum puas hanya sehari mengunjungi pantai, disekitar pantai terdapat banyak penginapan yang bisa anda tempati untuk bermalam.