Tanjung Lesung, Pantai Cantik di Sudut Kota Banten



Banten yang terletak di ujung Pulau Jawa, merupakan Provinsi yang memiliki keindahan pantai nan menakjubkan. Dulu, Banten menjadi wilayah pelabuhan yang strategis tempat bersandarnya perahu pelaut yang berasal dari berbagai negara. Saat ini, Banten memiliki pantai-pantai yang banyak menjadi tujuan wisata. Penduduk di kota-kota besar seperti Ibukota misalnya, banyak menjadikan Banten sebagai destinasi wisata andalan saat liburan tiba. Di antara wisata pantai di Banten, ada pantai-pantai terpencil yang menyuguhkan pemandangan laut luar biasa.

Panorama Pantai Tanjung Lesung, Banten. \

Bagi Anda pecinta wisata pantai, tentu sudah tidak asing dengan nama-nama Pantai di Banten seperti Pantai Anyer, Pantai Karang Bolong dan Pantai Carita. Namun, jika Anda mau sedikit berjuang lebih keras lagi dengan menempuh jarak yang sedikit lebih jauh, Anda akan menemukan surga tersembunyi di sana. Dialah Pantai Tanjung Lesung. Sebuah pantai yang keindahannya digadang-gadang dapat bersaing dengan pantai yang ada di Lombok dan Bali.

Lokasi
Pantai Tanjung Lesung secara administratif terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Posisi pantai cantik ini berada di sebelah barat Kabupaten Pandeglang dengan luas sekitar 150 ha.

Aktivitas
Tidak tanggung-tanggung, hamparan pasir putih di Pantai Tanjung Lesung mencapai 15 km. Hamparan pasir putih yang luas tersebut, memungkinkan Anda untuk melakukan banyak aktivitas di pantai ini. Di antaranya Anda dapat bermain pasir  dan berolahraga seperti jogging atau bola voli. Tidak hanya itu, ombak Pantai Tanjung Lesung yang bersahabat juga memungkinkan pengunjung untuk banyak melakukan kegiatan air seperti berenang, bermain banana boat, jetsky atau pun memancing.

Pemandangan bawah laut Pantai Tanjung Lesung juga tidak perlu diragukan lagi. Jika ingin menyelam, Anda dapat menyewa peralatan snorkeling yang banyak tersedia di sekitar pantai. Pemandangan bawah laut Pantai Tanjung yang memesona dijamin akan membuat Anda enggan untuk beranjak.


Jika bosan bermain di pantai, Anda dapat berkunjung ke konservasi terumbu karang yang berada di Pulau Lungan dan Karang Gundul, Tanjung Lesung.

Anda pun tidak perlu khawatir jika rasa lapar menyerang. Di sekitar pantai, banyak pedagang yang menjajakan aneka kuliner seperti seafood maupaun olahan-olahan lainnya.

Disamping itu, berkunjung ke desa wisata dimana mayoritas warganya berprofesi sebagai perajin mungkin dapat menjadi alternatif yang lain. Para penduduk desa wisata tersebut, membuat kerajinan dengan produk utama yang mereka hasilkan berupa patung badak bercula satu. Di desa wisata, Anda dapat menyaksikan proses pembuatan patung-patung ini. Anda juga dapat bertanya langsung dengan para perajin jika ada hal-hal yang tidak Anda ketahui. Jika Anda ingin berbelanja ikan maupun yang masih segar, Anda juga dapat berkunjung ke desa Nelayan Cipanong yang terletak tidak jauh dari pantai.

Fasilitas
Pantai Tanjung Lesung adalah objek wisata yang sudah dikelola dengan baik. Untuk itu, pantai ini memiliki fasilitas yang tergolong cukup memadai. Berbagai warung makan, penginapan serta wahana bermain seperti jetsky, banana boat dan peralatan snorkeling sudah tersedia di pantai ini.

Jika ingin bermalam di Pantai Tanjung Lesung, Anda dapat menyewa hotel, homestay, resort maupun villa dengan tarif bervariasi mulai Rp 100.000 hingga Rp 2.000.000/malam.

Akses
Untuk mencapai Pantai Tanjung Lesung, Anda dapat menggunakan jalur yang sama seperti saat menuju ke Pantai Anyer. Selanjutnya, perjalanan dapat Anda teruskan dengan menyusuri wilayah pesisir Anyer-Carita dan mengambil arah ke Labuan. Dari Labuan, Anda akan sampai di Pantai Tanjung Lesung. Pantai Tanjung Lesung sendiri, berjarak sekitar 160 km dari ibukota dengan waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar tiga jam perjalanan.

Tunggu apa lagi? Let’s explore Banten!