Pantai Pelang, Primadona Wisata Baru di Kabupaten Trenggalek




Pantai Pelang kini menjadi semakin banyak dikenal. Jika dulu yang menjadi destinasi wisata andalan hanya kawasan sekitar Teluk Prigi, maka kini wilayah sekitar Pantai Pelang juga menjadi incaran banyak wisatawan. Lokasi Pantai Pelang juga cukup strategis karena dekat dengan objek wisata lainnya seperti Penangkaran Penyu Kili-Kili dan Pantai Konang.


Indahnya panorama Pantai Pelang, Trenggalek. Via: www.beritatrenggalek.com


Lokasi

Secara administratif, Pantai Pelang masuk dalam wilayah Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur.

Panorama Pantai Pelang

Dengan luas sekitar 10 Ha dan garis pantai yang terbentang sepanjang 2 Km, Pantai Pelang memiliki panorama yang eksotis. Meskipun Anda dilarang berenang di pantai ini, Anda tetap bisa menikmati liburan dengan bermain air di tepi pantai, berkemah, atau sekedar berjalan kaki menyusuri bibir pantai dan menikmati lembutnya pasir Pantai Pelang. Tidak hanya itu, bagi Anda yang hobi fotografi juga dapat menyalurkan hobi Anda dengan mengabadikan momen di pantai ini.

Pantai Pelang memiliki view yang cukup luas. Jika menghadap ke arah timur, Pulau Godo dan hamparan Pantai Konang akan dapat Anda lihat. Sedangkan jika menghadap ke arah barat, Anda akan melihat tebing raksasa yang berdiri dengan gagahnya. Tidak jauh dari bibir pantai, ada sebuah pulau yang keberadaannya menyempurnakan keindahan Pantai Pelang.

Selain pemandangan pantai yang tersaji dengan indah, Pantai Pelang memilki ikon wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. Di dekat Pantai Pelang, Anda dapat menemukan air terjun dan juga goa. Air terjun ini bernama Air Terjun Grobogan Sewu. Jika ingin mengunjunginya, Anda harus berjalan sekitar 300 M dari tepi pantai. Dengan ketinggian 25 M, Air Terjun Grobogan Sewu mengalir dari sela-sela bebatuan karang. Kesegaran Air Terjun Grobogan Sewu, membuat banyak pengunjung ramai datang untuk mandi dan bermain air di sini.

Lain halnya dengan Air Terjun Gerobogan Sewu yang dipadati pengunjung, Goa Pelang sampai saat ini masih sepi pengunjung karena minimnya fasilitas yang ada seperti lampu penerangan untuk menyusuri goa.

Fasilitas

Pantai Pelang memiliki fasilitas umum yang terbilang cukup lengkap. Anda dapat menemukan bumi perkemahan, lahan parkir, area bermain anak-anak, mushola, warung makan dan toilet di pantai ini.

Akses

Dari pusat Kota Trenggalek, Pantai Pelang berjarak sekitar 56 Km. Sedangkan dari Kota Blitar, Pantai Pelang berjarak sekitar 118 Km. Untuk menuju pantai ini dari Kota Blitar Anda dapat langsung menuju Kota Trenggalek. Jika sudah bertemu pertigaan TMP Trenggalek, beloklah ke kiri menuju jalur Panggul atau Pacitan.

Medan jalan yang akan Anda hadapi nantinya cukup menantang. Jalanan banyak yang menanjak dan berkelok-kelok. Anda wajib berhati-hati karena kanan dan kiri jalan merupakan jurang yang cukup dalam.  Kondisi medan yang seperti ini akan Anda temui hingga di kecamatan Dongko. Selanjutnya jalanan akan melandai jika Anda sudah memasuki Kecamatan Panggul.

Jika Anda sudah tiba di SPBU Ngrecak perjalanan dapat dilanjutkan dengan mengikuti penunjuk jalan yang mengarah ke Pantai Pelang. Anda tinggal mengikuti penujuk jalan untuk sampai ke pintu masuk Pantai Pelang. Bibir Pantai sendiri berjarak sekitar 400 M dari loket masuk pantai.

Harga Tiket Masuk 2016

Saat tiba di loket masuk, Anda akan dikenai biaya masuk 2016 sebesar Rp 8.000/orang untuk mengunjung dewasa dan Rp 7.000/orang untuk pengunjung anak-anak. Dengan membayar tiket masuk, Anda sudah dapat menikmati berbagai fasilitas pantai seperti jembatan wisata, parkir kendaraan, kamar ganti, toilet, gazebo dan sebagainya.