Lombok, Destinasi Wisata Syariah Indonesia.

Pulau Lombok merupakan sebuah pulau yang terletak di kepulauan sunda kecil atau Nusa Tenggara yang di pisahkan oleh selat Lombok dari Bali. Pulau ini telah dinobatkan menjadi pulau terluas ke 108 di dunia. Kota utama di pulau ini adalah kota Maritim. Banyak yang menyebut bahwa Lombok merupakan saudara kembar dari Bali. Hal itu disebabkan karena Lombok dan Bali memiliki banyak kesamaan salah satu contohnya dalam hal wisata. 
Suasana Pantai Gili Trawangan, Lombok

Saat ini Lombok telah menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak ingin dikunjungi oleh wisatawan baik dari Indonesia ataupun dari mancanegara. Tak hanya bukit dan pegunungan, Lombok juga terkenal akan keindahan wisata bahari nya yang begitu menakjubkan. Namun, sejak terpilihnya Lombok menjadi salah satu daerah wisata syariah, dari 9 daerah lainya seperti Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Makassar. Lombok memberikan pengalaman berwisata yang berbeda dari biasanya. Apabila biasanya kita berwisata yang jauh dari suasana islami, saat ini setelah berkembang wisata syariah, Lombok mulai menyajikan berwisata dengan nuansa islami. Kegiatan berlibur seperti ini pun tidak jauh dari peran pemerintah seperti perbankan syariah yang ikut memberikan kontribusi untuk membiayai sektor pariwisata yang sedang berkembang ini.
Wilayah Gili Trawangan

Wisata syariah yang saat ini sedang booming di Indonesia, tidak terbatas hanya dengan kegiatan umrah. Tetapi juga kegiatan wisata alam lainya namun tidak menghilangkan prinsip islami. Seperti contohnya pantai yang tidak memperbolehkan laki-laki dan perempuan untuk mandi atau berenang bersama-sama. Tak hanya itu saja, standarisasi usaha syariah pun juga mulai di terapkan seperti hotel yang tidak menyediakan minuman keras, kolam renang yang terpisah dan layanan spa yang khusus untuk muslimah. Kegiatan berwisata seperti ini mulai menjadi tren yang sedang naik daun di Indonesia.

Awal mula di bentuknya wisata syariah di indonesia yaitu karna kementrian pariwisata daerah ingin memberikan sensasi berwisata yang berbeda dari biasanya namun tetap memiliki nilai lebih bagi para pengunjung nya. Sehingga tercetuslah wisata syariah ini. Selain itu, pemerintah pun juga mempertimbangkan bahwa mayoritas penduduk Indonesia beragama islam dan tentunya mereka juga membutuhkan kegiatan-kegiatan yang berdampak positif bagi mereka tak terkecuali dalam hal berlibur.

Sembilan wilayah wisata syariah termasuk lombok di tentukan berdasarkan kesiapan sumber daya manusia, produk wisata daerah, budaya masyarakat serta akomodasi wisata nya. wisata syariah bukanlah wisata yang khusus untuk wisatawan muslim, tetapi juga untuk wisatawan non-muslim. Selain itu, wisata syariah juga bukan hanya mmengunjungi tempat-tempat ziarah atau religi, melainkan mencakup seluruh aspek wisata yang ada di tempat tersebut.

Di Lombok sendiri, salah satu cara pemerintah daerah untuk merealisasikan konsep wisata syariah, langkah utama yang mereka ambil adalah mendorong hotel-hotel yang ada disana untuk menerapkan konsep syariah. Seperti menyediakan ruang ibadah pada setiap kamar, juga menyediakan minimal 1 al-quran per kamar. Tak hanya dari fasilitas, pemerintah pun mendorong hotel-hotel hanya menyediakan makanan halal bagi para pengunjung nya. dengan begitu, sedikit demi sedikit konsep syariah dapat tertanam.

Selain menerapkan konsep syariah dalam perhotelan, Lombok juga mulai menerapkan konsep syariah dalam penataan hiburan. Seperti penataan tempat karaoke dan Bar yang ada di Lombok. Pemerintah memberikan waktu kapan mereka buka dan tutup sehingga tidak mengganggu ketenangan para wisatawan yang menginap di dekat hotel untuk beristirahat dan beribadah.

Pemerintah daerah yang ada di Lombok juga berusaha memboomingkan wisata daerah yang ada di pulau mereka ini lewat karnaval ataupun parade budaya. Yaitu dengan cara menggelar aneka ragam atraksi budaya dan hiburan semenarik mungkin dan meninggalkan kesan vulgar ataupun terbuka. Dengan cara seperti ini, pemerintah berharap para wisatawan akan merasakan sensasi yang berbeda ketika berlibur di pulau yang terkenal dengan sebutan seribu masjid ini.

Salah satu alasan terbesar Lombok untuk menjadi tujuan utama wisata syariah adalah karena Lombok ingin membangun identitas tempat berlibur yang berbeda dari yang lainya. Jika Bali terkenal akan wisata alam nya yang indah dan budaya nya yang begitu kental, Lombok pun juga ingin mengenalkan wisata alam dan budaya nya melalui jalur syariah dan tetap mengedapkan prinsip-prinsip islami. Dengan alasan tersebut, tak heran jika saat ini Lombok mulai terkenal dengan wisata syariah nya di dunia internasional dan menjadi salah satu destinasi wisata syariah utama di indonesia.