Pesona 10 Tempat Wisata di Banjarmasin, Kalimantan Selatan



Kota Banjarmasin merupakan kota terbesar di Kalimantan Selatan sekaligus sebagai Ibu Kota Provinsi tersebut. Dalam dunia pariwisata, kota Bandarmasin tidak ketinggalan dengan potensi yang ada di Provinsi tersebut dari provinsi lainya. Mau tau apa saja tempat wisata yang ada di Banjarmasin, yuk simak 10 tempat wisata di Banjarmasin; 

Pasar Terapung
Pasar Terapung
Salah satu tempat wisata yang sudah jarang ditemukan di Indonesia adalah pasar terapung, pasar terapung sudah menjadi ciri khas dari kota Banjarmasin. Sebagaimana mestinya sebuah pasar, pasar terapung juga digunakan sebagai tempat jual beli oleh masyarakat sekitar. Meski sebuah pasar, pasar terapung kini sudah menjadi tempat wisata daerah yang banyak dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan pasar ini. Pasar Terapung yang terkenal salah satunya adalah pasar yang terletak di muara Sungai Barito, tepatnya di Keluarahan Kuin Utara, Banjarmasin. Pasar terapung ini diperkirakan sudah ada sejak 400 tahun lalu, dulu sebelum ada uang sebagai alat jual beli, masyarakat melakukan barter untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan. Yang istimewa dari tempat wisata daerah Banjarmasin ini adalah tongkat dengan ujung kawat untuk saling bertukar barang, hal itu dilakukan karena antar perahu susah untuk saling mendekat.


Taman Siring Sungai Martapura
Taman Siring Sungai Martapura
Taman Siring Sungai Martapura merupakan tempat wisata daerah Banjarmasin yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Kapten Tendean. Taman Siring berada di tepian Sungai Martapura, sehingga dari taman ini anda bisa melihat-lihat aktifitas yang biasa dilakukan di Sungai Martapura. Jika anda hobi memancing anda bisa membawa peralatan memncing anda dari rumah dan memancing di tempat ini, jika anda hanya ingin bersantai anda bisa duduk-duduk di taman sambil menikmati suasana taman dan juga kuliner yang dijajakan di area taman. Jika anda datang di akhir pekan anda akan melihat komunitas anak muda yang sedang berlatih skateboard dan BMX, mereka biasanya juga mengadakan perlombaan di Taman Siring Sungai Martapura ini.

Taman Maskot
Taman Maskot, Banjarmasin
Taman Maskot Merupakan tempat wisata daerah Banjarmasin yang memamerkan dua mascot milik kota Banjarmasin yaitu Bekantan dan Pohon Kasturi. Ketika anda masuk ke kawasan taman ini anda akan langsung disambut oleh patung bekantan dengan ukurang yang cukup besar, kemudian di belakangnya juga terdapat patung pohon kasturi dengan monyet-monyet yang bergelantungan. Di taman ini juga terdapat rumah tanaman, di dalamnya tumbuh banyak tanaman diantaranya kaktus, lidah buaya, dan beberapa tanaman pot lain. Fasilitas yang ada di taman ini juga cukup lengkap seperti parkir, musholla, toilet, warung makan, dan sebagainya. Taman wisata daerah Banjarmasin ini terletak di Jalan H. Djok Mentaya, pusat kota Banjarmasin.   


Museum Wasaka
Museum Wasaka
Wasaka merupakan singkatan dari Waja Sampai Kaputing, Wasaka merupakan motto perjuangan dari rakyat Kalimantan Selatan. Museum Wasaka merupakan tempat wisata daerah Banjarmasin yang banyak memiliki unsure sejarah, arsitektur museum ini diambil dari rumah adat Banjarmasin yaitu berbentuk panggung dengan atap yang tinggi. Jika anda masuk ke dalam museum anda akan menemukan berbagai barang bersejarah atau barang budaya Banjarmasin diantaranya koleksi foto, mesin ketik, serta senjata-senjata yang digunakan untuk melawan penjajah. Di sini juga disimpan sepeda tua yang dulunya digunakan untuk mengantar surat secara sembunyi-sembunyi. Yang istimewa dari museum ini adalah teks proklamasi dengan tanggal pembuatan 17 Mei 1949, isi dari teks proklamasi tersebut berbeda dengan teks proklamasi yang beredar dan kita kenal saat ini. Tempat wisata daerah Banjarmasin ini terletak di Jalan H. Andir, Kampung Kenang Ulu, Banjarmasin Utara.

Pulau Kembang
Pulau Kembang
Pulau Kembang merupakan tempat wisata daerah Banjarmasin yang terletak di tengah Sungai Barito. Di pulau kembang terdapat banyak sekali monyet dan berbagai jenis burung, bahkan masyarakat sekitar percaya di pulau ini terdapat monyet besar yang diyakini sebagai raja monyet. Jika anda datang ke pulau ini dengan membawa banyak barang, anda harus berhati-hati karena monyet-monyet di sini seringkali mengambil barang milik pengunjung. Di pulau ini anda tidak hanya bisa melihat monyet dan burung, tapi anda juga bisa melihat kuil dan juga altar dengan arca yang memiliki bentuk seperti monyet putih atau Hanoman. Warga Tionghoa biasanya menggunakan kuil tersebut untuk meletakkan sesaji di hari-hari special. Anda bisa mengunjungi tempat wisata daerah Banjarmasin ini dengan melakukan perjalanan kira-kira sejauh 1,5 KM dari pusat kota Banjarmasin. 

Masjid Sultan Suriansyah
Masjid Sultan Suriansyah
Masjid Sultan Suriansyah yang juga dikenal dengan masjid kuin merupakan tempat wisata daerah Banjarmasin yang terletak di Kelurahan Kuin Utara. Masjid Sultan Suriansyah mulai dibangun pada tahun 1526 dan baru selesai tahun 1550. Masjid ini menjadi masjid tertua yang ada di Banjarmasin. Bangunan dari masjid ini memiliki ciri khas Banjarmasin yaitu berbentuk rumah panggung, pada beberapa sisi bangunan memiliki ukiran khas dari Kalimantan Selatan. Pada beberapa bagian bangunan masjid ini terlihat mirip dengan Masjid Agung Demak. Yang istimewa dari tempat wisata daerah Banjarmasin ini adalah mihrab atau tempat imam shalat, karena mihrab dari masjid ini memiliki atap sendiri yang terpisah dari atap bangunan masjid.

Masjid Sabilal Muhtadin
Masjid Sabilal Muhtadin
Masjid Sabilal Muhtadin merupakan tempat wisata daerah Banjarmasin yang terletak di tepi Barat Sungai Martapura, tepatnya di Kelurahan Antasan Besar, Banjarmasin Tengah. Masjid ini adalah masjid terbesar di Banjarmasin, Masjid Sabilal Muhtadin mampu menampung 15.000 orang jamaah. Selain bangunan utama masjid, terdapat juga lima buah menara yang dimiliki masjid ini menambah indahnya bangunan Masjid Sabilal Muhtadin. Nama masjid ini diambil dari nama kitab yang ditulis oleh Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjary yaitu seorang ulama besar di Kalimantan Selatan. Masjid ini berdiri sejak tahun 1981, kini Masjid Sabilal Muhtadin sudah menjadi salah satu tempat wisata daerah Banjarmasin yang banyak dikunjungi wisatawan dalam maupun luar daerah Banjarmasin.

Pasar Intan Martapura
Pasar Intan Martapura
Pasar Intan Martapura merupakan tempat wisata daerah Banjarmasin yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Martapura. Untuk bisa sampai ke pasar ini anda perlu menempuh perjalanan sekitar 45 KM dari pusat kota Banjarmasin. Bagi anda yang memiliki hobi mengkoleksi batu permata, anda wajib datang ke pasar ini karena di pasar ini dijual berbagai jenis batu permata. Ada setidaknya 87 toko batu permata di Pasar Intan Martapura, disediakan dalam bentuk batuan yang belum diolah atau juga yang sudah diolah menjadi berbagai bentuk diantaranya kalung, cincin, gelang, dan sebagainya. Karena koleksi permata yang cukup lengkap dengan kualitas yang baik Pasar Intan Martapura menjadi tempat wisata daerah Banjarmasin yang banyak dikunjungi wisatawan tak hanya dalam negeri tapi juga negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura
Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura
Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang ada di daerah Banjarmasin. Jika anda hobi berwisata kuliner anda wajib datang ke Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura, karena disini menyediakan berbagai kuliner khas Banjarmasin seperti laksa, nasi kuning, soto Banjar, dan lupis. Setidaknya terdapat sekitar 52 kios makanan di sekitar Tepian Sungai Martapura di jalanan sepanjang 300 meter. Tidak hanya menyediakan kuliner jhas Banjarmasin, di tempat ini juga tersedia makanan nasional yaitu nasi goreng dan juga kuliner khas provinsi lain seperti masakan Padang atau Palembang. Tempat wisata daerah Banjarmasin ini terletak di Jalan Pos yang menghubungkan dua jalan yaitu Jalan Sudirman dan Jalan Hasanudin.

Kampung Sasirangan
Kampung Sasirangan
Kampung Sasirangan merupakan tempat wisata daerah Banjarmasin yang menjadi pusat belanja oleh-oleh khas Banjarmasin. Di kampong ini anda bisa menemukan batik khas Banjarmasin yaitu batik Sasirangan. Anda tidak hanya bisa melihat-lihat batik yang dijual di Kampung Sasirangan, di sini anda juga bisa melihat sekaligus belajar bagaimana proses pembuatan batik Sasirangan mulai tahap awal hingga siap untuk dipasarkan. Ciri khas yang dimiliki batik Sasirangan adalah batik ini memiliki warna yang cerah. Jika anda ingin mendesain sendiri pakaian anda, anda bisa memesan kainnya saja atau anda tidak ingin repot-repot mendesain anda bisa langsung membeli yang sudah jadi berupa selendang, sprei, taplak meja, dompet, tas, dan juga sapu tangan. Tempat wisata daerah Banjarmasin ini terletak di Jalan Seberang Masjid, Kampung Melayu.