10 Daftar Daerah Destinasi Wisata di Malaysia




Malaysia merupakan salah satu negara anggota Asean. Di negara ini terdapat berbagai daerah yang menyediakan destinasi wisata. Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata di Malaysia, sebaiknya berkunjung di beberapa daerah berikut ini; 



Kota Bharu
Kota Bharu, Malaysia

Kota Bharu merupakan tempat wisata negara Malaysia yang menjadi tempat istirahat bagi wisatawan. Kota Bharu berada di Semenanjung Malaysia tidak jauh dari perbatasan Thailand. Di kota ini anda dapat menikmati berbagai atraksi, kuliner, dan pusat perbelanjaan. Di kota Bharu terdapat sebuah museum yang dikenal dengan nama Museum Royal. Di Museum Royal terdapat berbagai koleksi benda bersejarah dan memiliki nilai budaya tinggi peninggalan dari kerajaan Kelantan. Koleksi-koleksi yang terdapat di Museum Royal diantaranya adalah foto dan artefak keluarga kerajaan. Untuk anda yang hobi berbelanja anda wajib datang ke Central Market yang merupakan pasar terbesar di Kota Bharu. Jika anda ingin menikmati keindahan alam, anda juga bisa datang ke Pantai Cahaya Bulan dan Taman Negeri Gunung Stong. 

Melaka
Salah satu Destinasi di Malaka

Melaka merupakan tempat wisata negara Malaysia yang berada di pesisir barat daya Malaysia. Tempat wisata ini memiliki arsitektur dan nilai budaya yang baik karena merupakan warisan budaya yang berharga. Melaka merupakan tempat campuran bermacam budaya yang terdiri dari beberapa Kabupaten yang masing-masing memiliki fitur atraksi yang tidak sama. Terdapat bangunan peninggalan Portugis di kawasan Malaka yaitu villa menawan, gereja bersejarah, dan sisia-sisa benteng yang sudah tua. Terdapt juga Candi Cheng Hoon Teng dan salah satu kuburan terbesar Cina yang berlokasi di luar negara Cina. Selain Cina dan Portugis, Belanda juga memiliki berupa bangunan dengan arsitektur Berlanda yang berada di sisi timur.

Kuching
Icon Kota Kuching, Malaysia

Kuching merupakan kota terbesar yang ada di Borneo. Di Kuching terkenal dengan hutan hujan tropis, di hutan tersebut anda bisa melakukan tracking dan juga berwisata di alam terbuka. Kuching dianggap sebagai kota paling bersih se Malaysia. Kota ini menampilkan tatanan yang unik meliputi gedung pencakar langit dan arsitektur modern yang dikelilingi oleh hutan-hutan. Kota Kuching berada di tepi Sungai Serawak, di kota ini terdapat tempat-tempat bersejarah yang bisa anda kunjungi seperti Benteng Margherita dan Istana Astana. Anda tidak perlu takut akan kelaparan jika berkunjung ke kota ini, karena di sepanjang tepi laut anda bisa menikmati kuliner khas Malaysia. Selain itu anda juga bisa melihat musikal air mancur, menara observasi, dan juga teater terbuka.

Kota Kinabalu
Salah satu Pantai di Kota Kinabalu

Kota Kinabalu merupakan ibukota dari negara Sabah yang berada di Borneo Malaysia. Kota ini tidak jauh dari pulau tropis, hutan hujan, tempat perlindungan satwa liar, taman nasional, dan puncak tertinggi yang ada di Malaysia yaitu Gunung Kinabalu. Pusat kota Kinabalu memiliki kawasan yang tidak terlalu besar dengan beberapa landmark dan observatorium yang memiliki pemandangan indah. Kegiatan yang sering dilakukan jika berkunjung ke kota ini adalah berkemah, trekking, mendaki, atau arung jeram di Taman Nasional Kinabalu. Tidak jauh dari pusat kota anda akan melihat Taman Tunku Abdul Rahman yang memiliki lima pulau kecil yang cocok untuk anda yang hobi menyelam dan snorkeling.

Cameron Highlands
Cameron Highland
Cameron Highland merupakan tempat wisata negara Malaysia yang paling tua yang terletak di Pegunungan Titiwangsa. Tempat wisata ini memiliki konsep taman inggris dengan pemandangan yang menakjubkan, terdapat perkebunana berwarna-warni, perkebunan teh, hutan, danau, habitat satwa liar, dan fasilitas rekreasi di outdoor. Akses menuju dataran tinggi ini terbilang mudah, jika anda ingin datang ke tempat ini anda bisa naik bus, mobil, mini van, maupun taksi. Selain pemandangan alamnya, Cameron Highlands juga memiliki tempat besejarah yang menampilkan perkembangan masyarakat Cameron, tempat tersebut dikenal dengan nama Time Tunnel Gallery. Tempat wisata yang menjadi favorit pengunjung Cameron Highlands adalah Gunung Brinchang dan Tanah Rata.

Taman Negara
Taman Negara, Malaysia

Taman Negara merupakan tempat wisata di negara Malaysia yang terkenal akan hutan hujan tropisnya yang menjadi tertua di dunia. Di tempat ini anda bisa melakukan petualangan alam liar sembari menikmati pemandangan ekosistem tanaman langka, burung-burung, dan juga hewan langka. Kegiatan alam liar yang biasa dilakukan di tempat ini adalah hiking, memancing, menjelajah gua, serta 4WD safari. Yang tak boleh anda lewatkan jika berkunjung ke Taman Negara adalah datang ke Canopy Walk, yang merupakan jembatan gantung panjang  yang terletak di atas puncak pohon. Jika anda berjalan di atas jembatan ini anda bisa sembari menikmati pemandang yang eksotis dari kawanan burung yang terbang bebas di sekitar anda.

Kota Penang
Salah satu Destinasi di Penang
Penang merupakan sebuah pulau yang menjadi salah satu tujuan wisata paling populer karena keragaman sejarah yang ada di George Town. Pulau yang terletak di sepanjang jalur pelayaran dunia ini memiliki bermacam budaya, arsitektur, dan juga kuliner. Lokasi yang patut untuk anda kunjungi jika datang ke Pulau Penang diantaranya adalah Botanic Gardens, Bird Sanctunary, Taman Kupu-Kupu, Supreme Bliss, dan Pantai Ferringhi yang memiliki pemandangan dan pasir putih yang lembut. Kurang rasanya jika anda datang ke Penang tapi tidak mencoba untuk menyusuri keunikan George Town menggunakan becak. Jika anda merasa kelaparan, di tempat ini banyak sekali restoran, pasar, ataupun bar yang siap untuk anda kunjungi. 

Kuala Lumpur
Kuala Lumpur, Malaysia
Kuala Lumpur merupakan ibukota negara Malaysia yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang wajib untuk anda kunjungi. Salah satu tempat yang harus anda datangi jika berkunjung ke Malaysia adalah Stasiun Kereta Api Kuala Lumpur, stasiun ini memilik desain yang unik yaitu percampuran dari arsitektur barat dan timur. Di Stasiun Kereta Api Kuala Lumpur anda bisa merasakan naik kereta api dengan fasilitas seperti di drama-drama Jepang. Tempat lain yang bisa anda kunjungi jika datang ke Malaysia adalah Kuil Then Hou, pusat belanja Berjaya Times Square, Islamic Art Museum Malaysia, manara KL, Taman Burung, Merdeka Square, Batu Caves,  Menara Kembar Petronas, serta Bukit Bintang yang menawarkan aneka belanjaan.

Langkawi
Kepulauan Langkawi
Langkawi merupakan sebuah kepualauan yang terletak di lepas pantai barat laut Malaysia, Laut Andaman. Di kepulauan ini terdapat pantai, hutan hujan, hutan bakau, dan gunung. Hal tersebut menjadikan Langkawi sebagai tempat wisata terpopuler di Malaysia. Selain wisata alam, Langkawi juga memiliki fasilitas wisata lain seperti resor, hotel, maupun restoran. Di tempat ini anda bisa melakukan trekking hutan bakau, menikmati pemandangan Air Terjun Telaga Tujuh dengan burung-burung serta biawak dan monyet. Jika anda ingin menikmati pantai yang tenang tanpa hiruk pikuk manusia anda bisa mengunjungi Pantai Tengah dan Pantai Kok. Pemandangan Langkawi bisa anda nikmati di ketinggian Gunung Raya dan Gunung Mat Cincang.

Taman Nasional Gunung Mulu
Taman Nasional Gunung Mulu, Malaysia
Taman Nasional Gunung Mulu populer karena struktur batu kapurnya yang terbilang luar biasa dan juga sistem gua yang cukup fenomenal. Taman ini terletak di Serawak, di sini sistem guanya merupakan yang terluas dan terpanjang di Asia Tenggara, salah satunya dapat menampung 40 pesawat Boeing 747. Selain itu keistimewaan lain dari Taman Nasional ini adalah hutan hujan tropis, sungai, pegunungan terjal yang memiliki fitur Pinnacles, sebuah sinkronisasi batu kapur yang dikenal sebagai Taman Eden. Selain sebagai tempat wisata alam, Taman Nasional Gunung Mulu juga menjadi habitat bagi beberapa spesies satwa liar diantaranya burung enggang, kelelawar, siamang, kijang, dan babi berjenggot. Di Taman ini anda juga bisa menikmati fasilitas Canopy Walk terpanjang di dunia.