Pantai Balangan Bali, Keindahan Objek Wisata yang Tersembunyi


Semua orang tentu mengenal Pulau Dewata Bali. Bahkan di kancah internasional, Bali menjadi tujuan wisata populer karena keindahan alam dan biaya wisata yang terjangkau. Bagi wisatawan domestik sendiri, Bali juga menjadi tempat yang sangat favorit untuk menghabiskan hari libur. Nama-nama pantai seperti Kuta, Sanur dan Nusa Dua pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Tapi tidak banyak yang tahu, selain pantai-pantai yang sudah cukup tersohor, Bali masih menyimpan pesona alam lain yang tidak kalah indahnya. Salah satunya yakni Pantai Balangan.

Pantai Balangan terletak di bagian selatan Pulau Bali. Bagi Anda pecinta pantai, tentunya setuju gugusan pantai selatan Pulau Bali selalu mengundang decak kagum. Tidak heran, bermunculan nama-nama pantai baru yang sedikit asing seperti halnya Pantai Balangan. Namun, karena pantai yang masih baru itulah, banyak wisatawan yang penasaran dan ingin menengok keindahan pantai ini.

Panorama Pantai Balangan dari atas ketinggian. Via: www.pasirpantai.com


Lokasi

Dari Pantai Kuta, Pantai Balangan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 sampai 40 menit. Rute perjalanan menuju Pantai Balangan dapat Anda mulai dari objek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK). Dari GWK Anda dapat naik dan lurus ke atas hingga bertemu jalan perempatan. Dari sini, Anda harus berbelok ke kanan menuju Jl. Pantai Balangan I. Dengan mengikuti jalan ini, Anda akan bertemu dengan objek wisata Pantai Balangan. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena ada banyak penunjuk jalan yang siap menjadi pemandu. 

Paorama Pantai Balangan 

Jika sudah tiba, Anda jangan terburu-buru menuju bibir pantai. Sebaiknya Anda nikmati dulu suasana di sekitar tebing Pantai Balangan. Dari spot ini, pemandangan Pantai Balangan teramat sayang untuk dilewatkan. Apabila Anda hobi fotografi, tebing-tebing di Pantai Balangan dapat menjadi spot menarik untuk diabadikan. Dari atas ketinggian, degradasi warna air laut Pantai Balangan akan begitu terlihat dengan jelas. Hamparan pasir putih yang berpadu dengan birunya air laut akan menjadi pemandangan yang menyejukkan mata Anda. Air laut yang benar-benar jernih, akan membuat Anda tak sabar untuk menikmati kesegarannya.

Jika ingin menginjakkan kaki di bibir pantai, terlebih dahulu Anda harus menuruni jalan setapak yang agak curam. Meskipun sedikit ekstrim, perjalanan ini tidak akan begitu terasa karena di depan sana hamparan pasir putih dan pemandangan laut yang sangat indah sudah menunggu kedatangan Anda. Sesampainya di bibir pantai, Anda akan merasakan sensasi liburan yang Tenang. Mengapa demikian? Tidak seperti pantai lain di Bali yang dipadati banyak turis, tukang pijat maupun pedagan-pedagang, di Pantai Balangan mungkin Anda hanya akan bertemu beberapa turis dan wisatawan lain yang sedang menikmati liburan di pantai ini.

Posisi Pantai Balangan yang dibatasi oleh tebing dengan tinggi sekitar tujuh meter, membuatnya tersembunyi dan terpisah dari dunia luar. Jajaran tebing di Pantai Balangan terlihat begitu hijau karena dihuni oleh pepohonan khas tumbuhan karang. 

Aktivitas

Panorama Pantai Balangan tidak hanya indah dinikmati ketika siang hari. Menjelang petang, Anda dapat menikmati keindahan sunset yang amat romantis ditemani semilir angin yang menenteramkan.

Selain Pantai Kuta, ombak Pantai Balangan juga menjadi favorit para pecinta selancar. Dengan karakteristik ombaknya yang tinggi, besar dan panjang, berbekal papan surfing banyak peselancar yang betah berada di pantai ini seharian.

Jika lelah bermain, Anda dapat berjemur sambil menikmati panorama pantai. Saat rasa lapar menyerang, Anda juga dapat mengunjungi cafe yang teretak tidak jauh dari pantai. Ada banyak pilihan menu yang dapat Anda nikmati. Biasanya tatkala siang hari, es kelapa muda menjadi favorit para wisatawan guna mengusir dahaga di tengah teriknya matahari.