Akses Masuk Ke Pulau Krakatau


Kepulauan krakatau merupaka hasil dari letusan Gunung Krakatau yang sangat dasyat sehingga mempengaruhi iklim dunia pada tahun1883, dari letusan itulah sekarang menjadi beberapa pulau dan muncul juga gunung aktif yang baru yang biasa disebut sebagai gunung Anak Krakatau, gunung ini selalu menyemburkan lava dan material lainya dari dalam perut bumi.

Sumber: paketwisatamurah
Kepulaun Krakatau juga menyuguhkan alam yang indah, oleh karena itu jika anda ingin mengunjungi tempat ini anda bisa mengambil 2 akses yaitu dari pulau sumatera dan jawa, untuk dari sumatera anda bisa melalui kota BandarLampung sedangkan jika anda dari Jawa anda bisa melalui banten dan jakarta.


Akses Dari Jakarta
Jika anda ingin ke Kepulauan Krakatau melalui jakarta, anda bisa mulai dari Terminal kalideres dengan menggunakan Bus menuju pelabuhan merak, banten. Sampai di merak anda naik kapal ferry menuju pelabuhan Bakauheni yang ada di ujung pulau sumatera yang akan memakan waktu 2 jam. Jika sampai Bekauhen anda dapat menyewa sebuah transportasi public ke PelabuhanTanjung Bom. Dari Tanjung Bom Anda dapat menemukan menyewa perahu ke Pulau Sabesi sebagai titik transit sebelum menuju Pulau Krakatau. Dari pulau Sabesi ke kepulauan Krakatau  memakan waktu sekitar 2 jam naik perahu. Setelah itu anda akan sampai di kepulauan Krakatau. Jika anda mempunyai banyak uang anda bisa dari jakarta menyewa kapal pesiar dari pelabuhan tanjung priok dan langsung sampai di kepulauan krakatau.

Akses Dari Bandar Lampung
Jika anda pergi ke Kepulauan Krakatau, anda bisa memulainya dari Terminal Rajabasa munuju kalianda yang memerlukan 1 jam perjalanan, setelah sampai kalianda anda bisa melanjutkan menuju Desa Canti, setelah anda sampai desa cantai maka anda dapat menyewa kapal baik kapal cepat atau kapal biasa, sebaiknya anda menggunakan kapal cepat agar anda sampi lebih awal. Untuk kapal cepat anda hanya menempuh 1,5 jam perjalanan sedangkan kapal biasa anda membutuhkan waktu hingga 2,5 jam.

Surat Izin Masuk
Sebelum anda masuk di kawasan alam Kepulauan Krakatau anda harus mempunyai surat terlebih dahulu atau Surat Izin Masuk Kawasan Konsevasi (SIMAKSI) kalau belum ada berati anda memasuki secara ilegal. SIMAKSI Krakatau hanya bisa anda peroleh di Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA Lampung). Untuk informasi lebih lanjut mengenai SIMAKSI Anda dapat menghubungi:
Bpk. Ari Rakatama
Telp:  +62 721 703882 or +62 813 69455403

Untuk masuk ke Kepulauan Krakatau termasuk agar repot karena anda harus menyerahkan berbagai dokumen. Ada dua tujuan untuk bisa memperoleh SIMAKSI yaitu tujuan Penelitian dan Pendidikan, jika bertujuan untuk wisata anda bisa menggungkan SIMAKSI bertujuan Pendidikan karena lebih mudah. Adapun dokumen yang harus anda persiapkan yaitu:

Tujuan Penelitian :
Surat Permohonan, Fotokopi KTP Pemohon/Paspor, Daftar Nama dan Kewarganegaraan Semua Pengunjung, Penelitian/Proposal survei.
Tujuan Pendidikan :
Surat Permohonan, Fotokopi KTP Pemohon, Daftar Nama dan Kewarganegaraan Semua Pengunjung.

Dari seluruh persyaratan anda haru menyerahkan kepada pihak BKSDA Lampung setidaknya tujuh hari, karena prosesnya cukup lama anda harus menunggu sampai SIMAKSI di keluarkan. Perlu anda ingat di kawasan Kepulauan Krakatau tidak ada warung makan dan restoran, oleh karena itu anda harus membawa bekal sebelum brangkat.

Demikian penjelasan yang kami sajika semoga informasi ini bermanfaat  dan kami ucapkan selamat sempai tujuan dengan selamat.