Akses dari Surabaya ke Wisata Batu Malang Nanti hanya 1,5 Jam




Kota Batu merupakan Surganya wisata yang ada di Jawa Timur, Batu Malang terkanal akan keindahan dan kesejukannya. Walau pun di Jawa Timur terdapat tempat wisata yang sangat menarik akan tetapi kota Batu lah menjadi destinasi favorit pecinta wisata, baik di Jawa Timur maupun dari Provinsi lainya. Kini, masyarakat Surabaya akan mendapatkan akses yang lebih cepat untuk bisa sampai di Kota Batu. Pasalnya, Pemerintah Provinsi akan segera mewujudkan pembuatan jalur yang lebih cepat dengan cara menembus Kab. Pasuruan untuk menuju Kota Batu. Dengan begitu, waktu yang akan ditempuh untuk sampai di kota wisata tersebut hanya memerlukan waktu 30 menit. 
Kota Batu, Kota Wisata
Sebelumnya (25/1/2016) pembangunan jalan yang akan menembus Kab. Pasuruan itu telah diwujudkan dengan adanya penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara pemerintah provinsi dengan kepala daerah yang menjadi jalur untuk dilewati yaitu Kab. Pasuruan, Kab. Malang dan juga kota Batu. 

Pada acara penandatanganan MoU, hadir juga pejabat terkait seperti PJ Bupati Malang yakni Bapak. Hadi Prasetyo, Bupati Pasuruan Bapak. Irsyad Yusuf, serta Wali Kota Batu Bapak. Eddy Rumpoko dan juga tidak ketinggalan Gubernur Soekarwao.

Soekarwao menjelaskan bawah semua pihak terkait yang hadir sepakat untuk bersama-sama membangun jalan yang lebih cepat untuk menghubungkan antara Surabaya dan Kota Batu. Setelah sepakat dengan MoU, pemerintah akan segara melakukan sosialisasi dan perencanaan kepada seluruh masyarakat. Termasuk untuk memaparkan rencana kontruksi dan juga anggaran yang dibutuhkan untuk merampungkan proyek tersebut “Jalan tembus untuk menunjang potensi wisata yang ada di Malang Raya,” Ucapnya. 

Masalah yang dilanda kawasan Malang Raya untuk mendukung pertumbuhan wisata dikarenakan terkendala oleh Infrastruktur jalan. Setiap akhir pekan jalan yang menghubungkan antara Surabaya dan Kota Batu terkadang selalu di penuhi dengan kendaraan yang melaju dengan pelan, sehingga waktu untuk bisa sampai ke kawasan wisata menjadi tidak bisa diprediksi. Terkadang bisa sampai delapan jam untuk bisa sampai di Kota Batu. Padahal, untuk menempuh ke dua kota tersebut hanya memerlukan waktu dua jam saja. 

Gubernur Jatim berjanji, jalan yang akan dibangun bisa mempercepat waktu perjalanan, dengan dibangunya jalan baru ini, jarak tempuh dari Surabaya ke Batu hanya ditempuh 1,5 jam saja. “kedepan, wisatawan tak akan mengeluh dengan macet lagi,” Jelasnya. 

Target untuk realisasi fisik diperkirakan 2017. Anggarannya akan ditanggung bersama-sama antara pemerintah kabupaten dan provinsi., untuk realisasi fisik akan ditanggung oleh pemerintah provinsi sedangkan pembebasan lahan akan ditanggung oleh pemerintah kabupaten. “tapi, untuk kepastiannya masih menunggu perhitungan,” Ungkapnya. 

Untuk saat ini, akses jalur cepat sebenarnya telah tersedia, sepanjang 33,1 Km. Tetapi, aksesnya masih dalam bentuk jalan desa. Sebagian ada yang sudah diaspal dan sebagian ada yang masih makadam. Jalur ini melalui Desa Karangsono, Kec. Sukorejo, Kab. Pasuruan, menuju Desa Giripurno, Kec. Bumiaju, Kota Batu. ''Untuk itu, Nantinya akan dilebarkan dan diperuntukkan menjadi dua arah,''  Tutur Soekarwo.


Eddy Rumpoko selaku Wali Kota Batu senang dengan adanya pembangunan jalan yang akan mempercepat akses untuk bisa ke Kota yang ia pimpin. Ia mengungkapkan bahwa dengan pembangunan ini akan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat yang akan dilalui oleh jalan tersebut. “perekonomian akan lebih meningkat” jelasnya. 

Dengan pembangunan ini, akan menggali lebih banyak tetang potensi yang ada di Kota Batu sebagai daerah wisata yang ada di Jawa Timur. ''Jalur ini akan memberikan semangat lebih bagi kami untuk menggali terus potensi yang ada,'' jelasnya.

Sumber; JPNN