5 Museum Paling Menarik di Bali yang Wajib di Kunjungi



Sahabat traveller, Jika biasanya Bali terkenal dengan keindahan wisata alamnya, seperti keindahan pantai dan juga gunung nya, maka disisi lain, Bali ternyata merupakan kota yang  tak hanya indah, tetapi kaya akan sejarah. Bali memiliki berbagai macam museum yang terdiri dari museum dengan sejarah-sejarah masalalu juga museum yang berbentuk budaya. Berikut ada 5 Museum di Bali yang patut Sahabat Traveller kunjungi apabila berkunjungi di kota sejuta pesona ini.

Museum Kerang, Kuta

Museum ini merupakan sebuah museum yang unik dan hanya ada di Bali. Museum ini berbeda dengan museum yang biasanya sahabat traveller kunjungi, jika biasanya museum berisi dokumen-dokuemen sejarah, maka museum ini terdiri dari berbagai macam kerang, yang tak hanya berasal dari Bali, tetapi juga berasal dari seluruh daerah yang ada di Indonesia termasuk kerang yang berasal dari Seluruh Dunia.

Museum Kerang, Kuta Bali


Museum kerang ini terletak di jalan Sunset Bouleverd. Museum ini menempati sebuah lahan dengan luas sekitar 1500 meter persegi. Tak hanya menyimpan kerang, museum ini juga menyimpan fossil yag sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Museum ini memiliki tiga lantai. Lantai pertama berisi lampu-lampu yang berasal dari kerang, lantai kedua berisi aneka macam kerang dari berbagai tempat dan lantai terakhir berisi fosil orthoceras yang sudah ada sejak 395 juta tahun. Sangat menarik apabila sahabat traveller mengunjungi museum satu ini.

Museum Puri Lukisan

Museum puri lukisan merupakan sebuah museum yang terdiri dari berbagai macam karya seni seprti lukisan, pahatan juga ukiran. Museum ini mengabadikan keindahan Bali dalam bentuk sebuah karya seni yang luar biasa. Lukisan-lukisan tersebut berasal dari pelukis terkenal Bali seperti Ida Bagus Nyana, Ida Bagus Gelgel, I gusti Nyoman, Igusti Made Deblog dan masih banyak lagi.

Museum Puri Lukisan, Bali


Museum Puri lukisan ini terletak di jalan Raya Ubud, Bali. Museum ini sangat istimewa, juga di lengkapi dengan sebuah taman hijau tempat anda dan kerabat bisa bersantai disana.  Jika anda mengelilingi museum ini, maka anda akan di sajikan dengan alunan musik Bali yang akan membuat suasana semakin santai. Jika anda pergi ke Bali, jangan lupa untuk mampir di museum yang menawan ini.

Rumah Topeng dan Boneka Setia Darma

Rumah topeng dan boneka setia darma merupakan sebuah museum yang memiliki berbagai macam koleksi topeng dan boneka. Museum ini memiliki 1200 topeng dan 4700 boneka yang berasal dari seluruh dunia seprti Afrika, Malaysia, Jepang, China dan masih banyak lagi.

 
Rumah Topeng dan Boneka Setia Darma, Bali

Rumah topeng dan boneka ini terletak tidak jauh dari Ubud, Bali. Luas wilayah yang di pakai yaitu sekitar 1 hektar dan di bangun sejak tahun 2006. Museum ini terdiri dari 4 ruangan, 1 lapangan terbuka dan sebuah panggung yang biasanya dijadikan sebagai tempat pertunjukan. Museum ini sangat unik, sehingga anda tak boleh melewatkanya bila sedang berada di Bali.

Museum Gunung Batur

Museum Gunung Batur ini terletak di kawasan Wisata Alam Penelokan, kecamatan Kintamani, kabupaten Bangli. Museum ini berada di sebuah taman wisata yang memang jaraknya dekat dengan gunung batur. Gunung batur merupakan sebuah gunung berapi yang terkenal di Bali. Gunung tersebut memiliki ketinggian sekitar 1.717 mdpl.

Museum Gunung Api Batur, Bali


Di museum Gunung Batur tersebut kita bisa melihat gunung batur melalui sebuah teropong yang sudah di sediakan oleh petugas, selain itu kita juga bisa melihat ebberapa film dokumenter mengenai gunung batur itu sendiri. Museum ini sangat cocok untuk di kunjungi, karena selain berwisata disini sahabat traveller bisa belajar banyak hal.

Museum Subak

Subak merupakan sebuah sistem irigasi yang di buat atas hasil musyawarah masyarakat Bali sebagai sumber air bagi masyarakat untuk mengairi lahan pertanian mereka. UNESCO menetapkan subak sebagai sesuatu warisan budaya pada mei 2012 lalu. Subak sendiri memiliki sebuah museum yang bernama museum subak.

Museum Subak, Bali


Museum subak terletak di jalan Gatot Subroto, Kabupaten Tabanan Bali. Di museum ini anda dapat belajar berbagai macam jenis pertanian sekaligus peralatan yang digunakan masyarakat Bali untuk bertani. Museum subak ini terdiri dari 2 ruangan. Ruangan utama yaitu berupa rungan induk sebagai pusat informasi dan pameran, dan ruang yang kedua adalah ruang terbuka, dimana di tempat ini sahabat traveller bisa melihat sawah hijau yang begitu indah.

Bagaimana sahabat traveller, apakah tertarik untuk melihat Bali dari sisi lain? Jangan lupa untuk pergi ke 5 museum tersebut bila anda melancong ke Bali. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai referensi bagi sahabat traveller semua :)

Semangat Melancong!