Pantai Pangandaran, Pantai Sejuta Pesona di Ujung Tanah Sunda




Pantai Pangandaran tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga para pecinta wisata. Pantai yang terletak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ini bahkan dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa versi AsiaRooms. Pantai ini sudah sejak lama menjadi andalan wisata Kabupaten Pangandaran. Berbagai event sudah sering dilakukan di pantai yang memiliki view matahari terbit dan tenggelam sekaligus ini. Di antaranya ialah Hajat Laut dan Festival Layang-Layang Internasional yang rutin digelar setiap tahun.

Salah satu sudut Pantai Pangandaran. Sumber: epariwisata.com
Hajat Laut sendiri merupakan acara yang rutin digelar masyarakat sekitar sebagai benyuk rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa. Acara ini biasa digelar pada Bulan Muharam dengan melarungkan sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa mengambil lokasi di bagian Timur Pangandaran. Sedangkan Festival Layang-Layang Internasional sendiri merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun dengan berbagai kegiatan pendukung yang bisa Anda saksikan pada setiap bulan Juni atau Juli.

Gelar Pantai Terbaik se-Pulau Jawa Versi AsiaRooms

Bagi yang baru mendengar, tentunya penasaran mengapa Pangandaran dinobatkan sebagai pantai terbaik se-Pulau. Maka inilah kira-kira alasannya.

Pertama, Pantai Pangandaran memiliki pantai dengan bagian wilayah timur dan barat sekaligus. Dari pantai ini, wisatawan dapat menyaksikan fenomena matahari terbit dan terbenam di tempat yang sama. Kedua, hamparan pasir putih yang bersih dan lembut serta air laut yang bersih membuat wisatawan betah bermain di bibir Pantai Pangandaran. Ketiga, Pangandaran merupakan pantai dengan model yang landai. Jarak antara pasang dan surutnya air laut juga relatif lama, sehingga berenang merupakan akivitas yang aman di pantai ini. Keempat, Pantai Pangandaran memiliki personil penyelamat wisata pantai. Jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan di pantai, maka dapat dilakukan tindakan dengan segera. Kelima, Akses jalan menuju Pangandaran juga sudah baik. Dengan jalan beraspal yang mulus serta dilengkapi lampu penerangan yang memadai, wisatawan dengan mudah dapat menjangkau objek wisata ini. Terakhir, selain pemandangannya yang indah, Pangandaran juga memiliki surga bawah laut yang memesona. Di pantai ini terdapat taman laut dengan kehidupan laut dan ikan-ikan yang memukau.

Fasilitas di Pantai Pangandaran

Sebagai objek wisata yang sudah mapan, Pangandaran memiliki beragam fasilitas penunjang yang lengkap. Lapangan parkir terhampar cukup luas untuk menampung kendaraan wisatawan yang datang berkunjung setiap harinya. Sebagai Pantai yang banyak didatangai baik wisatawan domestik maupun mancanegara, Pangandaran juga memiliki fasilitas money changer, telekomunikasi serta pelayanan pos. Jika bingung dan ingin mengetahui informasi lebih jauh tentang tempat ini, wisatwan dapat mengunjungi pusat informasi pariwisata dimana sudah ada Pramuwisata yang siap melayani wisatawan. Pangandaran juga memiliki fasilitas berupa bumi perkemahan yang dapat dimanfaatkan bagi sekolah-sekolah, organisasi, instansi maupun pengunjung lain yang ingin berwisata sekaligus berkemah di sini. Untuk olahraga, wisatawan dapat bersepeda, berenang, parasailing serta tersedia jetski dan juga arena waterboom.

Hotel dan Penginapan

Tidak perlu khawatir dengan penginapan saat datang ke Pantai Pangandaran. Di sekitar area objek wisata ini telah berdiri begitu banyak hotel dan tempat penginapan yang siap melayani wisatawan. Di antaranya Hotel Laut Biru, Sunrise Beach Pangandaran Hotel, Puri Rengganis, Century Hotel, Pantai Indah Resort & Hotel Pangandaran serta Mustika Ratu Hotel dan masih banyak lagi tempat penginapan lainnya.

Akses Menuju Pantai Pangandaran

Anda dapat memilih beberapa alternatif untuk sampai ke objek wisata Pantai Pangandaran. Di antaranya dengan menggunakan transportasi darat dan udara. Jika Anda menggunakan transportasi darat, Anda dapat menaiki Bus tujuan Bandung dengan rute perjalanan Bandung-Tasikmalaya-Banjar dan Pangandaran. Jika menggunakan Bus Jakarta, Anda dapat memilih Bus Jurusan Kampung Rambutan dan langsung menuju Pangandaran. Dari arah Yogyakarta, Anda dapat memilih Bus tujuan Lubuk Linggau-Pangandaran. Sedangkan jika Anda menggunakan transportasi udara, Anda dapat mendarat di Bandara Husen Sastranegara, Bandung, atau Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Dari kedua bandara tersebut Anda dapat melakukan penerbangan selanjutnya untuk nantinya mendarat di Bandara Nusawiru, Pangandaran.
Selamat berwisata ke Pangandaran!. Dengan rencana matang, semoga liburan Anda akan lebih menyenangkan.


Sumber:
http://www.mypangandaran.com/wisata/detail/5/pantai-pangandaran.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Pangandaran