Mencicipi Aneka Wisata Kuliner Lezat Solo, Jawa Tengah


Bila anda sedang berjalan-jalan di Jawa Tengah lebih tepatnya Solo, maka tak hanya berwisata, tapi anda juga wajib menyambangi beberapa kuliner khas Solo yang terkenal akan citarasa nya yag khas. Berikut beberapa menu kuliner di Solo Jawa Tengah yang bisa menjadi referensi anda. 

Menikmati Lezatnya Soto Gading

Soto Gading, Solo
Soto Gading ini sudah sangat tersohor akan citarasanya yang sangat khas, bahkan banyak pejabat negara yang mampir di tempat ini hanya untuk mencicipi rasa sotonya yang begitu melegenda. Soto ini mulai beroprasi pada pukul 6 pagi sehingga sangat cocok dijadikan menu sarapan, kuah yang begitu sedap di campur dengan bihun yang lembut dan suwiran-suwiran ayam telah menjadikan soto gading ini begitu tersohor di kalangan warga Solo dan sekitar. Jadi jika anda pergi ke Solo, jangan lupa mencicipi jajanan pejabat ini yang terletak di sebelah selatan alun-alun kota Solo, untuk masalah harga, soto ini sangat bersahabat.
 

Pecel Ndeso dengan Rasa yang Tak Ndeso

pecel ndeso, Solo
Menu kuliner selanjutnya yang patut anda coba bila berkunjung di Solo, Jawa Tengah adalah pecel ndeso atau biasa disebut juga Waroeng Ndeso Resto. Warung ini menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman tradisional, tak hanya pecel tapi juga nasi merah dengan berbagai jenis sayuran, minuman yang di jual disini pun juga unik yaitu berupa jamu seperti temulawak, beras kencur, kunir asam dan lain-lain yang bisa di sajikan dingin ataupun hangat. Warung ini pun buka dua kali yaitu pada pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore lalu opening yag kedua yaitu pada pukul 6 sore hingga jam 10 malam. Meskipun disebut dengan pecel ndeso (desa) namun untuk rasa juga tak ikut ndeso. Sangat recommended untuk di kunjungi bila anda berada di Solo, Jawa Tengah.
 
Mencicipi Surabi Noto Sumon, Solo

Srabi Noto Sumon, Solo
Surabi Noto sumon ini terletak di jalan mohammad yamin no 28. Surabi ini terkenal akan rasa nya yang nagih dan harga nya yang sangat murah. Ada dua pilihan rasa untuk surabi ini yaitu original ataupun coklat. Untuk original di bandrol dengan harga Rp 20.000 dengan isian sekitar 10 buah, namun untuk coklat di bandrol dengan harga Rp 25.000 sangat murah bukan? Surabi ini biasanya di sajikan dengan keadaan hangat karena di masak dengan tungku dan cetakan cetakan kecilnya. Bila anda pergi ke Solo, tak perlu bingung untuk memilih oleh-oleh apa yang akan di bawa, karena surabi ini sangat cocok di jadikan buah tangan bila anda sedang berkunjung di Solo.

Tahok Lezat Pak Citro

Tahok, Solo
Tahok ini berlokasi di jalan pasar gede milik seseorang bernama pak citro. Anda tau apa itu tahok? Tahok merupakan makanan khas Tionghoa yang berasal dari nama taho yang berarti kedelai dan heu yang berarti lumat. Tahok disini memang hampir sama dengan tahu tetapi lebih lumer dan cara makanya menggunakan kuah gula jawa yang di campur dengan rempah-rempah sehingga dapat mengahangatkan badan. Tahok ini di jual dengan harga yang sangat murah, yaitu Rp 4000 per mangkoknya. Pak citro sendiri mulai beroprasi untuk menjual tahoknya pada pukul 6 pagi hingga 4 sore dan bahkan sudah terjual habis sebelum sore menjual.
 
Menikmati Lezatnya Sate Buntel Mbok Galak

Sate Buntel Mbok Galak, Solo
Sate buntel mbok galak ini terletak di jalan Mangu sarkoro No 122 Banyuanyar. Sate buntel merupakan sate yang sama dengan sate yang lainya hanya saja yang membedakan adalah pada sate buntel, sate tersebut di balut dengan lemak lalu di bakar sehingga menambah rasa gurih pada sate. Sate mbok galak ini beroprasi dari jam 6 pagi hingga jam 4 sore, sehingga bila anda ingin mencoba nya, jangan lewat dari jam 4 sore


Selamat mencoba sahabat kuliner!