10 Museum Terbaik dan Menarik di Indonesia yang Wajib di Kunjungi


Museum merupakan sebuah tempat yang sangat cocok untuk di kunjungi bagi para traveller yang datang ke suatu daerah secara singkat atau dalam waktu yang tak lama. Sebuah museum selalu menyajikan sesuatu untu kita pelajari baik itu berupa peninggalan sejarah, maupun seni dan budaya suatu daerah. Suatu daerah biasanya akan menggambarkan dirinya atau identitasnya lewat museum daerah yang ada. Sehingga apbila anda melancong ke suatu daerah tertentu, sempatkan diri untuk melihat dan berkunjung ke museum daerah tersebut.
Di Indonesia sendiri hampir setiap daerah memiliki museum. Namun, ada sekitar 10 museum terbaik dan paling menarik di Indonesia yang wajib untuk di kunjungi. Berikut 10 museum terbaik dan paling menarik di Indonesia yang wajib untuk di kunjungi.

Museum Affandi

Museum affandi merupakan sebuah museum yang terletak di kota Jogjakarta, museum ini dibagun pada tahun 1974. Affandi merupakan seorang seniman terkenal dari Jogjakarta dan sudah di akui karya nya di antero negri. Sehingga kediamanya yang berada di Jogjakarta, saat ini telah di jadika sebagai sebuah museum. Di museum tersebut terdiri dari berbagai macam lukisan dan karya seni lainya, Museum ini selalu padat oleh pengunjung, terutama pengunjung yang berasal dari luar daerah. Museum affandi juga terkenal akan kesejukanya, karena di sekitar museum di tanami pepohonan yang cukup rindang.

Museum Fatahillah, Jakarta


Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia merupakan sebuah museum yang terletak di kota tua Jakarta. Museum ini dahulunya merupakan peninggalan pada zaman Belanda. Bila anda berkunjung ke Jakarta, khususnya Jakarta Barat, Jangan lupa untuk mengunjungi Museum Bank Indonesia ini. Disini anda dapat melihat uang yang pernah beredar di Indonesia dari zaman dahulu hingga sekarang. Uang tersebut berupa uang yang sudah rusak maupun uang yang juga masih berlaku hingga sekarang.
 
Museum Bank Indonesia


Ullen Sentalu

Ullen sentalu merupakan sebuah museum yang masuk kedalam salah satu museum terbaik yag ada di Indonesia. Museum ini terletak di daerah Jogjakarta. Jika anda ingin mengenal Jogja dengan lebih dekat, maka sangat di rekomendasikan bagi anda untuk mengunjungi museum ini. Di museum ini anda akan belajar banyak hal, mulai dari adat istiadat Jawa, hingga sejarah Jogjakarta. Bila anda mengunjungi museum ini, ada satu pantangan yang tak boleh anda langgar, yaitu dilarang memotret. Sehingga anda tidak di perkenankan untuk mengambil gambar di dalam museum ini.

Ullun Sentalu


Museum House of Sampoerna

Sesuai denga namanya, museum ini memang berisi tentang rokok kretek yang memiliki merk sampoerna. Museum ini terletak di Surabaya Jawa Timur. Museum ini banyak di kunjungi oelh para wisatawan dan telah menjadi selah satu museum terbaik di Indonesia. Tak hanya tentang rokok dan sejarahnya, museum ini juga membahas tentang kehidupan pendiri sampoerna senderi yaitu Liem seeng tee. Jadi jika anda pergi ke Jawa Timur, khusnya Surabaya, Jangan lupa untuk pergi ke house of sampoerna.

Museum house of Sampoerna


Museum Batik Danar Hadi

Museum batik danar hadi merupakan sebuah museum tentang batik yang terletak di Solo, Jawa Tengah. Pendiri museum ini bernama Danar Hadi, ia sengaja untuk mendirika museum ini sebagai pencatat karya nya dan sejarhnya dalam berkarya. Museum ini masuk menjadi salah satu museum terbaik di Indonesia, karna menyajikan  berbagai macam motif batik yang sangat mempesona dan dengan dekorasi museum yang sangat unik. Jika anda berkunjung ke Solo, tak ada salahnya jika anda berkunjung ke museum ini.

Museum Batik Danar Hadi


Museum Seni Agung Rai

Museum seni agung rai terletak di daerah Ubud, Bali. Museum ini memiliki berbagai macam jenis budaya yang berasal dari Bali dan dari masa ke masa. Jika anda berkunjung di museum ini, maka anda akan di sajikan dengan keanekaragaman budaya Bali yang sangat mempesona, tempat ini tak hanya berfungsi sebagai museum, tetapi juga berfungsi sebagai pusat pertunjukan berbagai budaya Bali.

Museum Seni Agung Rai


Museum Puri Lukisan

Museum puri lukisan merupakan sebuah museum yang terletak di Ubud Bali. Museum ini memiliki berbagai macam jenis lukisan yang berusia sejak 1930, banyak yang menyebutkan bahwa museum ini merupakan museum tertua yang ada di Bali. Tak hanya lukisan, museum ini juga memiliki berbagai macam seni pahat lainya juga beberapa macam patung.

Museum Puri Lukisan, Bali


Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Asia Afrika ini terletak di Bandung, dekat dengan gedung merdeka. Di museum ini anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang konferensi Asia Afrika yang di adakan di Bandung. Museum ini mulai di buka untuk umum sejak 1980 tepat 25 tahun berlangsungnya konferensi Asia Afrika.

Museum Asia Afrika


Museum Pasifika

Museum pasifika merupakan sebuah museum yag terletak di Bali, museum ini terkenal akan keunikanya dan menjadi salah satu museum terbaik dan paling menarik di kunjungi di Indonesia. Museum ini berisi tentang benda-benda sejarah yang ada di Asia pasifik sehingga tak hanya Indonesia, tetapi juga Indo-Eropa.

Museum Pasifika


Museum Seni Neka

Museum ini berisi tentang benda-benda khas Bali yang di kumpulkan oleh seseorang yang bernama Neka. Museum ini berbentuk sebuah rumah yang cukup sederhana, namun karya yang di dalamnya cukup unik dan menarik. Museum ini juga terletak di Bali dan menjadi salah satu museum terbaik di Indonesia.

Museum Neka


Bagaimana sahabat traveller, apakah tertarik untuk berkunjung di salah satu museum terbaik di Indonesia tersebut? semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi sahabat traveller semua.

semangat melancong!