Gua Cerme, Si Penyimpan Keindahan Jogjakarta



Siapa yang tak mengenal kota Jogjakarta, sebuah kota yang terletak di Jawa bagian tengah dengan sejuta pesona yang tak mungkin akan terlupakan bila anda mengunjunginya. Jogjakarta memang sebuah kota yang sangat terkenal dengan surga alamnya, disana kita bisa berkunjung ke sebuah pantai yang indah, bukit hingga gunung dan gua. Salah satu gua yang paling terkenal yang ada di Jogjakarta adalah gua cerme. Gua ini terletak di sebelah selatan kota Jogjakarta. Gua cerme banyak di datangi oleh para wisatawan baik lokal maupun internasional. Gua ini memiliki panjang sekitar 1,5 meter, dimana mulut gua tersebut terletak di daerah Selopamiora, Imogiri, Bantul sedangkan ekor gua atau mulut goa berikutnya terletak di daerah Panggang, Gunung kidul.

 
Gua Cerme, Jogjakarta

Gua cerme berbeda dengan gua yang lainya, jika kebanyakan sebuah gua hanya menyimpan stalagmit dan stalagtit di dalamnya, berbeda dengan gua cerme ini yang juga menyimpan sebuah sungai yang sangat indah di dalam gua. Sehingga bila anda mengunjungi gua ini, anda tak hanya melihat berbagai bentuk stalagmit dan stalagtit yang indah, namun anda juga akan melihat sebuah sungai yang memiliki aliran yang deras. Di dalam gua ini juga terdapat sebuah batu yang menyerupai sebuah batu kristal yang sangat indah. Anda hanya bisa melihatnya bila anda membawa pencahayaan seperti lampu senter.

Didalam gua cerme ini terdapat sebuah tangga yang panjangnya 759 meter, gua ini memang memiliki banyak sekali mitos, seperti salah satunya sebagai tempat bersemedi para walisongo pada jaman dahulu, sehingga bila memasuki gua ini, terdapat beberapa pantangan yag tak boleh di langgar, pada malam-malam tertentu gua ini juga masih banyak di datangi oleh beberapa ulama untuk melakukan persemedian atau bertapa.

Jalanan menuju gua ini sangat gelap dan basah jadi anda di sarankan untuk memakai sepatu boot dan memakai celana yang cepat kering, jangan lupa juga untuk membawa drybag bagi kamera anda, karena air yang turun dari stalagmit akan membasahi bawaan anda termasuk kamera. Bila memasuki gua ini, usahakan untuk menyewa tour guide yaitu biasanya warga sekitar dengan biaya RP 40.000, tour guide tersebut akan memandu jalan anda melewati lorong gua tersebut.

Bila anda berkendara dengan roda dua untuk mencapai gua ini, maka anda akan mebutuhkan waktu kurang lebih sebanyak 2 jam, anda pun bisa beristirahat terlebih dahulu, karena di dekat gua ini juga terdapat beberapa warung yang menjual makanan untuk para wisatawan. Bagi anda yang merasa takut untuk menyelusuri gua hingga ujungnya yaitu di daerah Gunung Kidul, maka anda cukup menikmati aliran sungai yang ada di dalam gua tersebut.

Tak hanya gua cerme, di dekat gua ini juga terdapat gua-gua yang lainya dan beberapa tempat wisata lain, sehingga bila anda telah selesai menyelusuri gua cermai, anda bisa mencoba wisata alam lainya. Gua-gua lainya yaitu seperti gua dalang, gua ledek, gua badut dan gua kaum. Gua-gua tersebut juga memiliki mitosnya masing-masing. Namun anda tak perlu khawatir jika memang niat anda baik, hanya untuk menikmati wisata nya dan tidak berniat untuk merusak.

Beberapa tips ketika anda hendak menyelusuri gua cerme, maka pastikan anda membawa bekal makanan ataupun mengisi perut anda terlebih dahulu karena perjalanan dari ujung hingga ujung lagi sangatlah jauh. Yang paling penting adalah jangan lupa untuk membawa air minum karena pasti anda akan merasa lelah dan sangat haus.

Tunggu apalagi jangan sampai tertinggal mengunjungi gua cerme apabila anda berkunjung ke kota Jogjakarta, semagat berwisata sahabat Traveller!