Keindahan Pantai Baron Gunungkidul, Jogjakarta


Satu lagi tempat wisata yang tak boleh terlewatkan bila anda berkunjung ke Gunungkidul, Jogjakarta yaitu pantai Baron. Nama Baron bermula dari seorang pelayar yang bernama Baron Skeber dan menemai pantai ini sebagai pantai Baron. Berbeda dengan pantai lain yang ada di Gunungkidul, pantai Baron ini sudah lengkap fasilitasnya, sehingga bisa di kunjungi pada siang maupun malam hari. Pantai baron ini juga terkenal akan keindahanya, hamparan pasir putih, air laut yang berwarna biru dan desau angin yang membuat kesyahduan pantai indah ini.
 
Pantai Baron, Gunungkidul Jogjakarta
Selain terkenal akan keindahanya, pantai Baron juga terkenal akan wisata kulinernya, banyak sekali menu makanan yang di jajakan di rumah makan dekat pantai ini dan yang paling banyak di minati oleh para wisatawan adalah menu khas lautnya berupa ikan bakar, udang dan juga cumi-cumi. Sehingga pantai ini sangat cocok untuk para wisatawan yang tak hanya hobi menikmati wisata alam tetapi juga wisata kuliner. Untuk masalah harga, pantai ini membandrol makanan nya dengan harga yang cukup murah dan pas di kantong. Anda bisa menyantap kuliner disini sembari di temani dengan desau angin dan suara ombak yang bergulung-gulung yang akan membuat makan anda jadi tambah nikmat.

Meskipun pantai ini terjaga, namun ketika berenang ataupun mandi, anda tetap perlu hati-hati, tidak boleh melampui batasan yang telah di tetapkan. Selain berenang dan mandi, disini anda juga bisa menikmati permainan air dengan menggunakan rakit ataupun menaiki kapal mesin, selain sebagai tempat wisata, pantai Baron juga ternyata di gunakan oleh para nelayan untuk mencari dan menangkap ikan yang kemudian di jual, sehingga tak heran disana juga terdapat pelelangan yang cukup besar sebagai tempat transaksi jual beli ikan. Anda pun bisa membeli secara langsung ikan segar disana atupun seafood, dengan harga yang lebih terjangkau tentu saja.

Bagi anda para wisatawan yang mencari oleh-oleh untuk keluarga, disini juga terdapat tempat untuk menjual souvenir seperti jam, gantungan kunci, bingkai dan souvenir lainya. Untuk makanan disini juga di jual beberapa jenis jajanan yang bisa di jadikan sebagai oleh-oleh. Sehingga anda tidak perlu mencari tempat lain, cukup datang di spot tempat oleh-oleh tersebut di jual.

Di pantai ini, ternyata juga terdapat sebuah mercusuar yang tegap berdiri sepanjang 40 meter, mercusuar ini berada di sebelah pantai baron, dimana kita harus melewati jalan setapak untuk sampai ke mercusuar ini. Mercusuar ini di bangun pada tahun 2004 dan masih berfungsi hingga sekarang. Namun, banyak juga para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang ke mercusuar ini untuk mengambil foto dari atas. Untuk masuk ke mercusuar ini, kita harus membayar Rp 5000 kepada penunggunya, setelah itu kita bisa masuk mercusuar dan menaiki tangga setinggi 40 meter, tangga tersebut memutar dan untuk tangga yang terakhir berbentuk vertikal, namun anda tak perlu khawatir, karena setelah melewati tangga vertikal tersebut anda langsung bisa sampai di puncak mercusuar. Dari sana anda bisa menikmati pemandangan gunung kidul secara utuh dari atas, sangat cocok untuk berfoto bersama sahabat maupun bersama pasangan. Namun anda juga tetap perlu berhati-hati ketika sudah berada di puncak.
 
Mercusuar Gunungkidul Jogjakarta
Akses untuk sampai ke pantai baron dan mercusuarnya ini cukup mudah, karena sudah di bangun jalan yang mulus dengan penerangan yang memadai, jika anda berasal dari Jogjakarta, anda cukup mengambil jalan dari arah Wonogiri lalu ikuti penunjuk jalan yang ada di pinggir jalan hingga tiba di pantai Baron.

Tunggu apalagi? Ayok melancong, temukan keindahan dan mercusuarmu di Pantai Indah Baron!