Pantai Klayar, Surga Gugusan Pantai Pacitan


Meskipun namanya belum setenar Pantai Teleng Ria yang terlebih dahulu sudah dikelola sebagai tempat wisata, Pantai Klayar kini mulai dikenal masyarakat sebagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berlokasi di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Pantai Klayar menawarkan pesona alam yang luar biasa indahnya. Pasir putihnya yang bersih dan lembut, di kelilingi tebing-tebing tinggi serta air lautnya yang berwarna biru kehijauan membuat keindahan Pantai Klayar sulit untuk dilupakan.
Pesona Pantai Klayar. Sumber: edobarlyans.tumblr.com

Ikon Pantai Klayar

Dibandingkan pantai lain, Pantai Klayar sebagai objek wisata di gugusan pantai laut selatan memiliki keunikannya tersendiri. Terdapat beberapa ikon yang membuat pantai ini dikenang para wisatawannya. Pertama, tebing-tebing batu yang menjulang di sekitaran Pantai Klayar memiliki bentuk yang unik. Selain tebing-tebing batu yang mengelilingi pantai, di Pantai Klayar terdapat tebing batu raksasa yang bentuknya menyerupai patung Sphinx di Mesir. Tebing ini tepat berada di bibir pantai sehingga  membuat keindahan Pantai Klayar menjadi kian sempurna. Kedua, Pantai Klayar memiliki air mancur alami yang mampu mencapai ketinggian hingga 10 meter. Air mancur ini sebenarnya merupakan sebuah fenomena alam yang terjadi secara alami. Bebatuan di area Pantai Klayar memiliki rongga dibagian bawahnya yang bersentuhan langsung dengan air laut. Saat diterjang ombak yang besar, maka celah-celah di antara bebatuan tersebut membuat air keluar yang menyerupai sebuah air mancur dengan ketinggian mencapai 10 meter. Ketiga, Seruling Laut. Yakni dampak suara dari deburan ombak yang menghantam celah-celah bebatuan di Pantai Klayar. Air mancur setinggi 10 meter tersebut selain menghasilkan air mancur, juga menimbulkan bunyi-bunyian yang mirip dengan seruling sehingga sering dijuluki sebagai Seruling Laut.

Suasana Sekitar Pantai

Ombaknya yang besar khas pantai di perbatasan samudera, membuat pengunjung dilarang berenang di pantai ini. Namun jangan khawatir, meski demikian Anda tetap dapat menikmati keelokan Pantai Klayar dengan cara menaiki tebing tinggi di sekitarnya. Dengan berhati-hati, dari tebing tinggi tersebut Anda dapat menikmati suasana pantai yang berbeda. Letaknya yang berbatasan langsung dengan perkampungan warga, membuat Anda dapat menyaksikan kegiatan masyarakat setempat saat melakukan aktifitas pemanjatan pohon kelapa guna mengambil air nira kelapa. Air nira kelapa ini, nantinya digunakan sebagai bahan baku pembuatan gula merah. Selain itu, saat berjalan-jalan disekitar pantai Anda juga dapat menemukan kerang-kerangan dan bintang laut yang tersebar di sekitar bebatuan dan karang.

Akses Menuju Pantai Klayar

Sayangnya, Pantai Klayar belum secara resmi dikelola sebagai objek wisata. Untuk menuju ke pantai cantik ini, Anda tidak punya pilihan selain membawa kendaraan pribadi. Berikut uraian tentang akses menuju Pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur.

Akses dari arah Pacitan
Perjalanan dari pusat kota Pacitan, bisa ditempuh dengan sepeda motor atau mobil selama 3 jam perjalanan. Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda juga dapat memanfaatkan kendaraan umum yang biasanya ada pada pagi hari. Kendaraan tersebut dapat berupa Mobil Matuk maupun ojek. Mobil Matuk merupakan sarana transportasi yang digunakan masyarakat setempat untuk pulang-pergi ke pasar. Selanjutnya, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menyewa ojek dari masyarakat sekitar.

Akses dari Arah Yogyakarta
Jika Anda berasal dari arah Yogyakarta, maka rute tercepat untuk mencapai objek wisata ini ialah dari wilayah Gunung Kidul. Untuk menuju Pantai Klayar, dari daerah Wonosari Anda hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Mengingat medan berupa jalan sempit berliku-liku, maka sepeda motor adalah solusi terbaik alat transportasi Anda menuju tempat ini.

Akses dari Arah Solo
Untuk menuju Pantai Klayar, jika Anda berasal dari arah Solo Anda dapat melalui kecamatan Pracimantoro. Dari Pracimantoro, Anda dapat melanjutkan perjalanan sampai pertigaan Giribelah, selanjutnya perjalanan bisa Anda lanjutkan sampai ke perempatan Kalak. Dari sini, hanya dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mencapai Pantai Klayar.

Sumber: wikipedia