Pesona Pantai Kondang Merak, Indahnya Pantai Malang



Membicarakan wisata di Malang memang seperti tak ada habisnya. Mulai dari wisata dataran tinggi hingga wisata pesisir yang selalu mengundang decak kagum. Sebagai kota wisata, Malang selalu berhasil membuat wisatawan rindu dan ingin kembali. Daerah pesisir Malang yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia juga dikenal memiliki gugusan pantai nan cantik. Salah satunya yaitu Pantai Kondang Merak. Sebuah objek wisata dengan garis pantai memanjang yang indah. Apa keunikan pantai ini? simak ulasannya berikut.

Pesona Pantai Kondang Merak, Malang. Sumber: pegipegi.com
Pasir putih lembut yang terhampar sepanjang kurang lebih 800 M di tambah pepohonan rindang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Dengan kondisi pantai yang sedikit berlumut dan dipenuhi terumbu karang, kerang, serta spons di sekitarnya juga menambah daya tarik objek wisata ini. Bukan hanya wisatawan lokal, Kondang Merak bahkan menjadi tujuan wisatawan mancanegara untuk melakukan snorkeling.

Bernama Kondang Merak, karena bentuk pantai ini berupa Kondang (muara sebagai tempat bertemunya air laut dan air tawar) yang dulunya dihuni oleh burung-burung merak. Sayangnya, pada tahun 1980-an burung merak yang tinggal di muara pantai ini banyak diburu secara ilegal sehingga mereka tidak dapat diselamatkan dari kepunahan. Keunikan lain pantai ini ialah di sekitar tepi pantai, Anda dapat menemukan berbagai biota laut seperti ikan-ikan kecil, landak laut, gurita-gurita kecil, mentimun laut bahkan lobster yang banyak bersembunyi di sela-sela bebatuan karang.
Pantai Kondang Merak
Meskipun bagian dari Pantai Selatan, ombak di Pantai Kondang Merak masih cukup bersahabat. Sebelum sampai ke bibir pantai, ombak-ombak tersebut telah pecah oleh beberapa karang yang menjulang sekitar 200 M dari garis pantai. Bebatuan karang pemecah ombak tersebut terdiri dari sekitar lima titik. Adapun selain pemecah ombak, tentu saja bebatuan karang ini menjadi penyempurna keindahan pantai Kondang Merak.

Disamping sebagai objek wisata, Pantai Kondang Merak juga menjadi tempat bersandar perahu nelayan yang pulang melaut. Tidak jarang, pengunjung akan menyakisikan transaksi jual beli ikan di pinggir pantai. Hasil tengkapan nelayan pun beragam. Antara lain Ikan Tuna, Ikan Kakap dan Gurita. Karena keberadaan perkampungan nelayan tidak jauh dari pantai, membuat susana di Pantai Kondang Merak nyaris tidak pernah sepi.
Kondang Merak
Selain memanjakan mata dengan hamparan panorama yang indah, di tempat ini Anda juga dapat memanjakan lidah. Tidak jauh dari pantai berdiri warung-warung makanan yang menjajakan kuliner khas tempat ini. Beragam kuliner ini adalah ciri khas Pantai Kondang Merak, sehingga Anda akan sulit menemukannya di tempat  lain. Adapun menu-menu yang ditawarkan seperti Gurita Asam Manis, Gurita Saos Tiram, Kuah Pedas Kepala Ikan, Fish Kebab serta Sate Tuna sebagai menu andalan. Jangan lupa untuk membeli Ikan Tuna Sirip Kuning sebagai oleh-oleh sebelum beranjak pulang.

Berada dalam wilayah administratif Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Malang, Pantai Kondang merak dapat Anda jangkau dengan mengikuti jalur menuju Pantai Balekambang. Anda dapat mengambil jalur ke kanan pada sebuah perempatan setelah keluar dari perkebunan tebu. Perjalanan masih sekitar 4 Km lagi dari sini. Berhati-hatilah karena tidak jauh dari sini ada sebuah papan kecil petunjuk arah ke Pantai Kondang Merak yang hampir tidak terlihat. Jangan kaget karena setelah itu jalur yang Anda lalui berupa jalan tanah yang belum diaspal. Anda disarankan memeriksa performa kendaraan terlebih dulu sebelum memasuki jalur ini karena selama perjalanan pemandangan yang terlihat hanyalah semak belukar dan pepohonan besar. Setelah kurang lebih 30 menit perjalanan, akhirnya Anda akan tiba di Pantai Kondang Merak.

Selamat berlibur ke Malang! semoga perjalanan Anda menyenangkan.

Sumber: id.wikipedia.org