Keindahan Pantai Papuma Jember




Saat ini Kabupaten Jember memiliki objek wisata andalan baru yang disebut Papuma. Objek wisata pantai ini memiliki kepanjangan Pantai Pasir Putih Malikan. Pantai Papuma yang masih asri dan terjaga beserta kunikan bebatuan karang di sekitar pantai, menjadi daya tarik utama pantai ini yang menjadikannya sebagai objek wisata alam dengan banyak peminat wisatawan baik domestik maupun mancanegara. 


Panorama Pantai Papuma, Kember. Via: assets.kompas.com

Panorama Pantai Papuma

Dibanding pantai lainnya, Pantai Papuma memiliki pemandangan yang khas dengan keberadaan bebatuan karang di pantai. Terdapat tujuh karang besar di Pantai Papuma yang masing-masing memiliki nama. Antara lain Pulau Kresna, Pulau Batara Guru, Pulau Narada, Pulau Kajang, dan Pulau Nusa Barong. Ada juga pulau yang memiliki bentuk mirip dengan kodok sehingga disebut Pulau Kodok.

Bagi Anda pecinta fotografi, Pantai Papuma dapat menjadi pilihan tepat untuk membuat karya fotografi yang indah. Di tempat ini, Anda dapat memilih berbagai angle menarik untuk diabadikan dalam sebuah gambar. Agar dapat menghasilkan foto yang bagus, Anda dapat menyusuri tepian karang sehingga dari titik ini Anda dapat dengan bebas melihat kanan dan kiri pantai.

Anda tidak perlu kawatir untuk mencari tempat makan di sekitar pantai. Tidak jauh dari kawasan pantai, banyak warung-warung makan yang berdiri dengan beragam hidangan khas yang disajikan. Salah satu hidangan utama ialah aneka olahan seafood yang patut Anda coba. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, Anda dapat mengusir rasa lapar sembari menikmati panorama pantai. Disarankan, sebelum memutuskan membeli Anda tanyakan dulu berapa harga makanan yang dijual. Jika terasa mahal, Anda dapat memilih warung lain yang menawarkan harga lebih terjangkau.

Lokasi

Pantai Papuma berada di Kecamatan Wuluhan dengan jarak sekitar 45 km ke arah selatan Kota Jember. Perjalanan yang dibutuhkan menuju pantai ini sekitar 45 menit. Namun, Anda harus tetap berhati-hati saat memasuki kawasan pantai karena jalanan masih banyak yang rusak. Jika turun hujan jalanan berupa jalan tanah biasaya akan licin.

Sejarah

Karena letaknya yang menjorok ke laut, Pantai Papuma biasa disebut juga sebagai tanjung. Nama Malikan sendiri diberikan oleh Perhutani ketika mulai membuka objek wisata ini.

Sebelum mulai terkenal dengan pariwisata, kota Jember sendiri dulunya berawal dari kota kecil. Kota ini menadi kampung halaman bagi para pegawai perkebunan kopi dan tembakau di daerah sekitar Jember. Jember mulai dikenal karena acara Jember Fashion Karnival. Lambat laun Jember kini menjelma menjadi kota kabupaten yang kian rapi dan tertata. Jalanan di dalam kota Jember kini sangat nyaman untuk dilalui berbagai kendaraan seperti kendaraan tradisional becak. Bentuk becak yang pendek menunjukkan kualitas jalan yang sudah baik seperti halnya yang ada di kota berbasis cagar budaya. Trotoar di jalanan kota juga terlihat bersih dan taman kota juga telah dirapikan.

Jember merupakan kota sebagai salah satu gerbang masuk ke beragam tujuan wisata di Provinsi Jawa Timur. Saat menuju Pantai Papuma, mata Anda akan dimanjakan dengan kawasan hutan yang umumnya ditumbuhi oleh pohon-pohon jati. Tidak cukup sampai disitu, ketika akan memasuki kawasan pantai, hamparan hutan yang dipenuhi pepohonan yang masih sangat asri berupa palem dan pohon serut juga masih dapat Anda temui. Konon, hutan tersebut masih dihuni flora dan fauna tropis.

Ketika memasuki kawasan pantai, Anda akan disuguhi pemandangan berupa pasir putih nan bersih. Tidak jauh dari pantai, Anda akan menemukan banyak perahu nelayan yang sedang bersandar. Disini, Anda dapat membeli langsung ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Anda dapat membeli ikan segar pada pukul 11.00 sampai 13.00. Jika ingin segera menyantapnya, Anda dapat membeli ikan dan kemudian dibakar. Anda dapat membakar ikan dengan mudah dengan cara membawanya ke warung-warung makan di sekitar pantai.

Penginapan di Pantai Papuma

Jika Anda ingin lebih lama menikmati panorama di Pantai Papuma, Anda dapat bermalam di villa yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Untuk harga penginapan cukup bervariasi tergantung fasilitas apa yang tersedia, misalnya TV, AC, Kamar mandi, dan single bed. Tarif sewa villa di Pantai Papuma berkisar antara Rp 300.000-Rp 400.000.