Pantai Papuma, Pesona Bebatuan Karang yang Menakjubkan


Pantai Papuma 2016-Di Jawa Timur, nama Kabupaten Jember tentu tidak asing lagi di telinga para pecinta wisata. Meskipun jika dibandingkan Malang, Jember masih kalah tenar, namun siapa yang menduga kota kecil ini memiliki pesona wisata pantai yang luar biasa. Salah satu yang paling mengagumkan ialah Pantai Papuma. Nama pantai ini merupakan singkatan dari Pantai Putih Malika. Pantai yang terletak di Desa Lojejer, Wuluhan, Jember ini berjarak kurang lebih 45 km dari pusat Kota Jember. 

Landscape Pantai Papuma yang menakjubkan.

Pesona Pantai Papuma
Saat dalam perjalan menuju pantai ini, Anda akan disuguhkan pemandangan berupa hutan jati yang bernama Hutan Maliki. Di hutan ini masih banyak terdapat kekayaan flora dan fauna khas Indonesia.

Karena bentuknya berupa daratan yang menjorok ke laut, Pantai Papuma juga dikenal sebagai Pantai Tanjung Papuma. Perpaduan pasir putih dengan laut birunya yang sangat jernih membuat pantai ini memiliki panorama yang menakjubkan. Yang membedakan sekaligus menjadi ikon terkenal dari pantai ini ialah keberadaan tujuh batu karang besar yang tinggi menjulang tidak jauh dari bibir pantai. Karena memiliki ukuran yang cukup besar, bebatuan karang ini terlihat seperti sebuah pulau. Adapaun bebatuan karang tersebut masing-masing memiliki nama di antaranya Pulau Batara Guru, Pulau Narada, Pulau Kresna, Pulau Kajang, Pulau Kodok dan Pulau Nusa Barong.

Masyarakat setempat percaya bahwa Batu Malikan, salah satu batu raksasa di pantai ini memiliki sejarah dan mitos di belakangnya. Masyarakat meyakini, dulunya batu tersebut digunakan oleh Raden Mursada untuk memancing ikan di laut. Di atas batu Malikan, Raden Mursada berhasil menangkap seekor ikan ajaib yakni Raja Mina. Mengetahui tangkapannya bukanlah ikan biasa, Raden Mursada pun melepaskannya kembali ke laut.

Surganya Pecinta Fotografi
Keindahan alamnya yang sangat unik, membuat banyak pecinta fotografi membidik tempat ini sebagai objek foto mereka. Umumnya, landscape pantai berupa tujuh bebatuan karang yang menjulang menjadi favorit untuk diabadikan. Apalagi dengan pasir putih serta air laut yang kebiruan, tentunya akan membuat hasil foto menjadi kian menakjubkan. Selain itu, keindahan alam Pantai Papuma juga cocok dijadikan lokasi bagi Anda yang ingin melakukan prewedding. Dihiasi landscape alam yang sangat indah, prewedding Anda dijamin akan lebih menawan.

Fasilitas
Perjalanan yang Anda tempuh menuju Pantai Papuma terbilang cukup panjang dan melelahkan. Oleh sebab itu, jika ingin menikmati pesona pantai lebih lama, sangat disarankan Anda menginap di sekitar pantai ini. Pihak pengelola Pantai Papuma sendiri telah menyediakan beberapa penginapan bagi pengunjung dengan hara yang cukup terjangkau. Biasanya biaya penginapan berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 450.000 sesuai tipe dan fasilitas kamar yang Anda sewa.

Selain penginapan, Pantai Papuma juga memiliki fasilitas lainnya berupa warung makan, mushola, lahan parkir serta kamar mandi.

Akses
Untuk menuju Pantai Papuma, Anda dapat memulai perjalanan dari Kota Surabaya. Dari Surabaya, Anda dapat megambil rute perjalanan ke kota Sidoarjo, selanjutnya dengan mengikuti petunjuk jalan Anda dapat menuju Kota Pasuruan. Dari Pasuruan, Anda dapat mengambil rute ke Purblinggo, dilanjutkan ke Lumajang kemudian Jember. Ada baiknya Anda membawa kendaraan pribadi menuju objek wisata ini. karena apa? Pantai Papuma hingga saat ini belum bisa diakses dengan kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk 2016
Untuk menikmati keindahan Pantai nan eksotis ini, Anda hanya perlu membayar biaya masuk 2016 sebesar Rp 5.000 saat weekday dan Rp 7.000 saat weekeend atau hari libur lainnya. Adapun untuk parkir kendaraan, Anda akan dikenakan biaya Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 4.000 untuk roda empat dan Rp 6.000 untuk kendaraan yang lebih besar lagi.