Menyaksikan Kura-kura Raksasa di Pantai Kartini Jepara


Pantai Kartini Jepara 2016-Selain wisata budaya, Provinsi Jawa Tengah juga memiliki wisata bahari yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya alah Pantai Kartini. Sebuah Pantai yang berada di desa Bulu, Jepara Jawa Tengah ini merupakan arena wisata sekaligus edukasi yang cukup terkenal. Lokasinya terletak sekitar 3 km ke arah barat Kota Jepara.


Kura-kura Ocean Beach Pantai Kartini, Jepara.


Salah satu pahlawan nasional Indonesia dari Jepara yakni R.A. Kartini, menyebut pantai yang memiliki ombak tenag dengan pasir putih ini sebagai Kleine Scheveningen. Didukung oleh pemerintah setempat, kini Patai Kartini menjadi sarana edukasi yang cukup populer di Kabupaten Jepara. Pemerintah setempat telah mengembangkan kawasan wisata Pantai Kartini dengan cara membangun beragam wahana hiburan dan pendidikan di antaranya aquarium raksasa yang berbentuk mirip kura-kura. Gaya arsitektur yang elegan, membuat aquarium ini banyak dikunjungi wisatawan. Adapun aquarium tersebut terdiri dari dua lantai yakni lantai satu yang difungsikan sebagai aquarium raksasa dan lantai dua yang difungsikan sebagai ruangan untuk teater 3D.

 Aktivitas
Aquarium raksasa ini memiliki banyak koleksi binatang-bintang laut. Mereka terdiri dari beragam habitat hewan air yang hidup tersebar di seluruh laut Kabupaten Jepara. Di antaranya ialah gurita, ikan teri hingga ikan arwana juga ada di aquarium ini.
Aquarium raksasa yang menjadi ikon wisata Pantai Kartini tersebut, lebih dikenal dengan sebutan Kura-kura Ocean Park. Selain Kura-kura Ocean Park, Pantai Kartini juga emiliki sarana bermain untuk anak-anak.

Masyarakat di sekitar Pantai Kartini hingga kini tetap memegang teguh adat istiadat setempat. Salah satunya ialah pagelaran upacara tradisional Lomban yang diadakan setahun sekali. Upacara tradisional ini biasa digelar satu minggu setelah hari Raya Idul Fitri. Pada momen terseut, Pantai Kartini biasanya akan dipadati pengunjung. Tidak hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara juga banyak yang tertarik menyaksikan tradisi ini. tidak jauh dari area pantai, terdapat tempat pementasan budaya yang sering digunakan untuk pertunjukan-perunjukan seni.

Jika Anda hobi berkemah, Anda dapat berkunjung ke Pulau Panjang yang berjarak sekitar 15 km di seberang Pantai Kartini. Berkemah di Pulau Panjang dapat Anda nikmati bersama teman-teman dan keluarga. Pulau Panjang yang memiliki lahan seluas kurang lebih 5 hektar ini memiliki fasilitas berupa jalan setapak yang sangat asyik untuk berkeliling area pulau. Di pulau ini juga, Anda bisa menemukan fauna langka seperti burung blekok yang statusnya sudah dilindungi.

Fasilitas
Jika ingin berkeliling di area pantai atau menyeberang ke Pulau Panjang, Anda dapat menyewa perahu motor dengan tarif sekitar Rp 50.000 sampai Rp 70.000. satu perahu motor yang Anda sewa, kurang lebih dapat menampung penumpang sebanyak 15 orang. Selain itu, Pantai Kartini sudah dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti toko siouvenir, warung makan dan berbagai penginapan.
Akses Jalan

Salah satu akses menuju Pantai Kartini dapat Anda tempuh dari Kota Semarang. Adapun jarak antara Semarang dan Jepara ialah sekitar 85 km dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Dengan menggunakan kendaraan bermotor, rute yang dapat Anda lalui ialah Semarang, Demak dan Jepara. Pantai Kartini yang hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat Kota Jepara membuat pantai ini mudah ditemukan. Jika Anda sudah berada di Jepara, perjalanan dapat dilanjutkan dengan mengikuti papan penunjuk arah yang Akan menuntun Anda ke lokasi Pantai Kartini.

Harga Tiket Masuk
Untu memasuki kawasan panta di tahun 2016i, Anda hanya akan dikenakan biaya Rp 5.000/orang. Sedangkan jika Anda ingin berwisata edukasi, Anda dapat mengunjungi Kura-kura Ocean Park dengan biaya masuk sekitar Rp 12.500 setiap weekday dan 17.500 setiap weekend.