Pulau Sempu, Surga Tersembunyi di Ujung Malang




Kabupeten Malang memang menjadi salah satu primadona wisata Jawa Timur. Mulai dari dataran tinggi hingga wilayah pesisirnya, menyuguhkan keindahan alam yang sudah tidak diragukan. Salah satu surga tersembunyi yang terdapat di Malang ialah Pantai Pulau Sempu.
Pantai Pulau Sempu berada dalam kawasan konservasi cagar alam yang dikelola oleh Departemen Kehutanan Indonesia dan BBKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Jawa Timur. Pulau Sempu sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang berada di sebelah selatan Pulau Jawa. Ditumbuhi pepohonan tropis dengan luas 877 hektar, secara resmi Pulau Sempu sudah menjadi konservasi  cagar alam sejak tahun 1928.

Berkemah di Segara Anakan, Pulau Sempu, Malang
Sudah sejak lama Pulau Sempu menjadi magnet bagi para wisatawan. Di area pulau ini, terdapat sebuah laguna alami yang terbentuk dari air laut yang terpisah karena bebatuan karang. Laguna alami ini sering dijuluki juga sebagai Segara Anakan. Pantai pasir putihnya yang bersih nan lembut serta air lautnya yang jernih dan kebiruan membuat suasana di dekat Segara Anakan terasa sangat damai. Apalagi, Anda dapat berenang sepuasnya di Segara Anakan tanpa khawatir dengan keganasan ombak pantai selatan. Semakin siang, air di laguna alam ini akan semakin pasang karena masuknya air laut dari celah tebing bebatuan karang.

Namun sebelumnya, untuk menuju objek ini Anda harus menghadapi medan yang sangat menantang. Perjalanan ke Pulau Sempu sendiri sebelumnya harus Anda lewati dengan menaiki sebuah perahu. Selanjutnya untuk menuju ke area Segara Anakan, Anda harus menyusuri jalanan di kawasan cagar alam Pulau Sempu. Bahkan perjalanan yang harus Anda lakukan memakan waktu selama dua hingga tiga jam. Memang keindahan Segara Anakan tidak dengan mudah untuk didapatkan. Untuk menikmati keelokannya, Anda harus membelah lebatnya hutan serta jalanan yang curam.

Jangan harap Anda akan menemukan penginapan di kawasan ini. Seperti sudah uraikan sebelumnya, Pulau Sempu merupakan konservasi cagar alam. Jika Anda ingin bermalam, maka berkemah adalah solusi yang terbaik. Area Segara Anakan seluas kira-kira 4 hektar, memang sudah menjadi langganan untuk tempat perkemahan. Banyak dari para wisatawan datang beramai-ramai untuk bermalam dan menikmati keindahan di pulau tak berpenghuni ini.
Tidak hanya Segara Anakan, Pulau Sempu juga menawarkan keindahan lain yang bisa Anda nikmati, seperti Telaga Lele, Pantai Pasir Panjang, Tiger Cave, Pantai Waru-waru, Pantai Fresh Water dan juga Pantai Pasir Kembar. Seluruhnya merupakan petualangan alam yang tentunya akan sulit Anda lupakan.
Ketika memutuskan berkemah, ketersediaan logistik harus Anda pastikan sebelumnya karena Pulau Sempu sama sekali tidak menyediakan semua itu. Keperluan seperti makanan dan minuman harus Anda pastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama disana. Selanjutnya, Anda juga harus memperoleh izin jika ingin berkemah. Izin tersebut bisa Anda dapatkan dengan cara mendaftar di pos cagar alam yang terdapat di Pantai Sendang Biru.

Perjuangan Anda belum cukup sampai di situ. Untuk memasuki kawasan Pulau Sempu, Anda juga harus mendapatkan izin khusus dengan cara datang ke Kantor Resort Konservasi Pulau Sempu. Kantor ini terletak tidak jauh dari tempat parkir kendaraan di area Pantai Sendang Biru.  Setelah memperoleh izin dari UPT (Unit Pelaksanaan Teknis) Direktoral Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam tersebut, Anda dapat menikamti perkemahan dengan tenang.

Sayangnya, meskipun sudah dijaga dengan ketat masih banyak wisatawan yang suka membuang sampah sembarangan. Padahal seperti yang diketahui, Pulau Sempu adalah cagar alam tempat konservasi flora dan fauna yang dilindungi.

Berbagai Sumber