Menyongsong Ombak Besar di Pantai Krakal



Sebagai gudangnya tempat wisata, Yogyakarta juga tersohor dengan keindahan pantainya. Salah satu yang populer ialah Pantai Krakal. Berada di ujung selatan Yogyakarta, Pantai Krakal menyajikan panorama alam yang luar biasa. Kondisi alam Pantai Krakal berupa garis pantai yang landai dihiasi pasir putih lembut dan irama ombak bertalu-talu dengan air jernih yang kebiruan. Area bibir Pantai Krakal juga dihuni oleh bebatuan karang yang menambah keindahan di pantai ini. Bebatuan karang di sekitar pantai menjadi habitat asli ikan-ikan karang yang berwarna-warni. Antara lain butterflyfish (ikan kepe-kepe) dengan garis biru muda dan biru tua, Damselfish kuning dengan corak warna biru di bagian punggungnya serta segerombilan ikan-ikan kecil yang berwarna biru terang. Tidak hanya ikan, biota laut seperti bintang laut hitam juga berdiam di balik bebatuan karang tersebut. 

Ombak Pantai Krakal, Yogyakarta. Sumber: http://2.bp.blogspot.com

Fasilitas
Demi mendukung kawasan wisata yang lengkap, di sekitar Pantai Krakal telah banyak berdiri penginapan yang memudahkan pengunjung untuk menginap di sekitar pantai. tidak hanya itu, deretan warung-warung makan juga siap melayani setiap pengunjung yang merasa lapar.

Aktivitas
Jika sudah bosan bermain di pinggir pantai, Anda dapat mencoba sensasi berjalan kaki mengarungi bibir Pantai Krakal. Namun perlu diingat, Anda harus tetap mengenakan alas kaki karena bebatuan karang bersifat tajam sehingga dapat melukai kulit kaki. Sambil menikmati perjalanan ini, Anda dapat menyaksikan beberapa nelayan yang melintas di depan Anda. Mereka biasanya sedang mencari posisi strategis guna melemparkan kail pancingnya. Tidak hanya memancing, beberapa nelayan juga terlihat asyik menyelam di area laut yang dangkal guna berburu umbal. Umbal ialah sejenis binatang laut kecil yang biasa hidup dengan menemel di bebatuan. Setelah memperoleh buruan tersebut, masyarakat sekitar pantai biasa mengolah umbal menjadi rempeyak yang terasa gurih di lidah.

Selain keindahan alam, Pantai Krakal sebagai jajaran laut selatan juga menyuguhkan ombak laut yang cukup besar. Ombak tersebut, biasa dimanfaatkan wisatawan pecinta olahraga selancar sebagai ajang membuktikan kemampuan. Untuk berselancar di Pantai Krakal, Anda harus berjalan terlebih dahulu ke bebatuan karang di area lepas pantai agar dapat menyongsong kedatangan ombak-ombak dahsyat tersebut. Salah satu yang cukup menantang ialah ombak bertipe reef break. Mengingat dasar laut di Pantai Krakal banyak dipenuhi bebatuan karang, maka peselancar tetap harus berhati-hati. Adapun momen terbaik untuk berselancar di Pantai Krakal ialah antara Maret sampai September. Momen tersebut sangat tepat untuk menunggu barreal di Pantai Krakal.

Sayangnya, selancar bukanlah olahraga yang cukup populer di tempat ini. meskipun fasilitas di Pantai Krakal cukup lengkap, belum ada tempat penyewaan yang menawarkan papan surfing kepada pengunjung. Untuk itu, jika Anda berniat untuk selancar di pantai ini, Anda harus menyiapakan peralatan Anda sendiri.

Akses Jalan
Untuk menjangkau Pantai yang berlokasi di Desa Ngestiharjo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta ini, Anda dapat memulai dengan perempatan jalan yang ada di Wonosari ringroad sebelah Timur Yogyakarta. Hal ini pengecualian bagi Anda yang datang dari arah Solo. Jika Anda dari Solo, maka perjalanan dapat dilakukan dengan memotong langsung dengan berbelok ke arah selatan pertigaan yang berada tepat di selatan Wisata Candi Prambanan. Dari situ, perjalan dapat Anda lanjutkan sekitar 32 km menuju Wonosari. Jika sudah sampai di Wonosari, Anda dapat belok ke kanan yang melewati desa Kemandang menuju lokasi Pantai Krakal. Anda tidak perlu khawatir karena kondisi jalan ke Pantai Krakal sudah cukup bagus. Namun, Anda tetap harus berhati-hati karena jalur yang Anda lewati terdiri dari banyak tikungan dan tentunya naik turun karena melewati perbukitan di Gunungkidul.

Harga Tiket Masuk
Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Krakal, Anda hanya diminta membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000/orang. Adapun tarif yang berlaku saat hari libur ialah Rp 5.000/orang.