Pantai Ngandong, Begini Rasanya Berwisata di Banyak Pantai Sekaligus


Siapa yang tidak mengenal Gunungkidul, salah satu kabupaten di DIY ini memiliki banyak objek wista pantai yang sudah terkenal dengan keindahannya. Gunungkidul memiliki deretan pantai yang masing-masing menyuguhkan panorama berbeda-beda. Salah satu pantai yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Gunungkidul ialah Pantai Ngandong. Meskipun belum setenar pantai lainnya di Gunungkidul, objek wisata satu ini sangat pantas masuk daftar kunjungan wisata Anda.

Panorama Pantai Ngandong, Gunungkidul. Via: alamasedy.blogspot.com

Lokasi

Secara administratif, Pantai Ngandong berada dalam wilayah Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Lokasi Pantai Ngandong dapat dikatakan cukup tersembunyi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena akses jalan menuju tempat ini sudah bagus dengan jalan yang beraspal.

Panorama Pantai Ngandong

Sebuah pantai dengan hamparan pasir putih dan air laut yang kebiruan akan menyambut kedatangan Anda. Meskipun masuk jajaran Pantai Selatan, ombak Pantai Ngandong tidak terlalu tinggi sehingga cocok menjadi tempat wisata Anda bersama keluarga.

Diapit oleh dua objek wisata lainnya yakni Pantai Sundak dan Pantai Krakal, membuat Pantai Ngandong memiliki panorama yang begitu indah. Jika menyususri tepian pantai, Anda dapat sampai ke Pantai Sundak maupun Pantai Krakal.

Tidak hanya indah degan hamparan pasir putihnya, ombak Pantai Ngandong yang tergolong cukup bersahabat membuat Anda dapat bermain air di tepian pantai dengan aman. Jika berkunjung bersama anak-anak, Anda dapat mengajak mereka bermain pasir di pinggir pantai. Sambil mengawasi mereka bermain, Anda juga dapat duduk-duduk bersantai di kursi yang disediakan para pemilik warung. Di banding pantai lainnya, objek wista satu ini masih terbilnag cukup sepi sehingga sangat tepat bagi Anda yang ingin menikmati wisata di tempat yang tenang.

Aktivitas

Selain menikmati panorama pantai dan bermain pasir putih, Anda dapat mencoba aktivitas lain yang tidak kalah seru. Jika Anda termasuk orang yang menyukai tantangan, cobalah untuk mendaki puncak bukit yang berada di dekat pantai. Dari atas ketinggian, pemandangan Pantai Ngandong dapat Anda nikmati dengan sensasi yang berbeda. Di Pantai Ngandong Anda juga dapat merasakan sensasi menaiki jet sky ke tengah laut. Meskipun harus merogoh kocek agak dalam, pengalaman membelah lautan dengan keceatan tinggi ini akan sangat berkesan bagi Anda.

Akses

Bila tidak terkena macet, dari pusat Kota Yogyakarta Anda hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam menuju Pantai Ngandong. Perjalanan dapat Anda lakukan dengan mengikuti rute menuju Pantai Baron yang juga dipandu dengan banyak penunjuk jalan. Karena letaknya yang berdekatan dengan dua Pantai lainnya, pengunjung biasanya memarkirkan kendaraan di area Pantai Sundak dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke arah kanan. Jaraknya cukup dekat hanya sekitar 100 M.  Karena kedekatan lokasinya degan Pantai Sundak inilah, membuat banyak orang malah tidak tahu keberadaan Pantai Ngandong.

Fasilitas

Walaupun lokasinya agak tersembunyi, bukan berarati Pantai Ngandong menjadi minim fasilitas umum. Di Pantai Ngandong Anda dapat menemukan banyak fasilitas yang dapat menunjang berbagai kebutuhan Anda. Seperti warung makan, lahan parkir yang luas, penyewaan tikar, penginapan hingga toilet juga tersedia di tempat ini. Bahkan tidak jauh dari sini tepatnya di dekat objek wisata Pantai Baron Anda dapat menemukan restoran.

Harga Tiket Masuk 2016

Untuk memasuki kawasan objek wisata Pantai Ngandong, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang. Tiket ini nantinya dapat Anda gunakan untuk menyusuri keindahan pantai Gunungkidul lainnya yang berada di jajaran Pantai Ngandong. Sedangkan jika Anda membawa kendaraan, maka biaya parkir juga akan dikenakan bagi Anda.