Pesona 10 Objek Wisata di Belitung




Belitung merupakan bagian dari daerah Provinsi kepulauan Bangka Belitung, nama belitung sendiri bersasal dari Belitong yaitu sejenis siput laut dari masyarakat setempat. Daerah berlitung merupakan salah satu pulau yang memiliki eksotisme alam yang sangat indah, oleh karena itu pulau belitung banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. berikut pesona 10 objek wisata yang ada di Belitung;

Pantai Tanjung Tinggi
 
Anda pasti pernah melihat Pantai Tanjung Tinggi, karena pantai ini merupakan pantai yang digunakan sebagai salah satu lokasi syuting dari film garapan sutradara terkenal Riri Riza yang berjudul laskar pelangi. Pantai ini kini cukup terkenal dan menarik banyak wisatawan untuk dikunjungi. Pantai Tanjung Tinggi berada di sebelah utara Belitung, lebih tepatnya sekitar 37 KM dari pusat kota Tanjung Pandan. Selayaknya pantai lainnya, Pantai Tanjung Tinggi juga memiliki panorama yang khas dengan pasir putihnya, air laut yang jernih, serta batu granit yang sangat besar. Batu Granit tersebut sudah menjadi ciri khas dari Pantai Tanjung Tinggi. Di pantai ini anda bisa bermain di pantai dengan tenang karena ombaknya tidak terlalu tinggi.

Pantai Tanjung Kelayang
 
Pantai Tanjung Kelayang merupakan tempat wisata di Belitung yang terletak di sebelah utara Pulau Belitung. Pantai Tanjung Kelayang juga termasuk pantai yang terkenal setelah Pantai Tanjung Tinggi, keistimewaan pantai ini adalah Batu Kelayangnya. Batu Kelayang merupakan maskot dari Sail Wakatobi – Belitung 2011. Pantai ini terdiri dari dua bagian yakni bagian timur yang berupa hamparan pasir yang cantik dan bagian barat dengan gugusan batu granitnya yang menakjubkan. Kegiatan yang bisa anda lakukan di Pantai Tanjung Kelayang diantaranya adalah menyelam, berenang, berjemur, memancing, dan melakukan berbagai kegiatan air lainnya. Jika anda tidak menyukai kegiatan-kegiatan tersebut, pemandangan dan suasana di pantai ini juga indah dan menakjubkan untuk anda nikmati dengan hanya bersantai.

Pulau Lengkuas
 
Pulau Lengkuas merupakan tempat wisata di Belitung yang juga cukup terkenal di kalangan wisatawan. Tempat ini berlokasi di sebelah utara Pulau Belitung. Untuk sampai ke objek wisata ini anda cukup melakukan perjalanan selama kurang lebih 30 menit dengan menyebrang. Keistimewaan yang dimiliki Pulau Lengkuas adalah terdapatnya mercusuar yang tinggi menjulang di tengah-tengah pulau. Mercusuar yang ada di Pulau Lengkuas sudah ada sejak tahun 1882. Jika anda menaiki mercusuar ini anda bisa menikmati pemandangan menakjubkan dari pantai-pantai yang ada di Belitung.  Mercusuar ini merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung Pulau Lengkuas, karena bagi mereka tidak akan lengkap jika mengunjungi Pulau Lengkuas tanpa melihat pemandangan dari ketinggian mercusuar.

Bukit Berahu
 
Bukit Berahu merupakan tempat wisata di Belitung yang merupakan perpaduan dari resto dan bunglow atau villa. Objek wisata ini berada dekat dengan kawasan Pantai Tanjung Tinggi. Dari Bukit Berahu ini anda bisa melihat pemandangan indah dari pantai dengan pasir putih dan laut dengan airnya yang biru jernih. Jika anda ingin mengunjungi pantai di bunglow ini, anda harus menuruni anak tangga sebanyak 97 terlebih dahulu. Mungkin lebih baik anda tidak menggunakan sepatu berhak karena tangga yang dilalui cukup banyak dan pasti akan sangat melelahkan jika anda menggunakan sepatu hak. Pantai yang ada di bukit ini masuk ke dalam kawasan wisata Bukit Berahu sehingga anda bisa menikmati private beach dengan tenang dan nyaman.

Pantai Punai
 
Pantai Punai merupakan salah satu pantai yang ada di Belitung, terletak di sebelah Tenggara Belitung lebih tepatnya di desa Tanjung Kelumpang. Tidak seperti pantai-pantai di Belitung lainnya yang memiliki batu granit dengan ukuran yang besar, pantai ini hanya memiliki batu granit dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan suasananya lebih tenang. Sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati suasana dan pemandangan pantai yang tenang. Di bagian depan pantai terdapat pulau kecil dengan nama Pulau Punai, dulunya banyak burung punai yang hidup di pulau tersebut. Untuk bisa sampai ke Pulau Punai anda hanya perlu berjalan kaki saja, tentunya ketika air sedang surut.

Pulau Pasir
 
Pulau pasir sebenarnya merupakan sebuah tumpukan daratan yang terdiri dari pasir saja. Ketika terjadi fenomena air laut surut, tumpukan pasir tersebut akan membentuk sebuah pulau. Sedangkan ketika terjadi fenomena air laut pasang seluruh pulau tersebut akan tenggelam di bawah air laut yang pasang. Pulau Pasir tidak besar, hanya sekitar setengah lapangan sepak bola saja. Ketika terjadi fenomena surut banyak sekali wisatawan yang mengunjungi pulau ini dengan menggunakan perahu milik nelayan. Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika mengunjungi pulau ini, karena Pulau Pasir ini sangat jarang anda temui terutama di Indonesia. Ketika sampai di Pulau Pasir anda pasti akan merasa tercengang dengan pemandangannya, pulau ini juga dekat dengan pulau-pulau lainnya.

Danau Kaolin
 
Danau Kaolin sebenarnya bukan tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh siapapun secara bebas, karena tempat ini tidak termasuk ke dalam objek wisata umum. Akan tetapi banyak fotografer yang ingin mencoba mencari tahu tentang potensi fotografi di tempat ini, sehingga terdapat beberapa agen wisata yang menyediakan jasa paket wisata ke Danau Kaolin ini. Kaolin sendiri merupakan salah satu kekayaan alam berupa tambang yang dimiliki oleh pulau Belitung. Keisitimewaan yang dimiliki oleh tempat wisata ini adalah keindahan dari perpaduan antara air danau yang memiliki warna biru dan juga kaolin dengan warna putih. Jika anda datang ke tempat ini anda pasti merasa bahwa pemandangan yang ada di Danau Kaolin hampir sama seperti pemandangan yang ada di Kawah Putih, Bandung.

Pantai Penyabong
 
Pantai Penyabong merupakan tempat wisata Belitung yang berada di Kecamatan Membalong, Belitung Selatan. Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Batu Lubang ini memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan keidahan yang dimiliki pantai Tanjung Tinggi. Di pantai ini juga terdapat berbagai gugusan batu granit yang menyebar ke seluruh area tepi pantai. Perbedaannya adalah batu granit yang dimiliki Pantai Penyabong saling berkesinambungan dan memanjang, menjorok ke arah laut sehingga terlihat seperti dermaga. Jika anda ingin berenang atau bermain air di pantai dengan pasirnya anda tidak perlu khawatir akan terbawa ombak, karena ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga cukup aman jika anda bermain dekat dengan pantai. 

Museum Kata
 
Museum Kata Andrea Hinata merupakan museum literature pertama yang ada di Indonesia. Di museum ini anda bisa melihat-lihat berbagai koleksi yang berhubungan dengan film terkenal Laskar Pelangi. Selain itu di sini anda juga bisa menemukan berbagai karya lain dari penulis novel Andrea Hirata. Untuk anda yang sangat mengagumi dan menyukai karya-karya Andrea Hirata, anda wajib datang ke museum ini, karena di museum ini juga terdapat sebuah cerpen khusus milik Andrea Hirata yang tidak diterbitkan secara umum, anda hanya bisa melihat cerpen tersebut di Museum Kata. Museum Kata dibangun oleh Andrea Hirata dengan tujuan untuk memberikan inspirasi terutama kepada anak-anak dan remaja yang akan menjadi penerus bangsa untuk terus mengembangkan bakat dan seni mereka. 

Pantai Nyiur Melambai
 
Pantai Nyiur Melambai merupakan tempat wisata daerah Belitung yang berada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Pantai ini juga termasuk pantai yang terkenal di Belitung, yang juga menjadi tujuan wisata Belitung favorit wisatawan lokal maupun luar. Tidak seperti pantai pada umumnya yang dihiasi oleh pohon kelapa, Pantai Nyiur Melambai ini dikelilingi oleh pohon pinus. Pemandangan pohon pinus yang menakjubkan ditambah dengan pasirnya yang putih dan airnya yang jernih menjadi daya tarik dari Pantai Nyiur Melambai. Pantai ini juga memiliki garis pantai yang panjang dan suasana yang teduh dan nyaman. Jika anda mengunjungi pantai ini, cukup banyak kegiatan yang bisa anda lakukan diantaranya adalah berenang, voli pantai, dan panjat tebing.