Tiket Masuk Taman Satwa Taru Jurug, Surakarta 2017

Surakarta merupakan sebuah kota yang terletak di bagian tengah pulau Jawa. Kota ini memiliki tempat hiburan ataupun wisata yang cukup terkenal dan banyak di kunjungi pada waktu liburan atau hari-hari tertentu, taman wisata tersebut bernama Taman Satwa Taru Jurug atau biasa di kenal dengan kebun binatang Jurug. Kebun binatang jurug ini terletak di jalan ir Sutami No. 40 Kentingan Jebres, Surakarta atau di sebelah kampus universitas sebelas maret. Taman satwa ini terkenal cukup strategis karena terletak di pinggiran kota sehingga mudah untuk di jangkau.


Taman Satwa Taru Jurug, Surakarta
Taman satwa taru jurug ini berdiri sejak tahun 1870-an onleh Sultan Hamengkubuwono X sebagai tempat konservasi baik binatang maupun tumbuhan. Pada mulanya, tempat ini hanya memiliki sedikit koleksi binatang, namun seiring engan berkembang nya waktu, maka taman satwa taru jurug ini juga mengembangkan fasilitas yang ada di taman nya termasuk menambah koleksi binatang yang ada. Taman wisata taru jurug memiliki koleksi binatang langka seperti burung merak hijau, harimau sumatera, iguana, komodo dan hewan-hewan langka lainya. Tak hanya satwa, di tempat ini juga terdapat berbagai macam jenis tumbuhan baik yang berbentuk kecil maupun yang berbentuk besar seperti pohon akasia, pohon pinus, pohon cemara dan pohon flamboyan. Pohon-pohon tersebut tak hanya berfungsi sebagai konservasi, tetapi juga bisa di jadikan sebagai tempat berteduh dan penghijauan.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di taman wisata taru jurug cukup banyak, seperti aneka wahana permainan baik untuk dewasa dan untuk anak-anak. Fasilitas tersebut berupa kereta mini, kolam renang, wahana air. Sehingga seluruh pengunjung bisa mencoba untuk menikmati wahana tersebut setelah lelah berkeliling melihat satwa yang ada di kebun binatang tersebut. Tak hanya itu saja, setiap hari-hari tertentu ataupun setiap tahun sekali di kebun binatang Jurug ini selalu diadakan pementasan reog ponorogo dan juga pertunjukan music dan festival gethek yag di gelar sangat meriah. Tujuan dari adanya aneka pertunjukan tersebut tentu saja untuk menarik para wisatawan berkunjung di taman satwa taru jurug ini, terutama para wisatawan internasional. Di taman wisata ini juga terdapat sebuah monemun slah seorang maestro yang di kenal dengan lagunya bengawan solo, konon lagu tersebut menginspirasinya saat dia sedang duduk di taman satwa taru jurug tersebut.

Di taman wisata tarujurug tersebut juga terdapat berbagai macam kios oleh-oleh bagi para pengunjung yang ingin membawakan cinderamata bagi keluarganya. Sehingga anda tak perlu bingung bila ingin mencari oleh-oleh untuk keluarga, karena disini sudah tersedia cukup lengkap. Tak hanya toko atau kios cinderamata, disini juga terdapat warug kuliner yang bisa nada coba, warung kuliner disini menyediakan berbagai menu makanan terutama makanan khas Solo atau Surakarta Jawa Tengah.

Akses

Bila ingin sampai di Taman wisata tau jurug ini, maka anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, karena terletak di pinggir kota, sehingga jalan yang di lalui tentu saja tidak sulit dan strategis. Jika anda menggunakan kendaraan umum seperti bus, anda berhenti saja di universitas sebelas maret karena kebun binatang ini sangat berdekatan dengan kampus tersebut.

Harga Tiket Masuk 2017.

Harga tiket masuk untuk berkunjung di taman wisata taru jurug ini cukup murah, yaitu Rp 6.000 untuk hari biasaya dan Rp 7.000 untuk hari libur. Jika ada ingin berkeliling dengan menunggang kuda ataupun gajah, maka anda bisa menyewanya dengan harga Rp 7.000. biaya tersebut di luar dari biaya parkir kendaraan yang anda bawa.