Pantai Losari, Asyiknya Wisata di Jantung Kota Makassar




Siapa yang tidak mengenal Pantai Losari, Makassar. Ikon wisata Kota Makassar ini menjadi tempat favorit bagi warga Makassar untuk rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari. Pantai Losari terletak di bagian barat Kota Makassar, ibukota Provinsi Sulawesi Selatan. Apa yang menarik dari pantai ini? Berikut uraiannya.
 
Pantai Losari, Makassar. Via: www.jayanjayan.com

Pantai Losari terletak di Jalan Penghibur, bagian barat kota Makassar, Sulawesi Selatan. Lokasi Pantai Losari sendiri tepat berada di jantung Kota Makassar sehingga akses menuju tempat ini cukup mudah. Jika Anda dari pelabuhan Sukarno-Hatta Makassar, dengan mobil atau sepeda motor Anda dapat menuju Pantai Losari dalam waktu 15 menit saja. Sedangkan jika Anda dari Bandar Udara Hasanuddin, waktu tempuh yang Anda buuhkan sekitar 45 menit menggunakan sepeda motor atau mobil.

Pantai Losari memang kebanggaan bagi masyarakat Makassar. Kenapa demikian? Lokasinya yang tepat berada di jantung kota, membuat Pantai Losari menjadi tempat berlabuh bagi warga sekitar yang ingin sejenak melepas penat. Suasana di Pantai Losari juga cukup menyenangkan. Pada pagi hari, Anda dapat menyaksikan indahnya matahari terbit di pantai ini. Adapun saat sore hari, romantisme matahari terbenam pun dapat Anda saksikan di tempat yang sama.

Biasanya masyarakat mulai memadati kawasan pantai saat sore hari. Ditemani semilir angin lembut dan alunan ombak yang menghantam tanggul, perubahan gradasi warna langit dari kuning, jingga, merah muda hingga akhirnya padam adalah momen yang sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Tidak hanya menikmati panorama matahari terbit dan terbenam, di Pantai Losari Anda dapat melakukan aktivitas lain yang tidak kalah menyenangkan. Wisata kuliner di Pantai Losari adalah salah satu yang tersohor. Bahkan, dulunya pantai ini digadang-gadang memiliki meja terpanjang di dunia. Meja tersebut tak lain adalah jajaran warung-warung yang menjajakan aneka kuliner di sekitar pantai. Karena begitu banyak pedagang yang berjualan di Pantai Losari, jika dilihat dari jauh pemandangan tersebut menyerupai meja yang sangat panjang. Saat ini, demi menjaga ketertiban dan keindahan pantai, pusat kuliner telah dipindahkan ke kawasan depan rumah jabatan Walikota Makassar. Meski demikian, pusat kuliner ini tetap berada di pinggir pantai dan menjadi tujuan wisata banyak orang.

Mengunjugi pusat kuliner Pantai Losari, akan menjadi kesempatan bagi Anda untuk mencoba berbagai kuliner khas Makassar. Di tempat ini Anda dapat mencoba berbagai menu makanan seperti pisang ijo, sop konro, coto Makassar, pisang epek, pallu butung dan masih banyak yang lainnya. Jika ingin menikmati sajian makanan dengan sensasi yang berbeda, Anda dapat mengunjungi sebuah restoran unik yang terletak di bagian selatan anjungan Pantai Losari. Keunikan restoran tersebut ialah karena berada di atas kapal Phinisi yakni kapal tradisional masyarakat Bugis. Di restoran ini Anda dapat menyantap hidangan sambil merasakan sensasi terapung di atas air dalam kapal tradisional. Menu yang di tawarkan restoran ini pun beragam dengan menu favorit berupa seafood. Anda tidak perlu khawatir karena berbagai menu dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Untuk hidangan seperti cumi-cumi, lobster dan ikan pari, dijual dengan harga sekitar Rp 7.500 sampai Rp 25.000/porsi.

Pemerintah kota Makassar memang mengelola Pantai Losari dengan sangat baik. Karena berbagai kelebihan yang dimiliki, Pantai Losari menjadi tujuan wisata bagi seluruh kalangan dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Bagi Anda yang tidak bisa lepas dari dunia maya, Pantai Losari juga menyediakan hot spot yang dapat diakses secara gratis.

Objek wisata ini menjadi kian sempurna dengan keberadaan beragam alat transportasi lengkap mulai dari bus, taksi hingga becak. Anda juga dapat berkeliling menikmati suasana Kota Makassar dengan menyewa becak. Jika ingin menginap, di sekitar Pantai Losari sudah berdiri banyak penginapan mulai dari wisma hingga hotel berbintang. Selain itu berbagai fasilitas seperti rumah sakit, restoran, kafe hingga warung kopi juga ada di dekat pantai dengan posisi bangunan yang menghadap ke laut lepas. Apabila akan beranjak meninggalkan Kota Makassar, ada baiknya Anda  mengunjungi pusat perbelanjaan yang menjual aneka kerajinan emas dan souvenir Khas Kota Makassar. Pusat perbelanjaan ini tidak jauh dari Pantai Losari yakni tepatnya berada di Jl. Somba Opu.