5 Museum di Jogjakarta yang Menarik di Kunjungi


Jogjakarta adalah sebuah kota di Indonesia yag tak henti-hentinya memanjakan para wisatawan dengan sejuta pesonanya. Kota ini memanjakan pengunjungnya dengan pantai, goa, gunung bahkan juga museum. Sebagai kota yang juga sangat menghargai sejarahnya, Jogjakarta memiliki beberapa museum yang berisi peninggalan perjuangan pada jaman dahulu, juga beberapa lembar sejarah yang masih tersimpan rapi di musium tersebut.

Ada 5 museum yang patut anda kunjungi apabila anda pergi berlibur ke Jogjakarta, selain anda melihat-lihat bagaimana sejarah Jogjakarta pada jaman dahulu, anda juga bisa sekaligus belajar dan mendapatkan ilmu mengenai sejarah masalalu yang telah terjadi. Berikut 5 musium yag patut anda kunjungi bila anda pergi ke Jogjakarta, yaitu :

Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Monumen Jogja Kembali atau yang biasa dikenal dengan nama monjali terletak di jalan lingkar utara, kelurahan sariharjo, Sleman Jogjakarta. Monjali memiliki 3 lantai yang juga di lengkapi dengan perpustakaan yang berisi bukti-bukti sejarah juga ruang serbaguna yang cukup besar. Bentuk monjali sendiri menyerupai sebuah gunung yag menjulang, dan juga sebuah halaman yang sangat luas. Di tempat ini banyak sekali bukti sejarah yag berasal dari Jendral Soedirman seperti beberap senjata yang ia gunakan, replika dapur umum, foto dan dokumen-dokumen penting yang dahulunya juga di gunakan.

Monjali, Jogjakarta


Monjali sendiri didirikan pada 29 Juni 1985 yang mana peletakan batu pertama di lakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan di tandai juga dengan penanaman kepala kerbau dan sebuah upacara resmi. Monumen ini memeiliki tinggi kurang lebih 31.8 meter. Pemilihan lokasi monjali sendiri berdasarkan letak strategis dari museum itu sendiri yang ada pada poros makrokosmos.

Monjali ini juga sering dijadikan sebagai tempat tujuan bagi para siswa-siswi yang melakukan study tour ke Jogjakarta. Sangat menarik dan memberikan ilmu yang tinggi apabila anda mengunjunginya.

Museum Batik Jogjakarta

Jika biasanya museum selalu bercirikhaskan dengan perjuangan, berbeda dengan museum kali ini. Museum batik ini terletak di jalan Sutomo kota Jogjakarta. Museum ini memiliki berbagai macam jenis koleksi batik. Saat ini museum batik ini menyimpan kurang lebih 1200 koleksi pakaian batiknya. Yang terdiri dari 560 kain batik cap, yaitu batik yang memiliki cap atau lambang tertentu, 500 lembar kain batik tulis, 35 wajan untuk membatik dan 124 peralatan membatik lainya.
Museum Batik, Jogjakarta


Museum batik ini memiliki pengunjung yang hampir padat setiap harinya, selain museum, di Jogjakarta ini juga tersedia pusat oleh-oleh yang menjual batik seperti yang ada di Museum, Jadi, sangat tepat sekali apabila anda mengunjungi museum ini sebagai referensi anda untuk membeli atau membuat batik.

Museum Sonobudoyo

Museum ini juga berbeda dengan museum Jogjakarta yang lain, museum ini tidak berisi peninggalan sejarah berupa patung atau dokumen-dokumen perjuangan pada jaman dahulu. Museum ini justru berisi koleksi berbagai macam keris yang ada di Jogjakarta. Museum Sonobudoyo ini memiliki kurang lebih 1200 jenis keris dari jaman dahulu hingga sekarang. Disini anda dapat mengamati keris-keris tersebut sekaligus belajar mengenai sejarah keris tersebut, dari mana keris-keris tersebut berasal dan kapan pembuatanya.
 
Museum Sonobudoyo

Pengunjung hanya membayar Rp.3000 untuk berkeliling di museum ini. Pembayaran tersebut di tujukan untuk pengelolaan berbagai keris yang ada di museum tersebut.

Museum Affandi

Tak asing lagi bukan nama Affandi? Affandi adalah seorang maestro lukis yang berasal dari Jogjakarta, nama nya sudah terkenal hingga mancanegara dan karya seninya tak perlu di ragukan lagi. Museum Affandi ini menyimpan berbagai macam hasil karya seni dari affandi sendiri. Museum ini terletak di jalan adisucipto 167, Jogjakarta.

Museum Affandi


Di museum ini tersimpan rapi berbagai macam lukisan Affandi, bahkan makam affandi juga terdapat di museum ini. Menurut sejarah, museum ini merupakan tempat tinggal affandi semasa hidup. Setelah beliau wafat, kediamanya di jadikan sebagai museum.

Museum Wayang Kekayon

Museum ini terletak di jalan Raya-Jogja Wonosari yang terletak di KM 7, Bantul, Jogjakarta. Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpan berbagai macam jenis wayang, hampir sama dengan museum yang ada di Jakarta, museum Wayang di Jogjakarta ini juga terbilang cukup lengkap karena menyimpan berbagai macam jenis wayang yang berasal dari berbagai daerah.

Museum Wayang Kekayon


Bagaimana apakah anda tertarik untuk mengunjungi  5 museum yang ada di Jogjakarta tersebut? Semoga artikel ini bermanfaat bagi pelancong semua :)