Pantai Kenjeran, Objek Wisata Pantai Andalan Surabaya

Meskipun tidak begitu tersohor dengan wisata pantai, Kota Surabaya yang berada di tepi laut ternyata memiliki objek wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi. Objek wisata pantai yang terkenal di Kota Surabaya ialah Pantai Kenjeran.

Pada hari libur, Pantai Kenjeran senantiasa di padati pengunjung. Khususnya penduduk Kota Surabaya sendiri, menjadikan Pantai Kenjeran sebagai tempat refreshing untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Kenjeran buka setiap hari selama 24 jam. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir jika ingin datang sewaktu-waktu.



Senja di Pantai Kenjeran, Surabaya. Via: www.pasirpantai.com

Pantai Kenjeran memiliki banyak fasilitas yang cukup lengkap. Jika Anda membawa sang buah hati, maka pantai ini sangat cocok karena terdapat arena bermain anak. Keasrian taman di dekat pantai dan hamparan bebatuan nan indah akan menyambut Anda ketika tiba di pantai ini. Selain itu, Pantai Kenjeran juga menjadi surga wisata kuliner. Anda dapat mencicipi beragam kuliner khas Surabaya seperti lontong kupat, lontong balap, rujak cingur, sate kerang, ikan bakar dan sebagainya.

Jika beranjak pulang, Anda juga dapat membeli sejumlah oleh-oleh khas Pantai Kenjeran seperti cindera mata, kerupuk udang, ikan asin hingga ikan segar yang baru ditangkap.
Lokasi

Secara administratif, Pantai Kenjeran masuk dalam wilayah Kecamatan Kenjeran tepatnya di bagian timur Kota Surabaya. Dari pusat kota, pantai ini berjarak sekitar 9 Km. Dari pantai ini, jembatan Suramadu juga akan terlihat dengan jelas.

Aktivitas

Pantai Kenjeran dibagi dalam dua bagian yakni Pantai Kenjeran baru dan Pantai Kenjeran Lama. Keduanya memiliki fungsi dan suguhan yang berbeda bagi para pengunjungnya.

Aktivitas seperti berlayar, memancing, berenang, membeli ikan atau sekedar menikmati keindahan panorama pantai dapat Anda nikmati di Pantai Kenjeran Lama. Sedangkan Pantai Kenjeran Baru, memiliki fasilitas penunjang yang lebih lengkap. Di Pantai ini Anda dapat melakukan aktivitas seperti berenang, mengunjungi taman bermain, melihat sarana ibadah umat Budha, dan beragam jenis olahraga yaitu Gokart, Balap Motor, Pacuan Kuda dan tenis.

Cukup dengan uang Rp 5.000, Anda dapat menyeberang ke tengah laut untuk melihat patung Dewi Kwan Im setinggi 20 M. Pada hari-hari tertentu, Pantai Kenjeran kerap menjadi tempat diadakanya acara-acara menarik seperti pertunjukan barongsay pada bulan purnama, drag race di Park-Sircuit, permainan layang-layang dan pacuan kuda.
Fasilitas

Pantai Kenjeran Surabaya memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti stand-stand penjualan makanan, gazebo, penginapan, hingga kios-kios cinderamata khas pantai. Berbagai cinderamata ini, umumnya terbuat dari hasil laut seperti kulit kerang dan keong laut. Seluruh bahan dasar tersebut dirangkai menjadi hiasan yang menarik oleh para perajin. Jika ingin berkreasi sendiri, Anda dapat membeli kulit kerang yang sudah dipoles dan dijual terpisah. Jika ingin menikmati panorama sunrise dan sunset, Pantai Kenjeran juga menyediakan penginapan yang agak menjorok ke pantai.

Akses

Untuk menuju lokasi Pantai Kenjeran, Anda dapat menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Bungurasih Anda dapat naik bus Damri menuju Terminal Joyoboyo. Dari Terminal Joyoboyo, Anda dapat meneruskan perjalanan dengan angkutan umum Lyn R tujuan Kenjeran. Anda harus mengatakan kepada pengemudi bahwa Anda ingin turun di Pantai Kenjeran.

Harga Tiket Masuk 2016
Untuk memasuki kawasan Pantai Kenjeran, Anda dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000/orang. Sedangkan jika membawa kendaraan pribadi, Anda juga dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000/unit untuk kendaraan roda dua dan Rp 12.000/unit untuk kendaraan roda empat.