Pesona 10 Tempat Wisata di Aceh

Sumatera adalah sebuah pulau di Indonesia yang dinobatkan sebagai pulau terluas ke-6 di dunia. Dahulunya pulau ini terkenal dengan nama pulau percha atau pulau andalas yang berarti pulau emas, pulau ini disebut pulau emas karena pulau ini mengandung banyak sekali tambang emas. Berdasarkan pembentukanya, pulau sumatera di bagi menjadi sepuluh provinsi dan salah satu provinsi yang paling terkenal di pulau sumatera adalah provinsi aceh. Aceh merupakan sebuah provinsi yang terletak di paling ujung pulau sumatera. Ibu kota nya bernama Banda Aceh.
Masjid Raya Baiturrahman, Icon Provinsi Aceh
Provinsi ini merupakan provinsi dimana dimulainya penyebaran islam di indonesia. banyak pedagang dari arab yang menyebarkan islam disana melalui perdagangan yaitu perdagangan rempah-rempah dan penambangan gas alam. Sumberdaya alam di aceh pun sangat melimpah, mulai dari rempah-rempah , minyak bumi hingga gas alam. Aceh juga terkenal akan hutan nya yang terletak di sepanjang bukit barisan  dari aceh tenggara hingga aceh jaya. Dengan melimpahnya sumber daya alam disana, tak heran jika mata pencaharian utama penduduk aceh adalah berkebun dan menambang gas alam.


Aceh menjadi provinsi yang paling banyak ingin di kunjungi oleh para wisatawan lokal maupun internasional. Karena tak hanya dari segi budaya dan adat istiadat yang masih begitu kental dan unik hingga menarik para pengunjung, aceh juga terkenal akan tempat wisata nya yang begitu indah untuk di kunjungi baik tempat wisata yang berbentuk bangunan maupun tempat wisata yang berasal dari alam nya. Contoh tempat wisata yang paling sering di kunjungi adalah masjid raya Baiturrahman. Masjid ini telah menjadi salah satu ikon aceh, masjid ini di bangun sejak tahun 1612 pada masa pemerintahan sultan iskandar muda. Masjid ini akan mengingatkan para pengunjung dengan sebuah bangunan yang terletak di India yaitu tajmahal. Tak hanya berkubah hitam besar, masjid ini juga memiliki sebuah kolam besar dan sebuah pancuran air di bagian depan, sehingga memberikan kesan megah dan mewah. Masjid ini menjadi tempat wisata religi bagi para umat muslim di indonesia, mereka berbondong bondong untuk berwisata ke aceh dan mengunjungi masjid ini semata mata hanya untuk melihat kemegahan dan sejarah masjid ini di bangun.

Para pengunjung yang berkunjung ke masjid baiturrahman pun tak perlu khawatir akan buah tangan bila berkunjung ke masjid nan cantik ini, karena di belakang masjid ini terdapat sebuah pasar yang menyediakan berbagai jenis oleh-oleh makanan khas Aceh dan souvenir-souvenir khas provinsi tersebut. Sehingga, setelah anda puas berkeliling, anda langsung bisa mencicipi wisata kuliner di belakang masjid tersebut sembari memilih buah tangan untuk di bawa pulang.

Keindahan wisata aceh tak hanya berupa bangunan yang begitu indah dan megah, dari segi potensi alam nya pun aceh juga sangat di minati oleh para wisatawan. Dari mulai pantai yang sangat elok hingga air terjun yang akan membuat anda para pengunjung berdecak kagum akan keindahanya. Salah satu pantai yang paling banyak di minati oleh para wisatawan jika berkunjung di aceh adalah pantai lampuuk. Pantai lampuuk merupakan sebuah pantai nan elok  yang ada di aceh, banyak wisatawan yang menyebutkan bahwa pantai ini lebih indah daripada pantai kuta, bali.  Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 5 km dari arah selatan ke utara. Kebersihan pantai lampuuk ini sangat terjaga,  disekitar pantai terdapat pasir putih yang lembut yang terbentang bak permadani  dan tebing yang begitu menjulang di sekitar nya.  Tak hanya itu saja, bagi anda para pengunjung pantai lampuuk, anda juga bisa menyaksikan pelestarian penyu di pantai ini bahkan anda pun juga bisa ikut melepas penyu-penyu itu ke dalam pantai, Sehingga anda pun tak hanya berlibur tetapi juga ikut melestarikan keindahan alam di pantai tersebut. disekitar pantai, tersedia cottage atau penginapan bagi para pengunjung yang ingin menginap di pantai tersebut. Bagi para pecinta kuliner pun tak perlu khawatir, karna di dekat pantai lapuuk tersedia banyak sekali warung makan dengan sajian seafood yang akan memanjakan lidah anda. Mengenai tiket masuk, harga nya sangat terjangkau sekali yaitu sekitar RP.3000/orang. Jadi tak ada yang perlu di khawatirkan lagi kan jika anda ingin berkunjung ke pantai indah satu ini?

Wisata alam yang menarik lainya yaitu Air terjun Kuta Malaka. Air terjun ini terletak di aceh besar, kecamatan samahi kabupaten Aceh besar. Air terjun ini memiliki ketinggian 600 m dpl dan memiliki bentuk yang bertingkat tingkat. Air terjun ini memiliki sekitar 7  tingkatan bahkan ada juga yang berpendapat bahwa air terjun ini memiliki 20 tingkatan. Terbayang bagaimana indah nya air terjun kuta malaka ini. Bagi para wisatawan, mereka harus menempuh jarak sejauh 30 km dari pusat kota Banda aceh untuk sampai ke tempat tujuan. Namun, itu semua akan terbayarkan jika anda telah sampai ke tempat wisata tersebut.

Untuk lebih detail beberapa tempat wisata di Provinsi Aceh, anda bisa menyimak ulasan beberapa daftar wisata di aceh yang telah kami rangkum. Berikut ini 10 tempat wisata di Aceh yang bisa anda kunjungi :

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman
Masji Raya Baiturrahman telah berdiri sejak tahun 1612, masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar muda ini kini menjadi ikon Aceh. Masjid ini memiliki bangunan yang megah, dengan bangunan utamanya berwarna putih dan kubah hitam besar yang disekitarnya terdapat menara sebanyak tujuh buah. Di area depan masjid terdapat kolam dan pancuran air seperti yang terlihat di Taj Mahal India. Masjid Raya Baiturrahman telah menjadi tempat wisata religi yang sering dikunjungi karena keindahannya. Masjid ini masuk ke dalam daftar 100 masjid terindah di dunia versi situs Huffington Post dan menjadi salah satu dari 10 masjid terindah di dunia versi Yahoo!. Hal tersebut menjadi tambahan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman.

Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam berada di Aceh Utara, sekitar 30 menit perjalanan dari Lhokseumawe. Air Terjun Blang Kolam sangat sayang untuk anda lewatkan apalagi jika anda sangat menyukai wisata alam.  Di tempat ini terdapat dua air terjun atau sering disebut air terjun kembar dengan pepohonan hijau disekitarnya. Air Terjun Blang Kolam memiliki tinggi 75 meter, banyak pengunjung air terjun menikmatinya dengan bermain air, berenang di kolam tampung, atau hanya sekedar mendengarkan suara jatuhnya air di pinggir. Jika anda mengingikan kenangan berbeda di tempat ini, anda bisa membawa tenda dan berkemah dengan membayar 5.000/orang. Untuk memasuki kawasan Air Terjun Blang Kolam hanya untuk berkunjung anda hanya perlu mengeluarkan uang 2.500/orang.

Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom
Sama seperti namanya Air Terjun Suhom berada di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Aceh Barat. Untuk sampai ke temapat ini anda harus melalui jalanan yang naik turun karena termasuk kawasan pegunungan, dalam perjalanan anda bisa melihat pegunungan Paro dan Kulu. Karena berada di sekitar kawasan pegunungan, akan ada banyak sekali monyet yang akan menemani pemandangan anda saat perjalanan menuju Air Terjun Suhom. Air Terjun Suhom memiliki tiga tingkat dengan ketinggian sekitar 50 meter, akan tetapi anda tidak boleh naik ke tingkat dua dan tingkat tiga karena alasan keselamatan. Karena tidak bisa naik ke tingkat dua dan tingkat tiga bukan berarti anda akan kehilangan keindahan Air Terjun Suhom, anda masih bisa berenang di telaga sedalam dua meter atau bersantai menikmati pemandangan di gazebo yang disediakan di sekitar area Air Terjun.

Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk
Tidak hanya Pulau Bali saja yang memiliki pantai yang indah, Aceh pun memiliki pantai yang sama indahnya dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Pantai tersebut bernama Pantai Lampuuk, pantai ini disebut-sebut sebagai Pantai Kuta nya Aceh. Terdapat garis pantai sepanjang 5 KM dari selatan ke utara, pantai ini memiliki pasir yang putih dan juga tebing karang di ujung pantai. Seperti jika anda mengunungi Pantai Kuta Bali, di sini anda juga bisa berjemur, berselancar, berenang, dan bermain banana boat. Di Pantai Lampuuk anda juga bisa melihat bagaimana penyu dilestarikan untuk menjaganya dari kepunahan. Jika anda ingin menghabiskan malam anda di pantai ini anda juga bisa menginap di cottage yang ada di kawasan pantai.

Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga
Terdapat satu lagi pantai indah yang ada di Aceh yaitu Pantai Lhoknga, pantai ini berlokasi tidak jauh dari Pantai Lampuuk. Jarak Pantai Lhoknga dari Bandar Lampung kurang lebih 20 KM, di pantai ini anda bisa menikmati keindahan pantai di bawah pohon rindang dengan udara yang sejuk atau bermain voli dengan keluarga. Pantai Lhoknga memiliki ombak dengan ketinggian 1,5 sampai 2 meter jika anda ingin mencoba berselancar di pantai ini. Yang paling indah dari Pantai Lhoknga adalah sunset atau matahari tenggelamnya, jika anda mengunjungi Pantai Lhoknga di sore hari akan lebih banyak wisatawan yang datang untuk menikmati sunset bersama kekasih atau teman.

Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue
Pantai Ulee Lheue berada di Kecamatan Meuraxa, berjarak sekitar 3 KM dari Banda Aceh. Dari pantai ini anda bisa melihat pemandangan indah dari pegunungan yang berada di seberang pantai. Mayoritas wisatawan yang datang ke Pantai Ulee Lheue adalah untuk memuaskan hobinya dalam memancing, di sekitar pantai banyak pedagang yang menjajakan berbagai macam alat pancing jika mungkin wisatawan lupa membawa alat pancing milik mereka. Selain memancing anda juga bisa menikmati keindahan lautnya dengan berlayar, di sana terdapat perahu yang bisa anda sewa. Di sekitar Pantai Ulee Lheue juga banyak pedagang jagung bakar yang siap untuk anda pesan sebagai teman bersantai di tepian pantai ini.

Pulau Rubiah



Pulau Rubiah berada di ujung Indonesia, tepatnya di barat laut pulau Weh, Sabang. Rubiah merupakan nama yang tertulis di nisan yang ada di pulau, kemudian Rubiah dijadikan nama Pulau   tersebut. Yang sangat terkenal dari Pulau Rubiah adalah wisata alam bawah lautnya, banyak keindahan laut yang disajikan dengan menakjubkan di Pulau Rubiah. Ada 14 biota laut dari 15 biota yang dilindungi Indonesia terdapat di sini. Untuk menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang berenang, anda harus menyiapkan peralatan menyelam, tapi jangan khawatir jika anda tidak memiliki alat menyelam, di Pulau Rubiah terdapat penyewaan alat selam. Dipastikan anda akan dapat menikmati berenang bersama ikan sembari melihat keindahan karang laut di pulau ini.

Kuala Merisi


Jika anda menyukai ketenangan dengan keindahan laut dan sejuknya udara, Kuala Merisi cocok untuk anda kunjungi. Kuala Merisi berlokasi di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee. Kuala Merisi memiliki garis pantai panjang, ombak yang dimiliki kuala ini tidak terlalu besar sehingga jika anda ingin bermain-main air dipinggir Kuala Merisi ini relatif cukup aman. Anda juga bisa menikmati pantai dengan menggelar tikar dan duduk-duduk santai sambil berjemur. Ombak di Kuala Merisi juga cocok untuk anda yang menyukai selancar dan ingin mencoba berselancar di tempat ini. Di pantai ini juga terdapat kamar mandi dan juga warung makan, dijamin anda tidak akan kelaparan di sini.

Museum Tsunami

Museum Tsunami
Kita tidak akan pernah lupa dengan bencana nasional yang terjadi tanggal 26 Desember 2004 silam. Bencana Tsunami di Aceh tahun 2004 memang menyisakan duka yang mendalam bagi Indonesia, khususnya bagi masyarakat Aceh. Untuk mengenang tragedi tersebut pada tahun 2009 didirikanlah Museum Tsunami yang berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda. Jika anda memasuki museum tersebut maka akan terlihat lorong panjang dengan gemuruh suara ombak dan juga air yang dapat membuat anda teringat pada kejadian memilukan 11 tahun silam itu. Museum ini dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan sisa-sisa peristiwa Tsunami Aceh tersebut. Terdapat banyak benda milik korban tsunami yang ada di museum ini, salah satunya adalah sepeda, terdapat  juga foto korban tewas. Museum Tsunami juga memiliki cerita kesaksian korban yang masih hidup dan alat simulasi gempa bumi.

Pantan Terong

Pantan Terong
Pantan Terong merupakan sebuah bukit tinggi yang berada di ketinggian 1830 dari permukaan air laut. Jika anda berada di puncak bukit ini anda bisa melihat keindahan Aceh Tengah, mulai dari bangunan-bangunan tingginya, sungai-sungai dan juga hijaunya pepohonan. Karena bukit ini berada di ketinggian, jadi udara di sini sangat dingin. Anda harus memakai jaket atau baju hangat jika ingin berkunjung ke Pantan Terong agar tidak kedinginan. Selain keindahan alami, anda juga bisa melihat Danau Laut Tawar yang berbentuk seperti kuali besar. Matahari terbit dan matahari tenggelam di tempat ini juga sangat indah, tak kalah dengan jika anda melihatnya dari puncak gunung.

Selamat Berlibur ke Aceh!