Daftar Wisata Pantai di Pacitan Yang Mempesona



Indonesia memang negeri yang kaya. Berbagai daerah di Indonesia menyimpan kekayaannya masing-masing baik berupa budaya, kondisi alam hingga beragam kulinernya. Begitu pula dengan Kabupaten Pacitan yang berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pacitan yang sudah dikenal lama dengan wisata goa, ternyata banyak menyimpan keindahan lainnya. Selain Goa Gong yang dikenal sebagai Goa terindah se-Asia Tenggara, Pacitan juga memiliki wisata bahari yang tidak kalah indahnya.
Pesona Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Letak kabupaten Pacitan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuat Pacitan memiliki gugusan pantai dengan keindahan yang memukau. Kini selain objek wisata goa, Pacitan terkenal dengan keindahan pantai-pantai tersebut yang terletak memanjang di daerah pesisir Pacitan. Jika Anda berkeinginan untuk  datang ke pantai-pantai ini, sebaikanya Anda cari tahu dulu pantai mana yang paling sesuai dan ingin Anda kunjungi. Mengapa demikian? Setiap pantai di Pacitan memiliki ikon wisatanya masing-masing. Jadi akan lebih baik jika Anda mengetahui informasinya Daftar Pantai di Pacitan seperti uraian berikut ini.

Ombak Kelas Dunia Ala Pacitan

Bagi Anda pecinta olahraga surfing, Pacitan memiliki Pantai Watu Karung dengan ombak kelas dunianya. Momen terbaik untuk melakukan surfing biasanya ada pada bulan April hingga Oktober.

Tebing Menjulang Laksana Patung Sphinx di Mesir
Jika Anda ingin menikmati Pantai di Pacitan dengan pemandangan tebing-tebing menjulang yang indah dan sensasi pasir putih yang menawan, maka Pantai Klayar dan Srau dapat menjadi piliannya. Tebing di Pantai Klayar bahkan ada yang menyerupai patung Sphinx di Mesir. Di Pantai ini juga, terdapat fenomena alam berupa air mancur alami setinggi 10 meter yang mampu mengeluarkan bunyi-bunyian mirip seruling. Tebing-tebing di Pantai Srau sendiri juga memiliki sensasi yang tidak jauh berbeda seperti pantai-pantai di Bali. Tidak hanya itu, Pantai Srau juga terkenal dengan keasriannya yang masih terjaga.

Pantai dengan Kemudahan untuk Dijangkau

Sebagai pertimbangan kemudahan akomodasi dan jangkauannya, maka Pantai Teleng Ria yang hanya berjarak tiga km dari pusat kota dapat menjadi tujuan Anda. Pantai Teleng Ria sudah lebih dulu dikelola secara resmi sebagai tempat wisata, sehingga berbagai fasilitas di pantai ini terbilang cukup lengkap. Lokasi Pantai di Pacitan ini tidak jauh dari pusat kota membuat pantai ini lebih mudah untuk dijangkau.

Menikmati Suasana Laut dari Jembatan Biru yang Indah

Sebagai ikon wisata yang terkenal indah, Pacitan memiliki Pantai Soge dengan jembatan birunya. Jembatan ini terletak persis di dekat pantai. Dari jembatan yang konstruksinya unik tersebut, Anda dapat menikmati hembusan angin laut yang sejuk dan indahnya suasana Pantai di Pacitan.  Tidak hanya itu, Pantai Soge juga memiliki sebuah “danau kecil”. “Danau kecil” ini terjadi karena fenomena air laut yang tidak sepenuhnya kembali saat laut sedang surut. Air tersebut kemudian dibendung oleh gundukan pasir yang membentang di bagian tengahnya, sehingga terjadilah fenomena “danau kecil” yang unik ini.

Adrenalin Dipacu dengan Flying Fox Terpanjang se-Indonesia

Sudahkah Anda mencoba flying fox terpanjang se-Indonesia? Wahana tersebut tersedia di Pantai Taman, Pacitan. Dari ketinggian 74 meter dan panjang lintasan 415 meter, Anda akan diajak meluncur dengan kecepatan 50 Km/jam dalam jangka waktu 30 detik. Bisa dibayangkan sensasinya!. Berbeda dengan flying fox biasa, di sini Anda dapat berteriak histeris saat meluncur dengan melihat pemandangan laut lepas yang Indah. Pantai Taman yang terletak di Desa Hadiwarno, Ngadirojo, Pacitan ini juga memiliki sebuah penangkaran penyu. Anda pun dapat berwisata sekaligus menambah pengetahuan dengan berkunjung ke penangkaran ini.

Menikmati Air Terjun dan Pantai Sekaligus

Pacitan memiliki air terjun yang tepat berada di bibir pantai. Objek wisata tersebut bernama Pantai Banyu Tibo. Berdasarkan namanya, dalam Bahasa Indonesia Banyu Tibo berarti air yang terjatuh. Nama tersebut sengaja  diambil untuk menggambarkan ikon objek wisata yakni air terjun yang terletak persis di bibir pantai. Air terjun tersebut berasal dari aliran sungai yang jernih dan kemudian terjun ke arah bibir pantai dari sebuah tebing. Pasir putih di Pantai di Pacitan ini juga terkenal indah serta masih terjaga keasriannya. 
Demikian beberapa sensasi wisata yang hanya bisa Anda rasakan di pantai milik Kabupaten Pacitan. Selain objek wisata di atas, Pacitan juga masih memiliki banyak pantai lain yang tidak kalah memukau. Tunggu apa lagi? Yuk segera berlibur ke Pacitan!