Pantai Bunaken, Surga Bawah Laut Indonesia yang Mendunia



Menurut Wikipedia, Bunaken merupakan pulau dengan luas 8,98 km yang terletak di Teluk Manado, sebelah utara Pulau Sulawesi, Indonesia. Termasuk dalam bagian kota Manado, Pulau Bunaken dapat ditempuh menggunakan speed boat dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan Manado. Di sekitar Pulau Bunaken inilah taman laut Bunaken yang sangat terkenal berada. Taman laut Bunaken masuk dalam bagian Taman Nasional Bunaken dimana taman laut ini memiliki boidiversitas kelautan yang merupakan salah satu tertinggi di dunia. Secara keseluruhan, taman laut Bunaken memiliki lima pulau di dalamnya, yaitu Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Mantehage, Pulau Siladen, dan Pulau Naen. Area diving yang menyuguhkan surga bawah laut terletak di masing-masing pantai yang mengelilingi lima pulau tersebut.

Terumbu Karang Laut Bunaken, Manado. Via: initempatwisata.com

Di Pulau Bunaken, terdapat underwater great walls yang biasanya disebut juga dengan hanging walls atau dengan kata lain yaitu dinding-dinding karang raksasa yang tegak berdiri dan melengkung ke atas. Bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken, hanging walls juga menjadi sumber makanan mereka.

Keindahan Taman Laut Bunaken

Terumbu karang di bawah laut Bunaken menjadi tombak utama kekuatan wisata di Bunaken. Kurang lebih 2.000 jenis ikan dan beragam biota laut hidup di terumbu karang ini. Spesies ikan yang biasanya akan dijumpai disini ialah unicorn, wrase, trigger, sweetlip, dansel dan masih banyak lagi.

Jika menyelam lebih dalam lagi, Anda akan dapat menemukan beragam jenis ikan besar. Di antaranya ikan marlin, pari, tuna, hiu kepala palu, barakuda, paus, cakalang dan lumba-lumba. Bahkan jika sedang beruntung, Anda dapat menemukan spesies ikan langka yang kini hampir punah seperti ikan coelacanth (raja laut) dan dugong.


Menikmati Surga Bawah Laut dengan Snorkeling dan Diving

Aktivitas utama yang menjadi favorit wisatawan saat datang ke Bunaken ialah Snorkeling dan diving.  Untuk dapat melakukannya, Anda dapat menyewa peralatannya di banyak tepat persewaan sekitar pantai. Adapaun tarif sewa untuk peralatan snorkeling ialah sekitar Rp 150.000/hari. Biasanya, tarif penyewaan sudah tetap dan berlaku di semua tempat penyewaan di Bunaken. Dengan uang Rp 150.000, Anda sudah dapat mengantongi peralatan berupa wetsuit, sepatu katak dan masker. Jika ingin mengabadikan momen di bawah laut, Anda harus merogoh kocek lagi sebesar Rp 350.000. Sedangkan jika ingin mendapatkan seorang pemandu, biaya yang dikenakan sama dengan tarif sewa peralatan Snorkeling. Bahkan jika Anda ingin diving namun belum terbiasa, pemandu dengan senang hati akan membantu Anda.

Aktivitas Wisata Lain di Bunaken

Bukan hanya pemandangan bawah lautnya yang memukau, Bunaken sebenarnya juga terkenal dengan keindahan panorama pantainya. Untuk menikmati keindahan tersebut, Anda dapat berjalan kaki menyusuri tepi pantai yang dipenuhi dengan hamparan pasir putih bersih. Air lautnya yang jernih berwarna hijau tosca, mampu membius Anda akan keindahan ciptaan Tuhan satu ini. Jika ingin merasakan jalan-jalan dengan sensasi berbeda, Anda bersama teman-teman dan keluarga dapat menaiki Katamaram yang disewakan di Bunaken. Katamaram sendiri adalah fasilitas berupa kapal berdinding kaca. Dengan kapal ini Anda tetap dapat menikmati keindahan bahwah laut Bunaken sembari berlayar mengarungi laut. Tidak Cuma Katamaram, masih ada fasilitas lain seperti kapal selam Blue Banter yang dapat Anda coba. Meskipun harus merogoh kocek cukup dalam, pengalaman Anda menikmati keindahan bawah laut Bunaken dengan cara ini akan setimpal dengan biaya yang dikeluarkan.

Akses

Untuk menuju Taman Nasional Bunaken, akses yang ada cukup mudah. Bandara Sam Ratulangi, telah melayani rute penerbangan langsung dari dalam dan luar negeri. Penerbangan ke luar negeri yang dapat dilakukan ialah menuju Davao (Filipina), Manila, Kuala Lumpur dan Singapura. Dari Bandara Sam Ratulangi, Anda dapat menumpang taksi dengan tarif Rp 150.000 hingga Rp 2.000 untuk menuju kota Manado.

Adapun untuk menuju ke Bunaken dari Manado, Anda dapat memilih dua tempat berangkat. Yakni dari Marina atau Pasar Barsehati. Tarif sewa kapal dari Marina ke Bunaken sekitar Rp 600.000-800.000. Namun, Anda dapat berhemat dengan memilih berangkat dari Pasar Bersehati. Tarif sewa kapal dari tempat ini menuju Bunaken sekitar Rp 300.000-400.000. Atau Anda juga dapat memilih kapal tradisional dengan biaya sekitar Rp 50.000/orang.

Harga Tiket Masuk 2016

Anda harus memiliki tanda masuk dan tiket ke Pulau Bunaken untuk dapat memasuki kawasan wisata Taman Laut Bunaken. Untuk mendapatkan tanda masuk dan tiket tersebut, Anda dapat memperolehnya di Kota Manado atau langsung datang ke Taman Nasional Bunaken. Tarif tiket masuk yang diberlakukan yakni Rp 3.000/orang untuk wisatawan domestik. Sedangkan bagi wisatawan mancanegara, tarif yang diberlakukan ialah Rp 60.000/orang atau dapat langsung membeli untuk kunjungan satu tahun sebesar Rp 170.000/tahun.