Cantiknya Pantai Menganti, Pantai di Kebumen yang Masih Sangat Asri




Jika datang ke Kebumen, rasanya kurang lengkap bila tidak berkunjung ke Pantai Menganti. Banyak wisatawan yang menyebut pantai ini sebagai surga yang tersembunyi. Julukan tersebut tidak berlebihan sepertinya, mengingat medan yang harus ditempuh untuk menuju tempat ini bersifat terjal dengan melintasi tanjakan dan turunan khas bukit kapur. 

Panorama Pantai Menganti dari atas ketinggian. Sumber: http://www.telusurindonesia.com

Rasa puas jika berhasil menaklukkan pantai akan Anda rasakan. Bagaimana tidak? Segala rasa lelah selama perjalanan akan terbayar dengan pemandangan indah Pantai Menganti yang masih sangat asri. Selain itu, sulit rasanya menemukan pantai dengan panorama pasir putih di wilayah Jawa Tengah. Oleh sebab itu, Kabupaten Kebumen di bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia menjadi tujuan banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai. 

Secara umum, kondisi Pantai Menganti dibatasi oleh perbukitan batuan gunung api dan batuan gamping. Hamparan pasir berwarna putih berasal dari proses abrasi batuan gamping. Dihiasi pepohonan kelapa yang berjajar rapi, membuat panorama Pantai Menganti sungguh memesona. 

Akses
Untuk menjangkau Pantai Menganti, Anda dapat memilih dua jalur yang ada. Pertama, Anda dapat menempuh rute Kebumen, Petanahan, Puring, Suwuk dan Menganti dengan jarak tempuh yang akan dilalui sekitar 38 km. Sayangnya, jika memilih rute ini medan yang Anda lalui akan cukup terjal dengan melewati bukit yang curam.

Kedua, Anda dapat memilih rute yang lebih bersahabat dengan melalui perjalanan dari pusat Kecamatan Gombong. Dari Gombong, perjalanan dapat dilanjutkan ke Pantai Logending ke arah selatan. Rute ini memang lebih jauh dibanding rute sebelumnya dengan jarak tempuh sekitar 45 km. Jika ingin lebih aman, ada baiknya Anda memilih rute ini. Meskipun memakan waktu lebih lama, medan yang Anda lalui tidak akan seekstrem rute sebelumnya. Selain itu, pemandangan yang akan Anda jumpai nantinya lebih indah.

Untuk menjangkau Pantai Menganti,  Anda dapat menggunakan baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan pribadi, wajib bagi Anda untuk memeriksa terlebih dahulu performa kendaraan Anda. Karena medan yang cukup menantang berupa jalan berkelok yang sempit dan curam sangat menuntun kendaraan dengan kondisi yang fit.

Aktivitas
Jika ingin menikmati pemandangan pantai dengan sensasi yang berbeda, Anda dapat mendaki bukit yang berada di bagian timur pantai. Di puncak bukit tersebut, sejarah peninggalan Belanda berupa mercusuar yang dibangun pada tahun 1912-1915 masih dapat Anda saksikan. Mercusuar dengan ketinggiah 20 m itu dapat Anda naiki hingga bagian puncaknya. Dari lokasi tersebut, birunya Samudra Hindia dengan lekukan bukit karang yang membentang serta hamparan pemandangan laut yang sangat indah dapat Anda saksikan.

Pantai Menganti sendiri, mulai dibuka untuk umum sejak 2011 oleh pemerintah desa setempat. Sebelum menjadi objek wisata, Pantai Menganti hanya menjadi lokasi berlabuhnya perahu-perahu milik nelayan.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Kompas.com, selain panorama pantai yang indah, objek wisata Pantai Menganti juga menawarkan keindahan air terjun, goa di bibir pantai serta terumbu karang yang menakjubkan.

Dengan ombak besar khas Laut Selatan, pada 2011 lalu Pantai Menganti menjadi tempat diselenggarakannya lomba selancar tingkat nasional. Meskipun tergolong besar, ombak Pantai Menganti tidak seganas pantai selatan lain karena keberadaan gunung karang dan kapur yang mengelilinginya. Sehingga berolahraga selancar di pantai ini pun tergolong aman.

Harga Tiket Masuk 2016
Untuk memasuki kawasan Pantai Menganti, Anda hanya dikenakan biaya Rp 5.000/orang. Cukup terjangkau bukan?.
Tunggu apa lagi? Let’s explore Kebumen!